PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI SPLDV
DOI:
https://doi.org/10.26618/xz9vky23Keywords:
Kemampuan Pemahaman Matematis, Problem Based Learning, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Kemampuan pemahaman matematis merupakan kompetensi penting yang menjadi dasar penguasaan matematika. Namun, hasil tes awal di kelas VIIIE SMP Negeri 23 Pekanbaru menunjukkan kemampuan ini masih rendah, terutama pada aspek penggunaan prosedur dan aplikasi konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman matematis peserta didik tentang SPLDV dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL). Sebanyak 36 peserta didik berpartisipasi dalam dua siklus pendekatan PTK. Analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif dilakukan terhadap data yang dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 36,11 (tes awal) menjadi 70,37 (siklus II), dengan perbaikan signifikan pada indikator menyatakan ulang konsep, klasifikasi objek, dan penerapan algoritma. Kontribusi penelitian ini adalah menegaskan bahwa PBL efektif bukan hanya meningkatkan hasil tes, tetapi juga membangun keterlibatan peserta didik, memperkuat keterampilan kolaboratif, serta memfasilitasi pemahaman konseptual SPLDV secara lebih bermakna. Oleh karena itu, PBL direkomendasikan sebagai strategi alternatif dalam pembelajaran matematika yang menuntut pemahaman mendalam.
References
Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. 2015. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arif, L., Yuanita, P., & Hutapea, N. 2021. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis. Jurnal Cendekia: Pendidikan Matematika, 5(1), 428-430. https://pdfs.semanticscholar.org/491f/f6671d16499c3e03100a9d4ffdd5ceea2d34.pdf
Asih, E. S. B., S. Sutiarso, and A. P. Wijaya. 2019. Pengaruh model Problem-Based Learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(2), 146–57.
https://core.ac.uk/download/pdf/295479665.pdf
Berhitu, M., Rehena, J. F., & Tuaputty, H. 2020. Pengaruh model PBL terhadap pemahaman konsep, retensi, dan sikap sosial siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 10(2), 135–142.
https://doi.org/10.30998/formatif.v10i2.5947
Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. 2020. Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 101-112.
https://www.academia.edu/download/88700182/pdf_5.pdf
Friska, N., Armis, A., & Sakur, S. 2024. Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik fase D. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(12), 410–419.
https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/4516
Mangkoso, Agus. 2024. Penelitian tindakan kelas. PELITA - Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(1), 135-149.
https://doi.org/10.69839/pelita.v2i1.38
Mauliddiana, D. (2020). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah (PBL). (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
http://repository.upi.edu/id/eprint/51254/
Pratini, A., Maimunah, M., & Siregar, S. N. 2021. Efforts to improve mathematics learning outcomes through the implementation of PBL model on SPLDV material. Journal of Education and Learning Mathematics Research, 2(1), 43–50. https://doi.org/10.37303/jelmar.v2i1.41
Santoso, E. 2023. Efektivitas pembelajaran berbasis masalah berbantuan media audio visual terhadap kemampuan pemahaman matematik siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(1), 224–30.
https://ejournal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/%E2%80%A6
Simanjuntak, N., Sinaga, S. J., & Situmorang, A. S. 2023. Efektivitas model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 13 Medan. Universitas HKBPN Nommensen.
http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5580
Sawilda, K., Yuanita, P., & Sakur, S. 2024. Perangkat pembelajaran berbasis model Problem Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Journal for Research in Mathematics Learning, 5(1), 089–098.
https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/14641
Suriani, S., Wahyudin, W., & Herman, T. 2019. Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 43–52.
https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6508.43-52
Siregar, E. Y. 2020. Penerapan pendekatan kontekstual dalam upaya meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Jurnal Education and Development, 8(4), 370–77.
https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2136
Zulfa, A., Warniasih, K., & Wardono, W. 2019. Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Gamping. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 371-375).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.

