PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATERI PELUANG DENGAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan literasi matematis siswa pada materi peluang. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu MTs di Kota Tangerang Selatan dan Kota Bekasi, pada tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar memiliki kriteria sangat valid berdasarkan penilaian ahli dan praktisi, dengan persentase masing-masing sebesar 93% dan 94%, serta praktis menurut validasi pengguna dengan persentase sebesar 83,5%. Tingkat keefektifan modul ajar berdasarkan nilai siswa yang mencapai KKM sekolah masing-masing yaitu memperoleh kriteria efektif. Hasil respon siswa menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat baik. Modul ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, sehingga modul ajar layak digunakan dalam pembelajaran untuk memfasilitasi kemampuan literasi matematis siswa.
Keywords
References
Akbar, S. (2022). Instrumen Perangkat Pembelajaran (6th ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Angela, F., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Peluang Empirik dan Teoretik Pada Siswa Kelas VII SMP di Kabupaten Siak. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 15–25.
Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370.
Asmar, S. E., Armiati, A., Arnawa, I. M., & Yarman, Y. (2024). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 304–314.
https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8368
Azzahra, H., Yuanita, P., & Armis, A. (2024). Pengembangan modul ajar berbasis problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik fase E. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 102–113. https://doi.org/10.33654/math.v10i1.2637
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871
Ginanto, D., Kesuma, A. T., Anggraena, Y., & Setiyowati, D. (2024). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi Tahun 2024. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Hayati, R., Pratiwi, U. M., Hasan, H., & Pujiastuti, H. (2024). Pengembangan Modul Ajar Statistika Berbasis Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1763–1775. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3344
Jannah, F., & Fathuddi, T. I. (2023). Penerapan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka II UPT SD Negeri 323 Gresik. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 131–143. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.2099
Kadir. (2017). Statistika Terapan: Konsep, Contoh, dam Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian (3rd ed.). PT RajaGrafindo Persada.
Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika The Development of Problem-Based Mathematics Instructional Materials Oriented to Students ’ Mathematics Problem Solving Skill and Students ’. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34–46.
Kiawati, E. S., Junedi, B., & Tabrani, M. B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 07(03), 2465–2474.
Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. PT Bumi Aksara.
Lange, J. De. (2006). Mathematical Literacy for Living from OECD-PISA Perspective. Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics, 25(1), 13–35.
Maharani, R. D., Dasari, D., & Nurlaelah, E. (2022). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa Smp Pada Materi Peluang.
AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3201–3213. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6214
Mahiuddin, W. P., Masi, L., Kadir, K., & Anggo, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Di Kabupaten Konawe Dalam Perspektif Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55–65. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5644
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menangah Pertama. Musharafa, 7(1), 63–74.
Nazaretha, R., Hendriana, H., & Zanthy, L. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Powerpoint Video Pada Materi Spldv Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 669–680. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.669-680
Nugraheni, D. (2018). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis inquiry materi pengukuran untuk meningkatkan kreativitas siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 98–103. https://doi.org/10.30738/natural.v5i2.3252
Nur’aini, F., Ulumuddin, I., Sari, L. S., & Fujianita, S. (2021). Meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa Indonesia berdasarkan analisis data PISA 2018. Pusat Penelitian Kebijakan, 3, 1–10.
Ojose, B. (2011). Mathematics literacy : are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.
Rifai, & Wutsqa, D. U. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul Rifai. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(2), 152–162. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms
Stacey, K., & Turner, R. (2015). Assessing Mathematical Literacy: The PISA Experience. Springer.
Steen, L. A., & Turner, R. (2007). Developing Mathematical Literacy (W. Blum, P. L. Galbraith, & M. Niss (eds.)). Springer.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta.
Syahril, R. F., Saragih, S., & Suanto, E. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kecakapan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1987–1997. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6923
Widodo, B. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Sistematis dan Komprehensif. CV. Eiga Media Creative.
Zahra, Q. A., Istayadji, M., & Sauqina. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Materi Bumi dan Tata Surya Mata Pelajaran IPA SMP. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(2), 465–475. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/.v6i2.5017
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17228
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.