UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR NUMERASI MELALUI METODE PROBLEM-BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN DAMU
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17334Keywords:
Numerasi, Problem Based Learning, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan numerasi siswa dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning atau PBL) pada peserta didik kelas V di SDN Damu. Penelitian memanfaatkan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang diselenggarakan dalam tiga siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas V SDN Damu, dengan jumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil kajian ini memperlihatkan bahwa pengaplikasian metode pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) mampu menaikkan keterampilan numerasi peserta didik. Fakta tersebut didukung oleh hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata skor nilai 51,06 dengan peserta didik mencapai ketuntasan 52% atau 12 siswa kemudian meningkat pada siklus II dengan presentase 75% atau 17 siswa yang tuntas dan memperoleh rata-rata 82,17, dan motivasi belajar siswa juga meningkat. Sebagai kesimpulan, dapat dikatakan bahwasanya model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) efektif dalam meningkatkan keterampilan numerasi peserta didik.
References
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Prenada Media.
Amarofah, S., Mastur, Z., & Sugilar, S. (2022). Keefektifan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Keguruan, 8(1), 129-138.
Anu, M. K., & Bhoke, W. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Numerasi Melalui Metode Problem-Based Learning Pada Peserta Didik Kelas VI Uptd SD Negeri Damu. Jurnal Citra Magang dan Persekolahan, 1(3), 113-123.
Ayuningsih, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 94-99. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1351
Bela, M. E., Coo, P., Bhoke, W., & Hari, C. L. (2024). Increasing Literacy and Numeracy and Adapting Technology Through the Campus Teaching Program. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 103-115. https://doi.org/10.30997/dt.v11i1.12957
Bha, Y. A., Bela, M. E., & Wangge, M. C. T. (2024). Implementasi Program Kerja Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Kemampuan Literasi dan Numerasi di SD Inpres Rawe. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8136-8142. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4927
Cahyo, R. N., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 28-32.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mercumatika. 3 (2): 71-78. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93-103. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan literasi numerasi dan literasi digital peserta didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709-716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030
Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 3(2), 463-471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325.
Harefa, N., & Silalahi, N. F. D. (2020). Improvement of student’s learning outcomes and motivation with chemical practicum e-module. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(1), 10-19. https://doi.org10.24114/jpkim.v12i1.17708
Islam, M. N., Sumarmi, S., Putra, A. K., Sugiyati, P., & Salsabilah, S. (2021). The effect of interactive blended-problem based learning assisted virtual classroom on critical thinking skills of students of the society era 5.0. Jurnal Geografi Gea, 21(2), 135-146. https://doi.org/10.17509/gea.v21i2.38862.
Jogo, H., Wewe, M., & Bela, M. E. (2024). Improve Numerical Literacy Through the Calistung Program in High School Students. JPP, 31(1). 11-17. https://doi.org/10.17977/jpp.v31i1.51031
Kusherawati, L., Windyariani, S., & Setiono, S. (2020). Profil Sikap Ilmiah Siswa Kelas Viii Smp, Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Laboratory Experiment Method (Gilem). Biodik, 6(2), 168–175. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V6i2.9307
Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342-3351. Https://doi.Org/10.31004/basicedu.v5i5.1341
Marliyani, T., & Iskandar, S. (2022). Program Sekolah Penggerak (Psp) Terhadap Kinerja Dan Manajemen Kepala Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(4), 6679–6685. Https://doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3255
Mumpuni, A., Azizah, S., Rahma, S. A., Utami, D., Safitri, N. I., Tiana, F. A., ... & Pratama, A. A. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 8-14. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.748
Ngao, P., Bela, M. E., Wangge, M. C., & Bhoke, W. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Calistung untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa. SIGMA : Jurnal Pendidikan MAtematika, 16 (2), 557-570. https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16487
Novialiswati, T., & Hamdani, A. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 163–185. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.55660
Purnamawati, P., Arfandi, A., & Nurfaeda, N. (2019). The level of use of information and communication technology at vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3). https://doi.org/10.21831/jpv.v9i3.27117
Rachmawati. (2023). Kajian literatur: kemampuan numerasi pada perkembangan peserta didik di lingkungan sekolah. Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains, 2 (1), 7-14. https://doi.org/10.28989/cakrawala.v1i2.145
Ratnathatmaja, I. M., & Sujana, I. W. (2022). Video Pembelajaran Interaktif Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS. Journal for Lesson and Learning Studies 5(1), 127–135. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.46605.
Rauf, I., Arifin, I. N., & Arif, R. M. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pedagogika, 6(2), 163–183. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i2.1354.
Sari, A. M. S. A. M., Lian, B., & Dedy, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 87 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 6700-6710. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10390
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Syakur, A. S., Purnamasari, R., & Kurnia, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 84-89.
Wulandari, F., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2841-2847. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1308
Yandhari, I. A., Alamsyah, T. P., & Halimatusa’diah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146-152. http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7530
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.