IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA KONTEN PELUANG

Authors

  • Ezra Glory Manalu Universitas Riau
  • Sehatta Saragih Universitas Riau
  • Armis Armis Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.26618/sigma.v17i2.18686

Keywords:

problem based learning, Penelitian Tindakan Kelas, Kecakapan komunikasi matematis , peluang

Abstract

Kecakapan komunikasi matematis (KKM) menjadi unsur krusial dalam menunjang keberhasilan dalam pembelajaran matematika, tetapi temuan dari hasil wawancara, observasi, dan tes awal memperlihatkan bahwa KKM peserta didik kelas XA SMAN 15 Pekanbaru masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan KKM melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) pada konten Peluang. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diimplementasikan selama dua periode dengan melibatkan 41 peserta didik kelas XA SMAN 15 Pekanbaru tahun akademik 2024/2025. Masing-masing periode mencakup aktivitas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Alat penelitian mencakup perangkat pembelajaran, eksemplar pengamatan aktivitas guru dan peserta didik, serta ujian KKM. Perolehan penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor KKM meningkat dari 27,44 (tes awal) menjadi 51,33 (KKM I) dan 80,10 (KKM II). Secara keseluruhan, penggunaan pembelajaran berbasis masalah dapat mereparasi aktivitas pembelajaran dan menguatkan KKM peserta didik kelas XA SMAN 15 Pekanbaru tahun akademik 2024/2025 pada konten Peluang.

Author Biographies

  • Ezra Glory Manalu, Universitas Riau

    Pendidikan Matematika

  • Sehatta Saragih, Universitas Riau

    Pendidikan Matematika

  • Armis Armis, Universitas Riau

    Pendidikan Matematika

References

Afifah, N., Susantie, A. D., & Nuriana, R. D. N. (2024). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Problem Based Learning Berpendekatan Teaching At The Right Level dan Tutor Sebaya. Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional, 1023–1034. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/wpcgp/article/view/3463

Dewantari, T., Kasiyun, S., Hartatik, S., & Mariati, P. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Lagu. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 212–217. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.3475

Dinata, K. B., & Darwanto, D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Peluang dengan Pendekatan Kontekstual Berorientasi pada Kemampuan Penalaran dan Disposisi Matematis Berbasis Android. Eksponen, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.47637/eksponen.v10i1.241

Erisa, R., & Hidayat, H. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa MTs Islam Azizi Medan. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 40–47. https://doi.org/10.51178/cjerss.v4i4.1826

Fitriah, A., Niswati, N., & Fauziyah, N. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kecakapan komunikasi matematis Peserta Didik. Proceeding International Conference on Lesson Study, 1(1), 581–589. https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7718

Fonna, M., & Nufus, H. (2024). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Abad 21. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 5(1), 22–30. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v5i1.2900

Hartiyaningsih, A., Mulyaningrum, E. R., & Setiyono, R. (2024). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Komunikasi dan Kolaborasi Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 2(1), 31–43. https://doi.org/10.26877/jpgp.v2i1.834

Kusumawardhani, A., Widiyastuti, E., & Hidayat, A. A. (2024). Peningkatan Kecakapan komunikasi matematis dengan Problem Based Learning Terintegrasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan E-Modul Flipbook. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 59–67. https://doi.org/10.24176/anargya.v7i1.12808

Madhavia, P., Murni, A., & Saragih, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kecakapan komunikasi matematis Siswa Kelas VII SMP Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1239–1245. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.357

Maharani, R. D., Dasari, D., & Nurlaelah, E. (2022). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Konten Peluang. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3201–3213. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6214

Monariska, E., Jusniani, N., & Sapitri, N. H. (2021). Kecakapan komunikasi matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine. Prisma, 10(1), 130–140. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1228

Putra, A. P. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kecakapan komunikasi matematis Siswa Kelas VII SMP. Intersections: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 9(2), 10–15. https://doi.org/10.47200/intersections.v9i2.2553

Hanifah, & Rahman, M. S. (2024). Tinjauan Cakupan Penelitian Tentang Komunikasi Matematis di Indonesia: A Scoping Review of Research on Mathematical Communication in Indonesia. Journal of Research in Science and Mathematics Education, 3(3), 165–172. https://doi.org/10.56855/jrsme.v3i3.1184

Ramdhani, N. P. (2022). The Relationship of Problem-Based Learning with Student Learning Motivation in Mathematics Subjects. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 5(5), 1–7. https://doi.org/10.20961/shes.v5i5.77976

Randa, M., Maimunah, M., & Yuanita, P. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Recipcoral Teaching Untuk Memfasilitasi Kecakapan komunikasi matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1197–1206. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.352

Sari, M. C. P., Mahmudi, M., Kristinawati, K., & Mampouw, H. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Problem Based Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.242

Siregar, R. M. R., Saragih, S., Napitupulu, E. E., Mulyono, M., & Susandi, A. (2023). Analisis Proses Jawaban Tes Kecakapan komunikasi matematis Siswa. Prisma, 12(2), 605–614. https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3256

Sugiharnik, M., Fauziyah, N., & Nurdiana, W. A. (2024). Analisis Kecakapan komunikasi matematis Siswa SMP Konten Peluang Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 9(2), 76–86. http://dx.doi.org/10.24269/silogisme.v9i2.9166

Syarifah, L. L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Belief Matematika Terhadap Kecakapan komunikasi matematis. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.30595/alphamath.v2i2.1226

Wahyuni, P., & Yolanda, F. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kecakapan komunikasi matematis dan Self-Efficacy Siswa Kelas VIII MTs YKWI Pekanbaru. AdMathEdu, 8(2), 159–170. https://doi.org/10.12928/admathedu.v8i2.12343

pic

Published

2025-11-18