EFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERINTEGRASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v17i2.18798Keywords:
Multimedia, Interaktif, GeoGebra, Pemahaman Konsep, Bangun Ruang Sisi DatarAbstract
Pemahaman konsep matematika siswa Indonesia, khususnya materi Bangun Ruang Sisi Datar masih rendah akibat kurangnya variasi pendekatan pembelajaran dan penggunaan media. Materi ini menuntut visualisasi objek tiga dimensi, sehingga dibutuhkan media yang memfasilitasi eksplorasi konsep secara interaktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif terintegrasi GeoGebra untuk mendukung visualisasi dan eksplorasi. Dikembangkan menggunakan model ADDIE, menghasilkan media yang bertema petualangan, diakses online, fleksibel, menggabungkan materi, video, praktikum GeoGebra, dilengkapi kuis interaktif, serta latihan dengan sistem umpan balik. Dengan subjek uji coba 38 siswa kelas VII Cempaka SMP Negeri 4 Singaraja. Hasil validitas memperoleh skor rata-rata 4,6 (sangat valid) untuk isi/materi dan 4,7 (sangat layak) untuk media. Kepraktisan media berdasarkan angket respons guru dan siswa berturut-turut 4,80 dan 4,73 tergolong sangat praktis. Efektivitas diuji melalui analisis N-Gain memperoleh skor rata-rata 0,483 (kategori sedang) melampaui kriteria minimal (≥ 0,3). Hasil penelitian membuktikan multimedia interaktif terintegrasi GeoGebra valid, layak, praktis, dan efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa serta berimplikasi sebagai alternatif sumber belajar interaktif yang mendukung pembelajaran mandiri dan fleksibel.
References
Angga, H., Zulirfan, & Sudrajad, H. (2016). Praktikalitas Perangkat Eksperimen Induksi Elektromagnetik Alternatif Sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 3(1), 1-13.
Chusni, M. M., dkk. (2022). Enhancing Critical Thinking Skills of Junior High School Students through Discovery-Based Multiple Representations Learning Model. International Journal of Instruction, 15(1), 927–944. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15153a
Devi, M., A., G., dan Wiarta, W. (2021). Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Journal Of Instruction, 5(1), 14-24. https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.44520
Dolo, F., X., dkk. (2022). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dengan Multimedia Interaktif pada Materi Pemantulan Cahaya. Jurnal Pendidikan TambusaiI, 6(1), 484-489. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2935
Elwi, L. C., dkk. (2017). Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education, 9, 97–104. https://doi.org/10.24036/2521171074
Masnia, F., dan Amir, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP. Journal for Research in Mathematics Learning,2(3), 249. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i3.7675
Munir, (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta
Nursyamsiah, G., dkk. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Sisi Datar . Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 102. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/436
Pradana, B., I., dkk. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Cahaya. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 7(1), 26-32. http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i12020p026
Qadry, K. I., dkk. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space And Shape pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar. Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya (IJMA), 2(2), 78. https://doi.org/10.30605/27458326-99
Sakiah, N. A., dan Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Materi Aljabar pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(1), 39–48. http://dx.doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623
Samaras, S. A., dkk. (2022). Developing Critical Thinking Skills: Simulations vs. Cases. Journal of Education for Business, 97(4), 270–276. http://dx.doi.org/10.1080/08832323.2021.1932703
Setyowati, E., dkk. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Jurnal Intersections, 5(2), 26–37. https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553
Sunardi, J., dkk. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Materi Persamaan Kuadrat Kelas X SMK Negeri 9 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(3), 284–293. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.718
Yanuar, A., (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDK Wignya Mandala Melalui Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Kateketik, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.53544/sapa.v8i1.327
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.

