PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v17i2.18685Keywords:
Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, kemampuan representasi matematis, statistikaAbstract
Kemampuan representasi matematis (KRM) memiliki peran krusial dalam pembelajaran matematika, namun berbagai hasil studi menunjukkan bahwa capaian siswa di bidang ini tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan KRM melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan topik Statistika. Penelitian dilakukan pada 40 siswa XD SMA Negeri 15 Pekanbaru tahun ajaran 2024/2025. Penelitian menerapkan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus berurutan. Di setiap siklus, kegiatan mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi terhadap hasil tindakan. Data dikumpulkan melalui dua tes KRM berbentuk uraian berdasarkan indikator representasi visual, simbolik, dan verbal, serta melalui lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Data penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata KRM siswa dari 26,65 pada tes awal, naik menjadi 46,87 pada siklus I, dan mencapai 84,2 pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan implementasi PBL berkontribusi positif terhadap perbaikan proses pembelajaran serta peningkatan KRM siswa kelas XD SMA Negeri 15 Pekanbaru pada topik Statistika semester genap tahun ajaran 2024/2025.
References
Afifah, N., Susantie, A. D., & Nuriana, R. D. N. (2024). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Problem Based Learning Berpendekatan Teaching At The Right Level dan Tutor Sebaya. Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional, 1023–1034. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/wpcgp/article/view/3463/2906
Ainunnisa, D. A., Praja, E. S., & Dewi, I. L. K. (2021). Kemampuan representasi matematis siswa smp dalam menyelesaikan soal kubus dan balok. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 166–177. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.2572
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Azizi, M. R., Mariani, S., Agoestanto, A., & Sugiman, S. (2024). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP melalui Model Problem Based Learning: Meta Analisis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 10(1), 55–64. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.26170
Bani, A., & Abdullah, I. H. (2021). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP 7 Kota Ternate Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Teorema Pythagoras. Edukasi, 19(2), 161–170. https://doi.org/10.33387/j.edu.v19i2.3827
Fadillah, S., Fauzi, K. M. A., & Yus, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa dan Adversity Quotient. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 2(1), 18–24. https://doi.org/10.30596/ejoes.v2i1.6613
Fatimah, Y., & Mashuri, M. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Representasi Matematis Pada Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 808–813. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/3033
Fonna, M., & Nufus, H. (2024). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Abad 21. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 5(1), 22–30.
https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v5i1.2900
Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMA kelas XI. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1093–1104. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.p1093-1104
Khoerunnisa, R., & Maryati, I. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa smp terhadap materi segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 165–176. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1094
Khoirunnisa, K., Azhar, E., & Jusra, H. (2018). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi Matematis Siswa di Smpn 18 Tangerang. Prosiding SENAMKU, 1, 182–190. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/view/2659/781
Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99–110. 10.30998/jkpm.v6i1.7960
Mustaghfirin, M. (2022). Pengaruh Penerapan Problem-based Learning Terhadap Motivasi siswa SMP. Journal of Informatics and Vocational Education, 5(3). https://doi.org/10.20961/joive.v5i3.70708
Sabrina, K. A., & Effendi, K. N. S. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi kesebangunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 219–228. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1969
Sari, M. C. P., Mahmudi, M., Kristinawati, K., & Mampouw, H. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Problem Based Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.242
Septian, A., Setiawan, E., & Noersapitri, Y. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Menggunakan GeoGebra. Jurnal Padegogik, 6(1), 1–9. http://doi.org/10.35974/jpd.v6i1.2905
Sundari, R. D., Angraini, L. M., & Herlina, S. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Matriks untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Bukit Batu: Universitas Islam Riau. Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME), 2(1), 25–35. https://doi.org/10.56855/jrsme.v2i1.253
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.

