ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN MAHASISWA DI KELAS KALKULUS LANJUT MENURUT NEUROSAINS

Sara Sarita Agustin, Marcellinus Andy Rudhito

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan mahasiswa dalam mata kuliah Kalkulus Lanjut berdasarkan perspektif neurosains. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan teknik uji korelasi untuk mengevaluasi hubungan antara variabel-variabel, seperti pengalaman sebelumnya, memori kerja, pemecahan masalah, kecemasan matematika, dan dukungan sosial terhadap hasil akademik mahasiswa. Sampel terdiri dari 15 mahasiswa program studi Pendidikan Matematika yang mengikuti kelas Kalkulus Lanjut pada Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman sebelumnya, memori kerja, dan pemecahan masalah memiliki hubungan positif signifikan terhadap nilai akademik. Sebaliknya, kecemasan matematika dan lingkungan belajar yang tidak mendukung memberikan dampak negatif signifikan. Penelitian ini memberikan wawasan untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip neurosains, guna meningkatkan hasil belajar mahasiswa di mata kuliah Kalkulus Lanjut.


Keywords


kalkulus lanjut, neurosains, prestasi belajar, uji korelasi

References


Amelia Zay, D., & Dwi Kurniasih, M. (2023). Exploring Math Anxiety Towards the Students’ Computer Self-Efficacy in Learning Mathematics. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Andayani, P. N. (2023). Neuroplastisitas: Kekuatan Otak untuk Berubah dan Beradaptasi. Litercacy Notes, 1(1), 1–9.

Apriandi, D., & Krisdiana, I. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Memahami Materi Integral Lipat Dua Pada Koordinat Polar Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 7, Issue 2).

Ariani, D. N., & Supena, A. (2018). Neurosains Kognitif Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar (Cognitive Neuroscience of Mathematics Education in Elementary. Theorems (The Original Research of Mathematic), 3(2), 59–70. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th

Ashcraft, M. H., Krause, J. A., & Ashcraft, M. H. (2007). Working memory, math performance, and math anxiety. In Psychonomic Bulletin & Review (Vol. 14, Issue 2).

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy The Exercise of Control.

Crossman, A. R., & Neary, D. (2015). Neuroanatomi.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Springer Science & Business Media.

Dwiyani, A. O., Sarniya, A., Saputri, O. E., Siregar, M., & Hasni, U. (2023). Pembelajaran Berbasis Neurosains dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 4, Issue 1). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/1505

Gathercole, S. E. ., & Alloway, T. packiam. (2008). Working memory and learning : a practical guide for teachers. SAGE Pub.

Permata, I., Aprilia, M., & Asbari, M. (2024). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Neurosains di Dunia Pendidikan. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 03(02). https://jisma.org

Posner, M. I., & Petersen, S. E. (1990). The Attention System of the Human Brain. Annu. Rev. Neurosc, 13, 25–42.

Rianto Takaendengan, B., Asriadi, & Wilson, T. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. In SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied (Vol. 03, Issue 02).

Sulistyorini, Y., & Napfiah, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Kalkulus. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 279. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.1947

Sweller, J. (1988). Cognitive Load During Problem Solving: Effects on Learning. In COGNITIVE SCIENCE (Vol. 12).

Tyas Reneng Ayomi, A., Widyorini, E., & Yang Roswita, M. (2021). Hubungan Inteligensi Dengan Fungsi Eksekutif Pada Anak Gifted Relationship Between Intelligence And Executive Function To Gifted Children. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 6(2), 134–150. https://jurnal.uns.ac.id/candrajiwa

Yanti Silitonga, R. H., & Putri Ramadhani, W. (2019). Hubungan Antara Hasil Belajar Kalkulus Diferensial dan Integral dengan Prestasi Belajar Kalkulus Lanjut Mahasiswa. Pedagogy, 8(2), 101–113.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.