VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Authors

  • Risca Nur Maulita Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Puiji Rahayu Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.26618/b5xgmh84

Keywords:

LKPD, Learning Cycle 7E, validitas, bangun ruang sisi datar, pengembangan bahan ajar

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran Learning Cycle 7E pada materi bangun ruang sisi datar, serta menguji validitas produk yang dihasilkan. Pada penelitian ini dipergunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan 4D, yaitu melalui tahapan define, design, develop, dan disseminate. Validasi produk dilaksanakan menggunakan lembar penilaian yang diisi oleh tiga ahli materi disertai tiga ahli media. Data dikumpulkan melalui penilaian kualitatif dan juga kuantitatif, kemudian dianalisis melalui skala Likert. Temuan penelitian memperlihatkan bahwasanya LKPD memperoleh skor rata-rata 4,38 dari ahli materi dan 4,27 dari ahli media yang meliputi dua dosen serta satu guru matematika. Kedua skor tersebut berada pada kategori “sangat baik”, sehingga LKPD dinyatakan valid secara isi dan desain serta layak diimplementasikan dalam pembelajaran matematika SMP. Penelitian ini berhenti pada tahap develop, sehingga hasilnya masih terbatas pada uji validitas dan belum mencakup uji keefektifan di lapangan. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan perangkat ajar yang interaktif dan kontek

Author Biography

  • Puiji Rahayu, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

    Pendidikan Matematika

References

Akshi, M. (2020). Mathematics In The Real World. International Journal of Mathematics Trends and Technology, 68(6), 233–237. https://doi.org/10.14445/22315373/ijmtt-v66i6p523

Aprilianto, M. F., & Sutarni, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 807–815. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4643

Arfin, A., Jamaluddin, J., Fitriani, F., & Jaya Nur, M. (2023). Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Synergetic Teaching Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 15(2), 259–268. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i2.2335

Arum, A. P. (2020). Strategi Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Kuliah Penataan Rambut. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 132–139. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i2.16490

Hardiansyah, H., Asmawi, U. S., Miftakhuddin, M., & Darmasnyah, A. (2024). Media Pembelajaran Inovatif : Desain Lembar Kerja Peserta Didik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Basicedu, 8(4), 3341–3347. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8535

Kurniasih, E. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ips Berbasis Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(3), 508. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n3.p508-516

Lubis, M. R. S., Khairuna, K., & Rohani, R. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kemandirian Belajar bagi Siswa di SMA Cerdas Murni Tembung. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 8(1), 81. https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i1.p81-94.29819

Nicomse, N., & Tambunan, H. (2022). Kemampuan Guru Membangun Minat dan Motivasi Belajar Siswa dalam Matematika. Sepren, 7(1), 108–117. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i0.835

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Nurmala, R., Fikriani, T., & Ayu, C. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 140–147. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2.3194

Rambe, I. W. (2022). STUDI KASUS TINGKAT PERSEPSI SISWA SMP TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS METODE BRAINSTORMING DI SEKOLAH. 9(3), 108–114. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i3.3454

Rosliana, I. (2019). Pengembangan LKPD Matematika dengan Model Learning Cycle 7E Berbantuan Mind Mapping. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 10–22. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.11.10-22

Septianingrum, I. (2022). Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Keterampilan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 273. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65506

Sukmawati, I., Kurniasih, K., & Saryati, T. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok di Kelas V SD Menggunakan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3), 470–483. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v10i3.64416

Susilawati, W., Suryadi, D., & Dahlan, J. A. (2021). The Improvement of Mathematical Spatial Visualization Ability of Student through Cognitive Conflict. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(2), 155–166. https://doi.org/10.29333/iejme/607

Syifaurrahmah, S., Fiqriani, M., Karoma, K., & Idi, A. (2025). Strategi Mengajar yang Efektif dan Peran Guru Sebagai Kunci Pembelajaran Bermakna. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(1), 244–254. https://doi.org/10.31004/jpion.v4i1.364

Utami, N. P., Eliza, R., & Warahma, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Regulated Learning dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1025–1038. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1330

Yon, I., Stit, H., & Nusantara, P. (2024). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Mi Nw Keruak. Desember, 2(3), 235–251. https://www.jurnal.zarilgapari.org/index.php/gafari

Zeleke B. Mekonnen, Destaw D. Yehualaw, S. M. M. & B. S. M. (2024). The effect of 7E learning cycle enriched with computer animations on students’ conceptual understanding and overcoming misconceptions. In Journal of Pedagogical Research, 8 (2). https://doi.org/10.33902/JPR.202425017

pic

Published

2025-11-21