PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v17i2.18137Keywords:
Problem-Based Learning, berpikir kritis, pembelajaran matematika, siswa SMPAbstract
Abstrak
Pada abad ke-21, pendidikan dituntut untuk menghasilkan generasi yang memiliki keterampilan berpikir kritis dan logis untuk menghadapi tantangan global yang kompleks. Salah satu pendekatan pembelajaran yang relevan adalah Problem-Based Learning (PBL), yang berpusat pada pemecahan masalah nyata dan mendorong keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model PBL dalam pembelajaran matematika untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP yang mempelajari materi relasi dan fungsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest siswa adalah 23,2, sedangkan nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 68,5. Nilai N-gain yang diperoleh adalah 0,59, yang termasuk dalam kategori sedang. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. PBL memberikan kesempatan kepada siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan memecahkan masalah secara mandiri maupun kolaboratif. Selain itu, model ini mampu menciptakan lingkungan belajar yang menantang, bermakna, dan berorientasi pada pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dengan demikian, PBL dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika. Hasil penelitian ini juga membuka peluang bagi studi lanjutan untuk mengeksplorasi dampak PBL terhadap keterampilan lain seperti komunikasi dan kolaborasi.
Abstrack
In the 21st century, education is required to produce a generation equipped with critical and logical thinking skills to address increasingly complex global challenges. One relevant instructional approach is Problem-Based Learning (PBL), which emphasizes solving real-world problems and encourages active student engagement. This study aims to examine the effectiveness of implementing the PBL model in mathematics instruction to foster the critical thinking skills of junior high school students. The research employed a quasi-experimental method using a pretest-posttest design. The subjects were eighth-grade students studying the topic of relations and functions. The results indicated that the average pretest score was 23.2, while the average posttest score increased to 68.5. The calculated N-gain score was 0.59, which falls into the “moderate” category. These findings demonstrate that the PBL model is effective in enhancing students’ critical thinking skills in mathematics learning. PBL provides opportunities for students to analyze, evaluate, and solve problems independently or collaboratively. Furthermore, the model creates a meaningful, challenging learning environment oriented toward the development of higher-order thinking skills. Therefore, PBL can serve as an innovative learning strategy to improve the quality of mathematics learning processes and outcomes. This study also opens opportunities for further research to explore the impact of PBL on other skills such as communication and collaboration.
References
Aini, R. N. (2019). Implementasi model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 101–110.
Astutik, Y. (2022). Implementasi PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 17(2), 101–110.
Bahri, A., & Aswan, Z. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 28(1), 45–52.
Facione, P. A. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment.
Hidayati, N. (2020). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 22–30.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn?. Educational Psychology Review, 16(3), 235–266.
Kemendikbud. (2017). Model-model pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam pendekatan pembelajaran yang menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas peserta didik. Jakarta: Kata Pena.
Mayasari, T. (2023). Pengaruh Model PBL terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran, 5(1), 45–52.
Putri, A., & Agustina, N. (2023). PBL dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skills. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 12(1), 78–88.
Rusman. (2017). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Saleh, M., dkk. (2024). Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(1), 12–20.
Sa’diyah, I. & Retnowati, E. (2021). Efektivitas Problem-Based Learning terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Matematis. Infinity Journal, 10(1), 65–76.
Siregar, E., & Nara, I. (2020). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Trianto. (2016). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.
Widodo, S., dkk. (2022). Literasi Matematika sebagai Tujuan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 9(3), 223–232.
Yanti, R., & Wijaya, T. (2023). Strategi Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui PBL. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 8(2), 34–42.
Zubaidah, S. (2019). Keterampilan Abad 21: Kebutuhan dalam Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Malang.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.