PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI SPLDV

Authors

  • Resti Oktazatika Universitas Riau
  • Sakur Sakur Universitas Riau
  • Sehatta Saragih Universitas Riau
  • Nelli Susanti Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.26618/xz9vky23

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Matematis, Problem Based Learning, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan kompetensi penting yang menjadi dasar penguasaan matematika. Namun, hasil tes awal di kelas VIIIE SMP Negeri 23 Pekanbaru menunjukkan kemampuan ini masih rendah, terutama pada aspek penggunaan prosedur dan aplikasi konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman matematis peserta didik tentang SPLDV dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL). Sebanyak 36 peserta didik berpartisipasi dalam dua siklus pendekatan PTK. Analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif dilakukan terhadap data yang dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 36,11 (tes awal) menjadi 70,37 (siklus II), dengan perbaikan signifikan pada indikator menyatakan ulang konsep, klasifikasi objek, dan penerapan algoritma. Kontribusi penelitian ini adalah menegaskan bahwa PBL efektif bukan hanya meningkatkan hasil tes, tetapi juga membangun keterlibatan peserta didik, memperkuat keterampilan kolaboratif, serta memfasilitasi pemahaman konseptual SPLDV secara lebih bermakna. Oleh karena itu, PBL direkomendasikan sebagai strategi alternatif dalam pembelajaran matematika yang menuntut pemahaman mendalam.

Author Biographies

  • Sakur Sakur, Universitas Riau

    Pendidikan Matematika

  • Sehatta Saragih, Universitas Riau

    Pendidikan Matematika

  • Nelli Susanti, Universitas Riau

    Pendidikan Matematika

References

Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. 2015. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arif, L., Yuanita, P., & Hutapea, N. 2021. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis. Jurnal Cendekia: Pendidikan Matematika, 5(1), 428-430. https://pdfs.semanticscholar.org/491f/f6671d16499c3e03100a9d4ffdd5ceea2d34.pdf

Asih, E. S. B., S. Sutiarso, and A. P. Wijaya. 2019. Pengaruh model Problem-Based Learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(2), 146–57.

https://core.ac.uk/download/pdf/295479665.pdf

Berhitu, M., Rehena, J. F., & Tuaputty, H. 2020. Pengaruh model PBL terhadap pemahaman konsep, retensi, dan sikap sosial siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 10(2), 135–142.

https://doi.org/10.30998/formatif.v10i2.5947

Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. 2020. Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 101-112.

https://www.academia.edu/download/88700182/pdf_5.pdf

Friska, N., Armis, A., & Sakur, S. 2024. Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik fase D. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(12), 410–419.

https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/4516

Mangkoso, Agus. 2024. Penelitian tindakan kelas. PELITA - Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(1), 135-149.

https://doi.org/10.69839/pelita.v2i1.38

Mauliddiana, D. (2020). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah (PBL). (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

http://repository.upi.edu/id/eprint/51254/

Pratini, A., Maimunah, M., & Siregar, S. N. 2021. Efforts to improve mathematics learning outcomes through the implementation of PBL model on SPLDV material. Journal of Education and Learning Mathematics Research, 2(1), 43–50. https://doi.org/10.37303/jelmar.v2i1.41

Santoso, E. 2023. Efektivitas pembelajaran berbasis masalah berbantuan media audio visual terhadap kemampuan pemahaman matematik siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(1), 224–30.

https://ejournal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/%E2%80%A6

Simanjuntak, N., Sinaga, S. J., & Situmorang, A. S. 2023. Efektivitas model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 13 Medan. Universitas HKBPN Nommensen.

http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5580

Sawilda, K., Yuanita, P., & Sakur, S. 2024. Perangkat pembelajaran berbasis model Problem Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Journal for Research in Mathematics Learning, 5(1), 089–098.

https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/14641

Suriani, S., Wahyudin, W., & Herman, T. 2019. Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 43–52.

https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6508.43-52

Siregar, E. Y. 2020. Penerapan pendekatan kontekstual dalam upaya meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Jurnal Education and Development, 8(4), 370–77.

https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2136

Zulfa, A., Warniasih, K., & Wardono, W. 2019. Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Gamping. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 371-375).

https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28955

pic

Published

2025-11-18