ANALISIS PENGARUH ARUS GLOBALISASI TERHADAP PERUBAHAN NILAI SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/9ywn7k97Keywords:
Arus Globalisasi, Nilai Sosial, Pembelajaran Matematika, Siswa Sekolah Dasar, Pembelajaran Berbasis Nilai, Peran GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan arus globalisasi dan nilai sosial siswa, mengkaji hubungan linear keduanya, serta menganalisis pengaruh arus globalisasi terhadap nilai sosial dalam pembelajaran matematika di SD 286 Pasaka. Sampel penelitian sebanyak 48 siswa kelas IV sampai VI diambil dengan teknik total sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif serta regresi linier sederhana. Hasil menunjukkan bahwa arus globalisasi yang dialami siswa berada pada kategori sedang, sementara nilai sosial siswa dalam pembelajaran matematika tergolong tinggi. Hubungan antara arus globalisasi dan nilai sosial bersifat linear dengan nilai signifikansi 0,973 (p > 0,05). Selain itu, arus globalisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai sosial siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,277 dan nilai signifikansi 0,013 (p < 0,05), yang menjelaskan 14% variasi nilai sosial siswa. Temuan ini menegaskan bahwa globalisasi dapat memengaruhi nilai sosial siswa secara positif apabila diarahkan melalui pembelajaran berbasis nilai dan peran aktif guru. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran matematika yang mengintegrasikan aspek kognitif dan nilai karakter dalam menghadapi tantangan globalisasi.
References
Agus, B. (2020). Pengaruh Perubahan Sosial Terhadap Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 6(2), 5–21.
Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal, 13(1), 50–56. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140–157. https://doi.org/10.56943/ejmi.v1i2.9
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3222–3229.
Ginting, R. V. B., Arindani, D., Lubis, C. M. W., & Shella, A. P. (2021). Literasi Digital Sebagai Wujud Pemberdayaan Masyarakat Di Era Globalisasi. Jurnal Pasopati, 3(2), 118–122. http://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati
Idris, M., Ramaita, R., & Thomas Alpino, Y. (2023). Pembinaan Karakter Religius Anak Anak Desa Melalui Program Pai Mengajar Di Limbur Lama Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pema Tarbiyah, 2(2), 73–80. https://doi.org/10.30829/pema.v2i2.3266
Jadidah, I. T., Alfarizi, M. R., Liza, L. L., Sapitri, W., & Khairunnisa, N. (2023). Analisis Pengaruh Arus Globalisasi Terhadap Budaya Lokal (Indonesia). Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 3(2), 40–47. https://doi.org/10.47200/aossagcj.v3i2.2136
Pramudita, O. (2024). Dampak Globalisasi terhadap Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme di Era Digital. Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 4(1), 19–24. https://doi.org/10.56393/antropocene.v4i1.2440
Puspita, L. R., Azka, M., Rahima, N. P., Dewi, F., Andriani, S., & Nugraha, D. M. (2024). Pengaruh Globalisasi yang Mengancam Karakter Siswa di Sekolah Dasar Negeri 071 Sukagalih. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(12), 437–441.
Rahayu, R. G. (2024). Pengaruh Globalisasi Terhadap Perilaku Sosial pada Siswa Sekolah Dasar : Tinjauan Literatur. International Journal of Education, Conseling and Multidicipline (IJEDUCA) Accepted Manuscript : English, Malay and Indonesia Language, 1(2). https://multieducatif.org/index.php/ijeduca/article/view/48
Rosadi, M. E., Alamsyah, N., Rasyidan, M., Mirza Yogy Kurniawan, D., Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, I., Kayu Tangi, J., Miai, S., Banjarmasin, K., & Selatan, K. (2020). Sosialisasi Computational Thinking untuk Guru-Guru di SDN Teluk dalam 3 Banjarmasin. Jurnal SOLMA, 9(1), 45–54. https://doi.org/10.29405/SOLMA.V9I1.3352
Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842
Siregar, R. M. R., & Dewi, I. (2022). Peran Matematika dalam Kehidupan Sosial Masyarakat. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 77–89. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1888
Sriyono, & Mardiyati Sri. (2024). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Kehidupan Sosial. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 4, 235.
Sukardjo, M., & Wahyuni, S. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 213–223. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.30789
Syerlita, R., & Siagian, I. (2024). Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 Terhadap Pendidikan Di Era Globalisasi Saat Ini. Journal on Education, 7(1), 3507–3515. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.6945
Wirda, A., Rhoma Dhoni, A., & Rahayu Setianingsih, E. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Multimedia Interaktif Berbasis Lumio By Smart. Journal on Teacher Education, 5, 380–386.
Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran di MI). Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94–111. https://doi.org/10.36835/au.v1i2.235
Yoga, S. (2018). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jurnal Al-Bayan, 24(1), 29–46.
Zainuddin. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat dan Inovasi Pendidikan di SD. In Jrpp, 7(1), 9-16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.

