PENGEMBANGAN MEDIA HEYZINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Fitri Lathifah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Rita Yuliastuti Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.26618/hy52eh54

Keywords:

media pembelajaran, heyzine, motivasi belajar, matematika

Abstract

Studi ini dimaksudkan untuk mengembangkan media Heyzine untuk meningkatkan motivasi belajar matematika. Penelitian memakai model R&D 4D, tetapi pelaksanaannya hanya terbatas pada tahap Develop. Produk pengembangan dalam studi ini berupa media digital interaktif pada materi lingkaran, dilengkapi dengan video pembelajaran, audio penjelasan, kuis interaktif, dan latihan soal. Uji coba terbatas menggunakan peserta didik kelas VIII-A UPT SMPN 4 Tuban. Teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif mencakup perhitungan validitas, kepraktisan, efektivitas, uji paired sample t-test, dan uji N-Gain.  Hasil validasi menunjukkan media tergolong sangat valid (80,90% oleh ahli materi dan 81,25% oleh ahli media). Media juga terbukti sangat praktis (hasil observasi pengamat 95,83% dan respon peserta didik 81,81%). Analisis motivasi belajar menggunakan uji paired sample t-test memperlihatkan kenaikan dengan nilai N-Gain sebanyak 0,681 yang terkategori sedang. Oleh karena itu, media dinyatakan layak dengan kriteria valid dan praktis, serta memberikan indikasi awal adanya peningkatan motivasi belajar. Secara praktikal, penelitian ini berkontribusi dalam menyediakan alternatif media digital interaktif yang dapat dimanfaatkan guru dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang inovatif dan memotivasi peserta didik.

Author Biography

  • Rita Yuliastuti, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

    Pendidikan Matematika

References

Abdillah, M. H., Ansori, H., & Sari, A. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft PowerPoint pada materi bangun ruang untuk siswa SMP/MTs. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 3(1), 62–72. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i1.1446

Afifah, S., Mudzakir, A., & Nandiyanto, A. B. D. (2022). How to calculate paired sample t-test using SPSS software: From step-by-step processing for users to the practical examples in the analysis of the effect of application anti-fire bamboo teaching materials on student learning outcomes. Indonesian Journal of Teaching in Science, 2(1), 81–92. https://doi.org/10.17509/ijotis.v2i1.45895

Andriansah. (2024). Optimalisasi pembelajaran melalui teknologi pendidikan dalam implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(4), 240–247. https://doi.org/https://doi.org/10.58192/sidu.v3i4.2752

Apryanto, F. (2022). Peran generasi muda terhadap perkembangan teknologi digital di era Society 5.0. Media Husada Journal Of Community Service, 2(2), 130–134. https://doi.org/10.33475/mhjcs.v2i2.35

Budi, F. W. S. (2025). Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui materi yang dekat dengan kehidupan. PROSEPSI Prosiding Seminar Psikologi, 2(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/2nfpst29

Connery, D. C. P., Jubaedah, E., Saladin, M. I., Yulistiyani, A., Priscila, S., & Septiani, E. (2025). Pengaruh gamifikasi menggunakan Quizziz terhadap motivasi belajar trigonometri siswa SMAS Sandikta. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(3), 238–248. https://doi.org/10.62383/katalis.v2i3.2141

Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., & Saraswati, I. D. A. P. D. (2022). Pengembangan e-modul logika matematika dengan Heyzine untuk menunjang pembelajaran di SMK. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16245

Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Hikmah, N. (2019). Pengembangan modul interaktif berbasis Kvisoft Flipbook Maker mata pelajaran sejarah kelas X SMA menggunakan model pengembangan 4D [Universitas Jember]. In Digital Repository Universitas Jember. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90807

Jamaludin, H., Putra, T. W. A., Sulartopo, S., & Hartono, B. (2024). Design and implementation of interactive multimedia with exploratory tutorial method for information and communication technology subjects. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Jtik), 15(1), 201–214. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/jtikp.v15i1.887

Lufthansa, L., Saputro, Y. D., & Kurniawan, R. (2020). Pengembangan buku ajar psikologi olahraga berbasis Android untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 214–223. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i2.34953

Manihuruk, G. A., Nia, K., & Effendi, S. (2023). Motivasi belajar matematis pada siswa kelas VIII SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika) 2022, 732–741. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7777

Manzil, E. F., Sukamti, S., & Thohir, M. A. (2022). Pengembangan e-modul interaktif Heyzine Flipbook berbasis scientific materi siklus air bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(2), 112–126. https://doi.org/10.17977/um009v31i22022p112

Mendofa, J. S. K., Mendrofa, N. K., Harefa, A. O., & Telaumbanua, Y. N. (2024). Pengembangan e-modul menggunakan Anyflip untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(4), 1798–1811. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i4.2230

Muhdantiar, W., & Kasriman. (2025). Pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media PhET dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa. Mathematic Education Journal, 13, 183–196. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.16028

Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29–38. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.2449

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. JIP (Jurnal Inovasi Penelitian), 1(2722-9475 (Cetak) 2722-9467 (Online), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Oktaviana, A. I., Muzaini, A., Maula, A. A., & Sofiya, J. M. (2023). Penerapan media pembelajaran Flipbook pada materi Fiqih kelas X di MAN Kota Blitar. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(4), 292–302. https://doi.org/10.18860/mjpai.v2i4.3507

Oktayani, E., Andriani, P., Ikhsan, M. F. Al, & Abdurrahmansyah. (2025). Analisis motivasi belajar siswa di era Kurikulum Merdeka. MANJERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 28–36. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/manajerial.v5i1.4750

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Putri, H., & Putra, P. (2019). Konsep teori belajar konstruktivisme ANSK usia dini di era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Primearly, II(2), 192–199. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/view/83/75

Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2079

Silaban, P. J. (2019). Efektivitas pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan alat peraga di kelas VI SD Methodist-12 Medan pada kompetensi dasar luas bangun datar sederhana. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(2), 175–199. https://doi.org/10.54367/aquinas.v2i2.548

Syaeruldinata, A. (2024). Pembelajaran saintifik berbantuan GeoGebra untuk meningkatkan penalaran siswa kelas VIII SMP pada materi lingkaran. Media Pendidikan Matematika, 12(1), 60–79. https://doi.org/10.33394/mpm.v12i1.9605

Widiastari, N. G. A. P., & Puspita, R. D. (2024). Penggunaan media pembelajaran digital dalam mengembangkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Inpres 2 Nambaru. ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(4), 215–222. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/elementer.v4i4.3519

Wijayanti, R. N., & Isnawati. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis Flipbook interaktif pada materi sistem saraf manusia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 12(2), 298–310. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n2.p298-310

Published

2025-11-21