PENGEMBANGAN MEDIA HEYZINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.26618/hy52eh54Keywords:
media pembelajaran, heyzine, motivasi belajar, matematikaAbstract
Studi ini dimaksudkan untuk mengembangkan media Heyzine untuk meningkatkan motivasi belajar matematika. Penelitian memakai model R&D 4D, tetapi pelaksanaannya hanya terbatas pada tahap Develop. Produk pengembangan dalam studi ini berupa media digital interaktif pada materi lingkaran, dilengkapi dengan video pembelajaran, audio penjelasan, kuis interaktif, dan latihan soal. Uji coba terbatas menggunakan peserta didik kelas VIII-A UPT SMPN 4 Tuban. Teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif mencakup perhitungan validitas, kepraktisan, efektivitas, uji paired sample t-test, dan uji N-Gain. Hasil validasi menunjukkan media tergolong sangat valid (80,90% oleh ahli materi dan 81,25% oleh ahli media). Media juga terbukti sangat praktis (hasil observasi pengamat 95,83% dan respon peserta didik 81,81%). Analisis motivasi belajar menggunakan uji paired sample t-test memperlihatkan kenaikan dengan nilai N-Gain sebanyak 0,681 yang terkategori sedang. Oleh karena itu, media dinyatakan layak dengan kriteria valid dan praktis, serta memberikan indikasi awal adanya peningkatan motivasi belajar. Secara praktikal, penelitian ini berkontribusi dalam menyediakan alternatif media digital interaktif yang dapat dimanfaatkan guru dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang inovatif dan memotivasi peserta didik.
References
Abdillah, M. H., Ansori, H., & Sari, A. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft PowerPoint pada materi bangun ruang untuk siswa SMP/MTs. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 3(1), 62–72. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i1.1446
Afifah, S., Mudzakir, A., & Nandiyanto, A. B. D. (2022). How to calculate paired sample t-test using SPSS software: From step-by-step processing for users to the practical examples in the analysis of the effect of application anti-fire bamboo teaching materials on student learning outcomes. Indonesian Journal of Teaching in Science, 2(1), 81–92. https://doi.org/10.17509/ijotis.v2i1.45895
Andriansah. (2024). Optimalisasi pembelajaran melalui teknologi pendidikan dalam implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(4), 240–247. https://doi.org/https://doi.org/10.58192/sidu.v3i4.2752
Apryanto, F. (2022). Peran generasi muda terhadap perkembangan teknologi digital di era Society 5.0. Media Husada Journal Of Community Service, 2(2), 130–134. https://doi.org/10.33475/mhjcs.v2i2.35
Budi, F. W. S. (2025). Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui materi yang dekat dengan kehidupan. PROSEPSI Prosiding Seminar Psikologi, 2(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/2nfpst29
Connery, D. C. P., Jubaedah, E., Saladin, M. I., Yulistiyani, A., Priscila, S., & Septiani, E. (2025). Pengaruh gamifikasi menggunakan Quizziz terhadap motivasi belajar trigonometri siswa SMAS Sandikta. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(3), 238–248. https://doi.org/10.62383/katalis.v2i3.2141
Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., & Saraswati, I. D. A. P. D. (2022). Pengembangan e-modul logika matematika dengan Heyzine untuk menunjang pembelajaran di SMK. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16245
Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Hikmah, N. (2019). Pengembangan modul interaktif berbasis Kvisoft Flipbook Maker mata pelajaran sejarah kelas X SMA menggunakan model pengembangan 4D [Universitas Jember]. In Digital Repository Universitas Jember. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90807
Jamaludin, H., Putra, T. W. A., Sulartopo, S., & Hartono, B. (2024). Design and implementation of interactive multimedia with exploratory tutorial method for information and communication technology subjects. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Jtik), 15(1), 201–214. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/jtikp.v15i1.887
Lufthansa, L., Saputro, Y. D., & Kurniawan, R. (2020). Pengembangan buku ajar psikologi olahraga berbasis Android untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 214–223. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i2.34953
Manihuruk, G. A., Nia, K., & Effendi, S. (2023). Motivasi belajar matematis pada siswa kelas VIII SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika) 2022, 732–741. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7777
Manzil, E. F., Sukamti, S., & Thohir, M. A. (2022). Pengembangan e-modul interaktif Heyzine Flipbook berbasis scientific materi siklus air bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(2), 112–126. https://doi.org/10.17977/um009v31i22022p112
Mendofa, J. S. K., Mendrofa, N. K., Harefa, A. O., & Telaumbanua, Y. N. (2024). Pengembangan e-modul menggunakan Anyflip untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(4), 1798–1811. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i4.2230
Muhdantiar, W., & Kasriman. (2025). Pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media PhET dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa. Mathematic Education Journal, 13, 183–196. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/mpm.v13i1.16028
Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29–38. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.2449
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. JIP (Jurnal Inovasi Penelitian), 1(2722-9475 (Cetak) 2722-9467 (Online), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Oktaviana, A. I., Muzaini, A., Maula, A. A., & Sofiya, J. M. (2023). Penerapan media pembelajaran Flipbook pada materi Fiqih kelas X di MAN Kota Blitar. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(4), 292–302. https://doi.org/10.18860/mjpai.v2i4.3507
Oktayani, E., Andriani, P., Ikhsan, M. F. Al, & Abdurrahmansyah. (2025). Analisis motivasi belajar siswa di era Kurikulum Merdeka. MANJERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 28–36. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/manajerial.v5i1.4750
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385
Putri, H., & Putra, P. (2019). Konsep teori belajar konstruktivisme ANSK usia dini di era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Primearly, II(2), 192–199. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/view/83/75
Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2079
Silaban, P. J. (2019). Efektivitas pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan alat peraga di kelas VI SD Methodist-12 Medan pada kompetensi dasar luas bangun datar sederhana. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(2), 175–199. https://doi.org/10.54367/aquinas.v2i2.548
Syaeruldinata, A. (2024). Pembelajaran saintifik berbantuan GeoGebra untuk meningkatkan penalaran siswa kelas VIII SMP pada materi lingkaran. Media Pendidikan Matematika, 12(1), 60–79. https://doi.org/10.33394/mpm.v12i1.9605
Widiastari, N. G. A. P., & Puspita, R. D. (2024). Penggunaan media pembelajaran digital dalam mengembangkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Inpres 2 Nambaru. ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(4), 215–222. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/elementer.v4i4.3519
Wijayanti, R. N., & Isnawati. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis Flipbook interaktif pada materi sistem saraf manusia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 12(2), 298–310. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n2.p298-310
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.

