KECEMASAN MATEMATIKA PADA ANAK DISABILITAS GANDA (TUNARUNGU DAN TUNAGRAHITA RINGAN): PERSPEKTIF GURU

Authors

  • Widyawati Widyawati UIN Sunan Kalijaga
  • Iwan Kuswidi UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.26618/sigma.v17i2.18701

Keywords:

Kecemasan Matematika, Disabilitas Ganda, Strategi Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan memahami kecemasan matematika pada anak 12 tahun dengan disabilitas ganda (tunarungu dan tunagrahita ringan) dari sudut pandang guru. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan telaah dokumen, seperti rencana pembelajaran dan catatan evaluasi. Analisis tematik mengungkap tiga pokok utama bentuk kecemasan, faktor penyebab, serta strategi pengatasan. Hasil menunjukkan bahwa kecemasan muncul dalam bentuk perilaku menghindar, ketegangan fisik, dan menurunnya motivasi belajar. Faktor penyebab yang dominan antara lain hambatan sensorik, keterbatasan kognitif, tekanan waktu, dan isolasi sosial. Untuk merespons kondisi tersebut, guru menerapkan berbagai strategi seperti penggunaan media visual, permainan edukatif, dan penguatan positif. Meski guru telah menerapkan strategi yang cukup efektif, kurangnya pelatihan dan minimnya sumber daya tetap menjadi hambatan. Temuan ini menekankan pentingnya pendekatan multisensori, pelatihan guru, dan dukungan memadai untuk memperkuat praktik pendidikan inklusif. 

References

Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023). Metode penelitian kualitatif: Panduan praktis untuk analisis data kualitatif dan studi kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Adji, T. P. (2024). Desain Penelitian Kualitatif. Metode Penelitian Kualitatif, 27, A27-dq.

Ambarita, J., Simanullang, M. P. K. P. S., & Adab, P. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Penerbit Adab.

Apriyanto, A., Judijanto, L., Darmayasa, D., & Wahyuningsih, N. S. (2025). Psikologi pendidikan: Memahami siswa dan proses belajar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Astrawan, M. I., & Ramadhan, M. E. R. (2025). Analisis deskriptif dan crosstabs: Kecemasan pada orang tua anak berkebutuhan khusus. Journal of Communication and Social Sciences, 3(1), 35–46. https://doi.org/10.61994/jcss.v3i1.954

Aziz, R. (2024). Pendidikan positif menggali kreativitas, menggapai bahagia. Deepublish.

Basiroen, V. J., Judijanto, L., Monalisa, M., Apriyanto, A., Simanullang, R. H., Sa'dianoor, S., & Tambunan, D. M. (2025). Pengantar penelitian mixed methods. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Dewi, R. P. (2019). Studi kasus-metode penelitian kualitatif.

Dewi, T. N. (2021). Strategi guru dalam mendidik anak berkebutuhan khusus pada masa pandemi COVID-19 di PAUD Alam Mahira Kota Bengkulu [Skripsi, IAIN Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5431

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: Penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Hamidaturrohmah, S., Zumrotun, E., & Nugroho, V. A. (2023). Pendidikan inklusi di sekolah dasar. Cahya Ghani Recovery.

Harahap, S. A. A., & Rahman, V. R. (2023). Kecemasan matematika siswa dalam pembelajaran. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 135–140. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.274

Hermanto, H., & Supena, A. (2021). Analisis pelaksanaan pembelajaran matematika pada siswa dyscaculia di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1329–1340. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.932

Husna, F., Yunus, N. R., & Gunawan, A. (2019). Hak mendapatkan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dalam dimensi politik hukum pendidikan. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 6(2), 207–222. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i1.10454

Igo, S. D. H., & Rahman, F. (2023). Motivasi belajar dan kesejahteraan psikologis anak dalam lingkungan keluarga yang harmonis. Chatra: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 72–80. https://doi.org/10.62238/chatra.v1i2.77

Jadidah, I. T., Annisah, R., Melinda, M., Padiman, P., & Anggilin, K. (2023). Analysis of the implications of learning elementary mathematics according to Jean Piaget's theory. Journal of Dehasen Educational Review, 4(2), 139–144. https://doi.org/10.33258/joder.v4i02.4256

Jawed, M., Ali, K., & Ahmed, T. (2025). Exploring the connection between presence and absence of Krashen's theory on learner's input and affective filters: A triangulation approach. Journal of Arts and Linguistics Studies, 3(2), 1811–1839.

Julya, D., & Nur, I. R. D. (2022). Studi literatur mengenai kecemasan matematis terhadap pembelajaran matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 181–190. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2006

Kalanithi, L. S. R. (2021). Reducing the affective filter in tertiary level ESL learners—Some effective strategies. UGC Care Journal, 31(23), 91–99.

Kusaeri, K. (2018). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan teori pemrosesan informasi. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 125–134. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.6098

Listiani, H., Judijanto, L., Labib, M., Andriyani, A., Lusida, N., Filhaq, R., & Hapsari, R. K. M. (2025). Panduan penulisan karya tulis ilmiah: Strategi untuk penelitian berkualitas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Mindaryani, Y., Darsinah, D., & Wulandari, M. (2024). Problematika kognitif anak disabilitas di SD IT Muhammadiyah Al-Kautsar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 97–109.

Nasarudin, N., Mahaly, S., Akbar, W. K., Abdurrahman, A., Wijaya, W., Mappanyompa, M., Arianto, T., & Arman, Z. (2024). Studi kasus dan multi situs dalam pendekatan kualitatif. CV. Gita Lentera.

Nurfadillah, S. (2023). Pendidikan inklusi: Penanganan anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar. CV Jejak (Jejak Publisher).

Oktavia Liza, L., Zudeta, E., & Khori Ulni, E. (n.d.). Dasar-dasar anak berkebutuhan khusus. LPPM Universitas Lancang Kuning.

Pizzie, R. (2022). Mind, brain, and math anxiety. In Handbook of cognitive mathematics (pp. 349–383). Springer.

Prawiyogi, A. G., & Rosalina, A. (2025). Deep learning dalam pembelajaran sekolah dasar. Indonesia Emas Group.

Prayogi, A., Nasrullah, R., Wahyudi, N. A., Setyawan, M. A., Riyadi, R., & Syaifuddin, M. (2025). Pentingnya pendidikan terbuka dan jarak jauh bagi siswa sekolah: Suatu kajian teoritis dan praktis. Quantum Edukatif: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(1), 1–10.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi penelitian: Konsep, strategi, dan aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Putri, A. A. (2023). Pengaruh penggunaan metode multisensori terhadap kemampuan berhitung permulaan bagi siswa tunarungu kelas I di SLB B Yaat Klaten [Skripsi, UPI]. http://repository.upi.edu/id/eprint/76298

Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Rukminingsih, R., Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode penelitian pendidikan: Penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas. Erhaka Utama.

Salsabila, N. S., Imelda, S., Nurmalia, V., Muhammad, R. R., Anggoro, B. S., & Pratiwi, D. D. (2024). Pengaruh math anxiety dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 287–297. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.20042

Sanulita, H., Syamsurijal, S., Ardiansyah, W., Wiliyanti, V., & Megawati, R. (2024). Strategi pembelajaran: Teori & metode pembelajaran efektif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Satar, S., Judijanto, L., Ramdlani, M. L., Husin, F., Zulkifli, Z., Yunus, M., Lolotandung, R., Ardiansyah, W., Trivena, T., & Suroso, S. (2024). Pembelajaran terpadu: Hakikat dan strategi pembelajaran terpadu di SD. PT. Green Pustaka Indonesia.

Susiani, K., Sari, N. M. D. S., & Kristiantari, M. G. R. (2024). Membangun karakter: Pembelajaran sosio emosional untuk anak SD. Nilacakra.

Syarfaini, S., Bujawati, E., & Aeni, S. (2022). Analisis faktor bio-sosial pertumbuhan dan perkembangan anak tunagrahita. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(3), 253–260. https://doi.org/10.33221/jikm.v11i03.1435

UNESCO. (2021). Inklusi dan pendidikan: Semua berarti semua. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000380076_ind

Wahyu, A., Irma, N., Sari, F., Ode, W., & Dewi, W. (2023). Hubungan keterikatan anak dan guru. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 2(1), 592–595. https://doi.org/10.57235/jetish.v2i1.420

Wardani, D. A., Nugroho, P. B., & Meilasari, V. (2023). Analisis proses penalaran matematis siswa tuna rungu sekolah luar biasa negeri sukamaju pada pemecahan masalah bangun datar. Proximal: Jurnal Penelitian, 6, 34–42. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.2054

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran matematika sekolah dasar (Vol. 1). UMMPress.

Zamjani, I., Solihin, L., Supriadi, T., Ulumuddin, I., Pratiwi, I., Rakhmah, D. N., Purba, R. E., Arsendy, S., Fadilah, Z., & Octavia, L. (2020). Dampak regulasi terhadap peningkatan mutu pembelajaran. Pusat Penelitian Kebijakan, Balitbang dan Perbukuan Kemendikbud & INOVASI untuk Anak Sekolah Indonesia.

Zebua, T. G. (2022). Menggagas konsep kecemasan belajar matematika. Guepedia.

pic

Published

2025-11-18