UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR NUMERASI MELALUI METODE PROBLEM-BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN DAMU
Abstract
Kajian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan numerasi siswa dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning atau PBL) pada peserta didik kelas V di SDN Damu. SDN Damu merupakan salah satu sekolah yang terletak di Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kajian ini memanfaatkan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang diselenggarakan dalam tiga siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas V SDN Damu, dengan jumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil kajian ini memperlihatkan bahwa pengaplikasian metode pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) mampu menaikkan keterampilan numerasi peserta didik. Fakta tersebut didukung oleh hasil lembar pengamatan yang dilaksanakan selama siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada siklus I, persentase keterampilan berbicara mencapai 52%, sementara pada siklus II meningkat menjadi 75%. Sebagai kesimpulan, dapat dikatakan bahwasanya model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) efektif dalam menaikkan keterampilan numerasi peserta didik.
Keywords
References
Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Al-Tabany, Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontektual. Jakarta: Kencana.
Anggrella, D. P., Rahmasiwi, A., & Purbowati, D. (2021). Eksplorasi Kegiatan Praktikum Ipa Pgmi Selama Pandemi Covid-19, 6(1). Https://Doi.Org/10.30998/Sap.V6i1.9612
Ayuningsi, Dina. dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berfikir Kritis Matematika. Jurnal Cakrawala PENDAS. 5 (2):95.
Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146-152.
Bha, Y. A., Bela, M. E., & Wangge, M. C. (2024). Implementasi program kerja kampus mengajar untuk meningkatkan mutu pembelajaran pada kemampuan literasi dan numerasi di SD Inpres Rawe. jurnal ilmiah ilmu pendidikan, 7 (8), 8136-8142. doi;https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4927
Cahyo, R. N. dkk. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Pada Kelas IV SD. Jurnal Basicedu. 2 (1): 28-31.
Co'o, P., Bela, M. E., Bhoke, W., & Hari, C. L. (2024). increasing literacy and numeracy and adapting technology through the campus teaching program. jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 11 (1), 103-115. doi:10.30997/dt.v11i1.12957
Dyah Worowiras tri Ekowati, Yuni Puji Astuti, Ima Wahyu Putri Utami, InnanyMukhlis hina, &
Beti Is tanti Suwandayani. (2019). (Elementary School Education Journal) Literasi Numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.
Eismawat, Eka. dkk. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mercumatika. 3 (2): 71-78.
Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu Vol, 6(1).
Harefa, N., & Silalahi, N. F. D. (2020). Improvement of student’s learning outcomes and motivation with chemical practicum e-module. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(1), 10-19.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
jogo, h., wewe, m., & bela, m. e. (2024). improve numerical literacy through the calistung program in high school students. jurnal pendidikan dan pembelajaran, 31 (1), 11-17. doi:journal2.um.ac.id
Kusherawati, L., Windyariani, S., & Setiono, S. (2020). Profil Sikap Ilmiah Siswa Kelas Viii Smp, Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Laboratory Experiment Method (Gilem). Biodik, 6(2), 168–175. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V6i2.9307
Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342-3351.
Marliyani, T., & Iskandar, S. (2022). Program Sekolah Penggerak (Psp) Terhadap Kinerja Dan Manajemen Kepala Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(4), 6679–6685. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3255
Mumpuni, A., Azizah, S., Rahma, S. A., Utami, D., Safitri, N. I., Tiana, F. A., ... & Pratama, A. A. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 8-14.
Ngao, P., Bela, M. E., Wangge, M. C., & Bhoke, W. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Calistung untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa. SIGMA : Jurnal Pendidikan MAtematika, 16 (2), 557-570. doi:https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16487
Novialiswati, Tia dan Hamdani, A. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada SubtemaPelestarian Sumber Daya Alam Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. IV (1): 163-185.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Sugiyono. (2017). Penelitian Kuantitatif. Pemaparan Metodenpenelitian Kuantitatif, 2, 16.
Widahyu, C. (2021). the Effectiveness of Using Video As a Learning Media Online Learning To Improve Students’ Learning Motivation and Creative Thinking At Home During the Covid-19 Pandemic the Effectiveness of Using Video As a Learning’Learning Motivation and Creative Thi. Journal.
Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., & Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.