LITERASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DAN QUANTITY DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Dwi Putri Kusumah, Depi Setialesmana, Siska Ryane Muslim

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada literasi matematis peserta didik di Indonesia pada penilaian PISA masih rendah, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk menganalisis literasi matematis ditinjau dari gaya belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi matematis dalam menyelesaikan soal PISA pada konten change and relationship dan quantity ditinjau dari gaya belajar. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu angket gaya belajar, soal PISA pada konten change and relationship dan quantity, dan wawancara.  Teknik pengumpulan data terdiri dari angket gaya belajar, tes literasi matematis pada soal PISA konten change and relationship dan quantity, serta wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, pada indikator merumuskan (formulate), subjek visual dan kinestetik sama-sama mampu mengetahui informasi, maksud, tujuan, dan hubungan antar informasi dalam soal, sementara subjek auditorial hanya mampu mengetahui informasi dan hubungan antar informasi, tetapi belum menunjukkan pemahaman menyeluruh terhadap maksud dan tujuan soal. Pada indikator menggunakan (employ), ketiga subjek mampu mengetahui konsep dan menerapkan fakta, namun subjek visual dan auditorial belum menunjukkan penerapan prosedur dengan tepat, berbeda dengan subjek kinestetik yang mampu menerapkan prosedur dengan tepat. Pada indikator menafsirkan (interpret), ketiga subjek mampu merefleksikan solusi matematika dan menarik kesimpulan. Dapat disimpulkan bahwa subjek visual mampu pada 2 indikator yaitu merumuskan (formulate) dan menafsirkan (interpret), subjek auditorial hanya mampu pada 1 indikator yaitu menafsirkan (interpret), dan subjek kinestetik mampu pada 3 indikator yaitu merumuskan (formulate), menggunakan (employ), dan menafsirkan (interpret). Hasil ini memberikan implikasi bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran berbasis gaya belajar untuk meningkatkan literasi matematis.


Keywords


Literasi Matematis; Change and Relationship; Quantity; Gaya Belajar

References


Anjani, A., Halini, & Astuti, D. (2018). Analisis Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Dikaji Berdasarkan Konten Uncertainly and Data. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(8), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/jppk.v7i8.26928

Bidasari, F. (2017). Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada Konten Quantity untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 63–77. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.59

Budi, S. S., Suhaili, N., & Irdamurni, I. (2021). Konsep Gaya Belajar dan Implementasinya Pada Proses Pembelajaran. Journal of Educational and Learning Studies, 4(2), 232–236. https://doi.org/https://doi.org/10.32698/01992

DePorter, B., & Hernacki, M. (1999). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. In Penerbit Kaifa: Bandung.

Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 17–26. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3036

Ismawati, E., Hersulastuti, Amertawengrum, I. P., & Anindita, K. A. (2023). Portrait of Education in Indonesia: Learning from PISA Results 2015 to Present. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(1), 321–340. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.1.18

Kurniawati, N. D. L., & Mahmudi, A. (2019). Analysis of Mathematical Literacy Skills and Mathematics Self-Efficacy of Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012053

Machromah, I. U., Ishartono, N., Mirandhani, A., Muhroji, Samsudin, M., Basry, W., & Ernitasari. (2021). PISA Problems Solving of Students with a Visual Learning Styles. Journal of Physics: Conference Series, 1720(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1720/1/012010

Mashuri, A. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. 2(01), 75–83. https://doi.org/https://doi.org/10.57008/jjm.v2i01.580

Nurutami, A., Riyadi, R., & Subanti, S. (2018). The Analysis of Students’ Mathematical Literacy Based on Mathematical Ability. 157(Miseic), 162–166. https://doi.org/10.2991/miseic-18.2018.40

OECD. (2023). Pisa 2022 Result (Volume I): “The State of Learning and Equity in Education.” In OECD Publishing: Paris (Vol. 1). https://doi.org/https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Pranitasari, D., & Ratu, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pisa Pada Konten Change and Relationship. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1235–1248. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2685

Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 57–62.

Rafiska, R., & Susanti, R. (2023). Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Sebagai Data Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas Xii Sma Negeri 1 Palembang. Research and Development Journal of Education, 9(1), 474. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.17043

Sakinah, M., & Avip, P. B. (2021). An analysis of Students’ Mathematical Literacy Skills Assessed from Students’ Learning Style. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012075

Salsabila, P., Soeprianto, H., Tyaningsih, R. Y., & Subarinah, S. (2024). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Adaptasi PISA Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan, 14(4), 1012–1021. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v14i4.2074

Samosir, M. I., Sitorus, G. E., Sihotang, H. M. W., & Tanjung, J. Y. (2024). Penerapan Media Pembelajaran menggunakan Papan Peluang , Dadu , dan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan RME di SMA Swasta PAB 8 Saentis Percut. Mandalika Mathematics and Education, 6(2), 585–594. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jm.v6i2.7821 Penerapan

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290

Setiyowati, N., Aisyah, N., Susanti, E., & Susanti, E. (2024). How is Math Problem-Solving Skills in Terms of Learning Style ? 7(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.16862

Sri Marleny, A. M., Zulkardi, Ilma Indra Putri, R., & Hartono, Y. (2024). Pengembangan Soal AKM TIPE PISA pada Konteks Melemang Muara Enim Berbasis PMRI dan PJBL. Mathema Journal, 6(1), 272–287. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3591

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif). In Penerbit Alfabeta: Bandung.

Zilfamia, S. A., Suryana, A., & Nurdeni, N. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP IT Armaniyah Bekasi ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 11(2), 46–54. https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.43623




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.