ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN MAHASISWA DI KELAS KALKULUS LANJUT MENURUT NEUROSAINS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan mahasiswa dalam mata kuliah Kalkulus Lanjut berdasarkan perspektif neurosains. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan teknik uji korelasi untuk mengevaluasi hubungan antara variabel-variabel, seperti pengalaman belajar sebelumnya, memori kerja, pemecahan masalah, kecemasan matematika, dan dukungan sosial terhadap hasil akademik mahasiswa. Sampel terdiri dari 15 mahasiswa program studi Pendidikan Matematika yang mengikuti kelas Kalkulus Lanjut pada Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman sebelumnya, memori kerja, dan pemecahan masalah memiliki hubungan positif signifikan terhadap nilai akademik. Sebaliknya, kecemasan matematika dan lingkungan belajar yang tidak mendukung memberikan dampak negatif signifikan. Penelitian ini memberikan wawasan untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip neurosains, guna meningkatkan hasil belajar mahasiswa di mata kuliah Kalkulus Lanjut.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Andayani, P. N. (2023). Neuroplastisitas: Kekuatan Otak untuk Berubah dan Beradaptasi. Litercacy Notes, 1(1), 1–9.
Apriandi, D., & Krisdiana, I. (2016). Analisis kesulitan mahasiswa dalam memahami materi integral lipat dua pada koordinat polar mata kuliah kalkulus lanjut. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 123-134. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.19
Ayomi, A. T. R., Widyorini, E., & Roswita, M. Y. (2021). Hubungan inteligensi dengan fungsi eksekutif pada anak gifted relationship between intelligence and executive function to gifted children. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 6(2), 134-150.
Supena, D. N. A. A. (2018). Neurosains Kognitif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Theorems, 3(2), 59-70. https://doi.org/10.31949/th.v3i2.1180
Awal, N, M., (2024). Literature Review: Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Edukasi, 7 (2), 62-72. https://doi.org/10.35141/jie.v7i2.1140
Crossman, A. R., & Neary, D. (2015). Neuroanatomi. Elsevier, Singapura.
Dwiyani, A. O., Sarniya, A., Saputri, O. E., Siregar, M., & Hasni, U. (2023). Pembelajaran Berbasis Neurosains dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Ana' Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 4 (1), 42-57. https://doi.org/10.24239/abulava.Vol4.Iss1.99
Hermahayu., & Wimbarti, S. (2017). Perkembangan Executive Function pada Anak Pra Sekolah di Kota Magelang. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 9 (2), 121-137. https://doi.org/10.31603/edukasi.v9i2.1801
Maharani, W., Gunawan, M. T., & Rudhito, M. A. (2024). Motivasi Belajar Matematika Menurut Neurosains bagi Siswa Kelas VIII SMP Kanisius Gayam Yogyakarta. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 708-716. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.3697
Maulita, R., & Suryana, E. (2022). Neurosains Dalam Proses Belajar Dan Memori. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan, 8(2), 216-231. https://doi.org/10.55148/inovatif.v8i2.264
Permata, I., Asbari, M., & Aprilia, M. (2024). Pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dalam perspektif neurosains di dunia pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 60-64. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.959
Silitonga, R. Y., & Ramadhani, W. P. (2023). Hubungan Antara Hasil Belajar Kalkulus Diferensial Dan Integral Dengan Prestasi Belajar Kalkulus Lanjut Mahasiswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 101-113.
Sulistyorini, Y., & Napfiah, S. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam memecahkan masalah kalkulus. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 279-287. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.1947
Syarifuddin, N. A., & Siregar, S. M. (2020). Hubungan Antara Grit Dan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara Yang Mengikuti Pembelajaran Daring. Jurnal Psikologi, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.21070/psikologia.v5i1.1400
Takaendengan, B. R., Asriadi, A., & Takaendengan, W. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Sepren, 3(2), 67-75. https://doi.org/10.36655/sepren.v3i2.690
Warsanto, K. E. P., & Sulastri, A. (2025). Literatur Review: Neurosains Dalam Pendidikan; Memahami Mekanisme Otak dan Kontrol Diri Remaja. Jurnal Ners, 9(1), 129-139. https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.31632
Zay, D. A., & Kurniasih, M. D. (2023). Exploring Math Anxiety Towards the Students’ Computer Self-Efficacy in Learning Mathematics. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 113-124. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.757
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17217
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.