T – WAVE (TRIGONOMETRIK WAVE ADVENTURE) PEMANFAATAN PERMAINAN FROGGY JUMPS EDUCAPLAY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SUDUT ISTIMEWA TRIGONOMETRI
Abstract
Sudut istimewa trigonometri merupakan salah satu pokok bahasan materi yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Materi ini dalam struktur kurikulum merdeka diajarkan pada fase E kelas X jenjang SMA/MA-Sederajat. Materi sudut istimewa trigonometri melibatkan pemahaman-pemahaman dasar namun sangat penting dalam mengasah kemampuan bernalar, berpikir kritis dan memecahkan masalah kompleks yang dialami oleh para peserta didik. Namun demikian, materi trigonometri masih dianggap sebagai materi yang sulit oleh sebagian peserta didik sehingga tidak jarang peserta didik banyak menghadapi kesulitan dalam menghafal dan menyelesaikan soal-soal trigonometri secara terampil. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran T - Wave (Trigonometrik Wave Adventure), mendeskripsikan kelayakan, kemenarikan dan mengetahui efektivitas T - Wave sebagai media pembelajaran matematika pada materi sudut istimewa trigonometri kelas X. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). T - Wave atau Trigonometrik Wave Adventure adalah suatu metode pembelajaran inovatif yang memanfaatkan konsep game online yang berbasis platform educaplay untuk memfasilitasi pemahaman materi mengenai sudut istimewa trigonometri dalam pembelajaran matematika. Hasil uji media dan uji validasi T - Wave mencapai angka persentase 85,4% dan 90,8% dengan kategori sangat layak. Adapun tingkat kemenarikan media pembelajaran ini mencapai angka 87,3% mencapai kategori sangat menarik. Sedangkan hasil uji efektivitas menunjukkan peningkatan rata-rata capaian nilai siswa yakni 42,7 pada nilai awal dan 77 pada nilai evaluasi dengan nilai mean gain yang menunjukkan rata-rata peningkatan skor siswa adalah 34.33 poin dengan nilai N-Gain mencapai 0,60 sehingga termasuk dalam kategiori sedang. Sehingga berdasarkan keseluruhan hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan T - Wave sebagai media pembelajaran sangat layak dan menarik serta efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sudut istimewa trigonometri.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Anwar, S., & Jasiah. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Educaplay Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran SKI. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 355–373. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.61132/Jbpai.V3i1.913
Arsita, W., Hikmah, & Masrun. (2024). Penerapan Platform Educaplay Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Sd It Mutiara Global Pekanbaru. Cendekia Pendidikan, 9(12). https://doi.org/10.8734/CAUSA.v1i2.365
Chusna, N., Khasanah, U., & Najikhah, F. (2024). Media Digital Interaktif untuk Pembelajaran di Sekolah Dasar. Pendidikan Asia . https://doi.org/10.53797/aspen.v4i2.10.2024 .
Firdha Rosavina Putri, Desi Eka Pratiwi, & Endang Sulistiya Wati. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Educaplay Kelas VI SDN Jajar Tunggal III Surabaya. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 331–340. https://doi.org/10.62383/hardik.v1i4.839
Hafifah, F., Nurimani, N., & Arifannisa, A. (2019). Perbedaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara
Hasanatin, N. I. (2020, August). Analisis Implementasi Media Tasicotg Dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Conference on Research and Community Services (Vol. 2, No. 1, pp. 542-549).
Kurnawan, M. A. R. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis website pada kurikulum merdeka materi trigonometri Kelas X fase E (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Niswah, F., & Nisa, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Trigonometri. Sigma, 7(2), 142.
Novelza, I. D., Putra, A., & Anggraini, R. S. (2024). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Materi Teorema Pythagoras. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(1), 338–351. Https://Doi.Org/10.32938/Jipm.9.1.2024.338-351
Puspaningrum, G. A., Sari, N. E., & Novarina, F. (2024). Optimalisasi Motivasi Belajar Dalam Pelajaran Matematika: Implementasi Media Interaktif Educaplay. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 246-255.
Rosida, L., & Wahyuningsih, S. (2024). Penggunaan Leaderboard Melalui Educaplay Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(5), 9-9.
Satria Prayoga, I., Pratomo, W., & Puji Lestari, P. (2024). Peningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Educaplay Froggy Jumps Pada Pembelajaran IPAS Kelas V SDN 5 Panjer. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 1719–1730. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/2302
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Syahid, A., Fauzi, F., Sumarni, S., Ananda, R., Salsabila, A., Hafizah, A., Anggraini, A., Romdoni, M., Agama, I., Negeri, I., & Raya, P. (2024). Comparative Analysis of Teaching with Electronic Media and Conventional Teaching in the Classroom. Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia. https://doi.org/10.59024/faedah.v2i2.821.
Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis software liveworksheet pada materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132-141.DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176
Zain, A. N., Supardi, L., & Lanya, H. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Materi Trigonometri. Sigma, 3(1), 12–16
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.