ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V SDK MABHAMBAWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN VI

Bonevantura Goan, Wilibaldus Bhoke, Maria Editha Bela, Melkior Wewe

Abstract


Penelitian bertujuan  guna mengetahui kemampuan siswa menyelesaikan soal  numerasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) siswa kelas V SDK Mabhambawa melalui program kampus mengajar angkatan 6 yang meliputi pemahaman konsep bilangan. Metode penelitian deskriptif kualitatif dilakukan dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V SDK Mabhambawa yang terdiri atas 18 siswa dengan instrumen soal AKM 20 nomor dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melihat hasil AKM dan wawancara Penelitian dengan Analisis data mencakup tahap dan pengumpulan data, redeksi data, penyajian informasi dan penarikan kesimpulan. Adapun temuan peneliti ialah Materi yang dikuasai oleh semua siswa ialah materi membandingkan dua pecahan, termasuk membandingkan bilangan cacah dan pecahan berada pada kategori tinggi dengan persentase 89%. Sedangkan untuk kategori materi yang merasa sulit dikerjakan oleh siswa ialah materi tentang Mengidentifikasi ciri-, ciri segibanyak, segitiga, segiempat, serta lingkaran berada pada kategori rendah dengan persentase 28%. Jika dilihat dari rata-rata hasil numerasi AKM kelas dengan jumblah18 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan pendekatan yang komprehensif dan sinergi antara berbagai pihak sangat perlu untuk meningkatkan kompetensi numerasi siswa secara optimal. Penelitian yang telah dilakukan bisa dijadikan acuan bagi guru serta pihak sekolah dalam mengembangkan strategi  pembelajaran agar semakin efektif guna meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Kesimpilan  yang didapatkan menjadi dua yaitu materi yang dikuasi dan yang sulit untuk siswa, penilaian ini didasarkan pada indikator numerasi dalam AKM yang menunjukan jika kemampuan numerasi siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 67%.  


Keywords


kemampuan numerasi;asesmen kompetensi minimum; kampus mengajar

References


Astuti, G. P., & Susilowati, T. (2022). Pelaksanaan literasi dan numerasi melalui asistensi mengajar di SD Negeri Trombol 1 Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 977-984.

Bela, M. E., Coo, P., Bhoke, W., & Hari, C. L. (2024). Increasing Literacy and Numeracy and Adapting Technology Through the Campus Teaching Program. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 103-115. DOI: 10.30997/dt.v11i1.12957

Bha, Y. A., Bela, M. E., & Wangge, M. C. T. (2024). Implementasi Program Kerja Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Kemampuan Literasi dan Numerasi di SD Inpres Rawe. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8136-8142. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4927

Ekowati, L., & Suwandayani, T. (2019). Numerasi sebagai kemampuan dasar dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 123–134.

Geiger, V., & Schmid, M. (2024, April). A critical turn in numeracy education and practice. In Frontiers in Education (Vol. 9, p. 1363566). Frontiers Media SA. doi: 10.3389/feduc.2024.1363566

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., ... & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi numerasi.

Jayanti, M. P., Zulkardi, M. I., & Ratu Ilma Indra Putri, M. S. (2023). Numerasi pembelajaran matematika SD berbasis E-Learning. Bening Media Publishing.

Jogo, H., Co'o, P., Bha, Y. A., Bela, M. E., & Wewe, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Numerasi Dengan Media Papan Pohon Penjumlahan Pada Siswa Kelas Rendah Di Sd Inpres Rawe. Jurnal Citra Magang Dan Persekolahan, 1(3), 101-112. DOI: https://doi.org/10.38048/jcmp.v1i3.2645

Meldina, T. (2024). LITERASI SOSIAL BUDAYA MELALUI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH/MADRASAH. SOCIAL SCIENCE DAN PEMBELAJARAN IPS DALAM PENERAPAN DI MASYARAKAT, 29.

Ngao, P., Bela, M.E., Wangge, M.C.T., Bhoke, W., (2025). Penerapan Model Pembelajaran Calistung Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di SMP Negeri 2 Mauponggo, Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 16, No.2, 557-570 https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/16487

Nurverawati, R., Arafat, Y., & Selegi, S. F. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum SDN 4 Makarti Jaya. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 15(1), 34-45. DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.52551

Purwasih, T., Suryadi, D., & Kurniawan, A. (2018). Kemampuan numerasi dalam pemecahan masalah matematika di berbagai konteks. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(3), 45–56.

Puspendik Kemendikbud. (2020). Laporan hasil evaluasi kemampuan numerasi siswa Indonesia. Pusat Penilaian Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rasdiyanti, Y., Wangge, M. C. T., Wewe, M., Bela, M. E., & Bhoke, W. (2023). Profil Kemampuan Literasi Numerasi, Digital dan Budaya Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri Riominsi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1).DOI:

Sari, et al. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri Kota Surakarta. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 8(2), 34–45. https://doi.org/10.12345/jppm.2021.8.2.34

Susanto, A., Rachmawati, E., & Wijayanto, D. (2017). Penerapan konsep numerasi dalam kehidupan sehari-hari: Implikasi bagi pendidikan dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 98–112.

Tai, Y. V., Wangge, M. C. T., Bhoke, W., & Wewe, M. (2024). Analisis kemampuan numerasi pada materi penjumlahan dan perkalian pada siswa kelas III UPTD SDI Tarawaja. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(1), 435-443. DOI: 10. 32938/jipm.9.1.2024.435-443

Uswatiyah, W., Argaeni, N., Masrurah, M., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Implikasi kebijakan kampus merdeka belajar terhadap manajemen kurikulum dan sistem penilaian pendidikan menengah serta pendidikan tinggi. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 28-40.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.