PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA

Authors

  • Karina Azzahra Maulani Universitas Riau
  • Sehatta Saragih Universitas Riau
  • Armis Armis

DOI:

https://doi.org/10.26618/sigma.v17i2.18685

Keywords:

Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, kemampuan representasi matematis, statistika

Abstract

Kemampuan representasi matematis (KRM) memiliki peran krusial dalam pembelajaran matematika, namun berbagai hasil studi menunjukkan bahwa capaian siswa di bidang ini tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan KRM melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan topik Statistika. Penelitian dilakukan pada 40 siswa XD SMA Negeri 15 Pekanbaru tahun ajaran 2024/2025. Penelitian menerapkan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus berurutan. Di setiap siklus, kegiatan mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi terhadap hasil tindakan. Data dikumpulkan melalui dua tes KRM berbentuk uraian berdasarkan indikator representasi visual, simbolik, dan verbal, serta melalui lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Data penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata KRM siswa dari 26,65 pada tes awal, naik menjadi 46,87 pada siklus I, dan mencapai 84,2 pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan implementasi PBL berkontribusi positif terhadap perbaikan proses pembelajaran serta peningkatan KRM siswa kelas XD SMA Negeri 15 Pekanbaru pada topik Statistika semester genap tahun ajaran 2024/2025.

Author Biographies

  • Karina Azzahra Maulani, Universitas Riau

    Pendidikan Matematika

  • Sehatta Saragih, Universitas Riau

    Pendidikan Matematika

  • Armis Armis

    Pendidikan Matematika

References

Afifah, N., Susantie, A. D., & Nuriana, R. D. N. (2024). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Problem Based Learning Berpendekatan Teaching At The Right Level dan Tutor Sebaya. Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional, 1023–1034. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/wpcgp/article/view/3463/2906

Ainunnisa, D. A., Praja, E. S., & Dewi, I. L. K. (2021). Kemampuan representasi matematis siswa smp dalam menyelesaikan soal kubus dan balok. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 166–177. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.2572

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Azizi, M. R., Mariani, S., Agoestanto, A., & Sugiman, S. (2024). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP melalui Model Problem Based Learning: Meta Analisis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 10(1), 55–64. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.26170

Bani, A., & Abdullah, I. H. (2021). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP 7 Kota Ternate Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Teorema Pythagoras. Edukasi, 19(2), 161–170. https://doi.org/10.33387/j.edu.v19i2.3827

Fadillah, S., Fauzi, K. M. A., & Yus, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa dan Adversity Quotient. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 2(1), 18–24. https://doi.org/10.30596/ejoes.v2i1.6613

Fatimah, Y., & Mashuri, M. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Representasi Matematis Pada Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 808–813. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/3033

Fonna, M., & Nufus, H. (2024). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Abad 21. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 5(1), 22–30.

https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v5i1.2900

Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMA kelas XI. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1093–1104. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.p1093-1104

Khoerunnisa, R., & Maryati, I. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa smp terhadap materi segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 165–176. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1094

Khoirunnisa, K., Azhar, E., & Jusra, H. (2018). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi Matematis Siswa di Smpn 18 Tangerang. Prosiding SENAMKU, 1, 182–190. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/view/2659/781

Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99–110. 10.30998/jkpm.v6i1.7960

Mustaghfirin, M. (2022). Pengaruh Penerapan Problem-based Learning Terhadap Motivasi siswa SMP. Journal of Informatics and Vocational Education, 5(3). https://doi.org/10.20961/joive.v5i3.70708

Sabrina, K. A., & Effendi, K. N. S. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi kesebangunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 219–228. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1969

Sari, M. C. P., Mahmudi, M., Kristinawati, K., & Mampouw, H. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Problem Based Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.242

Septian, A., Setiawan, E., & Noersapitri, Y. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Menggunakan GeoGebra. Jurnal Padegogik, 6(1), 1–9. http://doi.org/10.35974/jpd.v6i1.2905

Sundari, R. D., Angraini, L. M., & Herlina, S. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Matriks untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Bukit Batu: Universitas Islam Riau. Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME), 2(1), 25–35. https://doi.org/10.56855/jrsme.v2i1.253

pic

Published

2025-11-18