PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.26618/mda12364Keywords:
E-LKPD, SPLTV, liveworksheet, kevalidan, kepraktisanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-LKPD multimedia interaktif yang memenuhi standar valid dan praktis dengan memanfaatkan platform Liveworksheet sebagai sarana penerapannya. Dalam penelitian ini, metode Research and Development (R&D) digunakan dengan merujuk pada model ADDIE yang meliputi tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Impolemetasi, dan Evaluasi. Ahli materi, ahli media, dan siswa kelas X MAN 3 Bantul sebanyak 30 siswa berperan sebagai subjek penelitian ini. Instrumen penelitian terdiri dari lembar penilaian validasi materi dan media, serta kuesioner ranggapan siswa. Data diperoleh diperoleh melalui wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan penggunaan, ditunjukkan dengan skor validasi materi 83,93% (valid), validasi media 85,14% (sangat valid), dan tanggapan siswa 79,57% (praktis). Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan terbukti valis dan praktis sehingga layak untuk diterapkan dalam pembelajaran SPLTV.
References
Adela Fitria Audry, Hardiansyah, H., & Amalia Rezeki. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Gerak Kelas XI. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 128-139.https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.158
Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.9
Dania Putri Rangkuti, & Muhaiminah Jalal. (2025). Analisis Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Liveworksheets pada Materi Sistem Pencernaan Kelas V Sekolah Dasar. SOSIAL : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 3(3), 351–363. https://doi.org/10.62383/sosial.v3i3.1084
Ema Rizky Ananda, Rora Rizky Wandini. (2022). Pengembangan Media SiMach Land Berbasis Android di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Fajarianingtyas, D. A., Hidayat, J. N., & Anekawati, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berorientasi Pemecahan Masalah pada Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi. Eksakta, 6(2), 215–221.
Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbantuan Liveworksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Conference of Elementary Studies, 140–147.
Haryana Putri, A. C., Sulistyaningsih, D., & Suprayitno, I. J. (2025). Respon Guru dan Peserta Didik Terhadap Media Pembelajaran E-LKPD Berbasis Auditory, Intellectually, Repetition dengan Pendekatan Etnomatematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 286–297. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5197
Irdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532
Irfan Saninur Azis, Muniroh Munawar, & Sukamto. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Robokids Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1300–1310. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6094
Manafe, M. H., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2022). Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Jurnal Basicedu, 6(3), 3279–3284. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2544
Marthalena, R., Kartini, & Maimunah. (2021). Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1427–1438.
Meylinda, I. S., & Solahudin, I. (2025). Analisis Level Kemampuan Numerik Siswa Sma Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (Spltv). Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 11(1), 13–32.
Ni Kadek Rini Purwati, I Wayan Sumandya, & Putu Risky Saprilianti Putri. (2023). E-Lkpd Berbasis Etnomatematika Pada Materi Trigonometri. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 164–172. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2122
Pasumbung, Y. A., & Pratama, F. W. (2022). Video Interaktif dan E-LKPD untuk Membantu Meningkatkan Pemahaman Materi Transformasi Geometri dalam Model Pembelajaran SAVI. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2622–2634. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1408
Puriasih, L. P., & Rati, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Solving pada Materi Skala dan Perbandingan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 267–275. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48848
Rahmaini, N., & Chandra, O, S. (2024). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420
Sariani, L. D., & Suarjana, I. M. (2022). Upaya Meningkatkan Belajar Matematika Melalui E-LKPD Interaktif Muatan Matematika Materi Simetri Lipat dan Simetri Putar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 164–173. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46561
Siregar, N. A. R., Susanti, S., Bagus, S. T., & Amirozaliana, R. (2024). Desain E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets Pada Materi Perbandingan Senilai. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 9(2), 339. https://doi.org/10.25157/teorema.v9i2.16382
Utami, M., Refianti, R., & Luthfiana, M. (2024). Sytematic Literature Review : E-Lkpd Berbantuan Liveworksheets Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.15859
Vonna, A. M., Saputra, N. N., & Saleh, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kontekstual Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik ( E – Lkpd ) Berbantuan Liveworksheet. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Umt 2022, 149–157.
Wahyuni, S., & Leonard, L. (2021). Pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi belajar matematika. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 9(2), 152–163. https://doi.org/10.23971/eds.v9i2.2194
Zahra, P. A., Winarni, S., & Rohati. (2025). Pengembangan E_LKPD Interaktif Menggunakan Liveworksheet Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Materi Statistika Kelas X SMA. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (JEPMT), 12(4), 338–344. https://jurnalfkipuntad.com/index.php/jpmt/index
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.

