PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP

Authors

  • Ade Azma Zuhra Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Lukman Ibrahim Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.26618/sigma.v17i2.18446

Keywords:

reciprocal teaching, pemahaman konsep, soal cerita, matematika SMP, aljabar

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada temuan observasi dan wawancara di SMP Negeri 6 Banda Aceh yang menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita aljabar karena terbiasa menyelesaikannya secara prosedural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental, melibatkan dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi modul ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), serta soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan model reciprocal teaching memiliki pemahaman konsep matematika yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Temuan ini menegaskan bahwa reciprocal teaching efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa, khususnya dalam memahami soal-soal yang membutuhkan pemikiran konseptual.

Abstrack
This study investigates the effect of the reciprocal teaching instructional model on junior high school students’ conceptual understanding of mathematics. The research was motivated by observations and interviews conducted at SMP Negeri 6 Banda Aceh, which indicated that students encountered difficulties in solving algebra word problems due to their tendency to rely on procedural strategies. A quantitative approach with a quasi-experimental design was employed, involving two classes assigned as the experimental and control groups. Research instruments included instructional modules, student worksheets, and pre-test and post-test assessments. The findings revealed that students taught using the reciprocal teaching model demonstrated significantly greater conceptual understanding compared to those who received conventional instruction. These results suggest that the Reciprocal Teaching model is effective in improving students’ ability to comprehend and solve mathematical problems that require conceptual reasoning.

 

Author Biographies

  • Ade Azma Zuhra, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
    Pendidikan Matematika
  • Lukman Ibrahim, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
    Pendidikan Matematika

References

Ammy, P. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2442–2453. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.530

Damayanti, Y., & Anita, I. W. (2023). Karakteristik Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Viii Di Mts Az-Zahra Parongpong Berdasarkan. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(5), 1831–1840. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.18750

Ertati, E., & Azizah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) Dalam Pembelajaran Matematika. JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION, 5(1), 58–68. https://doi.org/10.31540/jmse.v5i1.2551

Erviana, R., Susanti, N., & Lismareni, N. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Reciprocal Teaching Pada Siswa Smp Negeri 3 Pagaralam. Jurnal Math-UMB.EDU, 9(1), 36–42. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v9i1.3005

Hidayah, F. N., & Rahman Munandar, D. (2024). Jurnal Didactical Mathematics Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aljabar (Vol. 6, Issue 1). https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm

Ilhamsyah, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Siswa Kelas X Smkn. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 147–157. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1426

Kartika Marbun, Baginda Sitompul, & Tahadodo Waruwu. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP Negeri 2 Pollung Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jurnal Magistra, 2(3), 77–92. https://doi.org/10.62200/magistra.v2i3.145

Nur Azmi, & Rosdiana. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Negeri 2 Meurah Mulia. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 2(2), 82–90. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v2i2.180

Nurul Arifin, S. A., Sumaryoto, & Mamik Suendarti. (2022). Pengaruh Minat Belajar Dan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(2), 66–79. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i2.2408

OEDC. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Perdana, D. N. (2021). Penerapan Pendekatan Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 5 Koto Sani. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 5(1), 28–34. https://doi.org/10.36057/jips.v5i1.452

Pertiwi, P., Elindra, R., & Ahmad, M. (2023). Efektivitas Penerapan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(1), 40-47.

Putri, C. N., Hakim, D. L., Karawang, U. S., Ronggo Waluyo, J. H., Timur, T., Karawang, J., & Barat, I. (2022). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XII PADA MATERI PROGRAM LINIER. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6). https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1573-1580

Runtu, A., Ferry Monoarfa, J., Regar, V.,(2024). Efektivitas Penggunaan Model Reciprocal Teaching pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang di SMP Negeri 2 Ranoyapo. 09, 114–121. https://doi.org/10.31004/cendekia.v9i1.3791

Sari, F. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V di SDN 23 Dompu. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 61–69. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.203

Sibuhuan, T. A. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS XI MAS NU. 7(2), 2–7.

Sigui, M. R., Angkotasan, N., & Hamid, H. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 4(1), 18–29. https://doi.org/10.33387/jpgm.v4i1.7280

Tomas, A., Kusuma Wijaya, A., Matematika, P., & Fisika, P. (2020). Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Kesebangunan. JOURNAL OF EDUCATIONAL REVIEW AND RESEARCH, 1(2), 121–127.

Vidyasary, V., Mashuri, A., & Sasomo, B. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Strategi Heuristik Krulik Rudnick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Euclid, 10(2), 383. https://doi.org/10.33603/e.v10i2.8521

Zulfa, S., Ardianik, A., & Hatip, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching Terhadap Tingkat Kecemasan, Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(02), 9–16. https://doi.org/10.21137/edumatic.v3i02.443

Zurimi, S., Darwin, D., Tuasamu, Y., & Rupiasa, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Materi Barisan Dan Deret Pada Siswa Kelas Xi Smk Negeri 11 Maluku Tengah. THEOREMA: The Journal Education of Mathematics, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.36232/theorema.v3i2.3133

cover ade

Published

2025-08-20