PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CALISTUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA DI SMP NEGERI 2 MAUPONGGO

Priska Ngao, Maria Editha Bela, Maria Carmelita Tali Wangge, Wilibaldus Bhoke

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah menerapkan model pembelajaran calistung guna meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa dengan menerapkan metode penelitian kualitatif deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mauponggo. Data penelitian yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengamati proses penerapan model pembelajaran calistung, dan pendekatan kuantitatif untuk menghitung hasil dari program calistung efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan nilai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dari pre-test ke post-test. Perolehan nilai AKM dari pre-test literasi 44 % dan post-tes literasi 80%. Sedangkan perolehan nilai AKM pre-test numerasi 22% dan post-test sebesar 65%. Selain itu proses pembelajaran menunjukan adanya perubahan positif dalam motivasi belajar siswa, keaktifan selama proses pembelajaran, dan pemahaman siswa terhadap materi dasar literasi dan numerasi. Hasil ini mengidentifikasi bahwa model pembelajaran calistung dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pencapaian siswa.


Keywords


Pembelajaran Calistung; Literasi; Numerasi

References


Asmarika, A., Husin, A., Syukri, S., Wismanto, W., & Qanita, R. (2022). MENGASAH KEMAMPUAN SOFTSKILLS DAN HARDSKILLS CALON GURU SD/MI PADA METODE MICROTEACHING MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL MAHASISWA PGMI UMRI. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 11 (1), 282-300. http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v11i1.498

Bha, Y. A., Bela, M. E., & Wangge, M. C. T. (2024). Implementasi Program Kerja Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Kemampuan Literasi dan Numerasi di SD Inpres Rawe. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7 (8), 8136-8142.

Bela, M. E., Coo, P., Bhoke, W., & Hari, C. L. (2024). Increasing Literacy and Numeracy and Adapting Technology Through the Campus Teaching Program. Didikta Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (1), 103-115.

Dewi, P.,& Kurniawati, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan numerasi siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 10 (2), 112-120.

Dony, P. M. T., Indarti, T., & Subrata, H. (2022). Pengembangan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5 (6), 8992-9006. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3989

Fadil, K., Fahri, M., & Nurpajriah, S. (2024). PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI ANAK SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR. Community Development Journal, 5 (1), 2166-2174. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.24652

Jogo, H., Wewe, M., & Bela, M. E. (2024). Improve Numerical Literacy Through the Calistung Program in High School Students. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.31, No. 1, 11-17.

Kuanine, M. H., Sette, G. Y., Metboki, R. J.A., & Lefta, L. A. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Journal Didache of Christian Education, 2 (2), 86-101. https://doi.org/10.52960/jd.v2i2.150

Nugraha, M. A., Zidane, R. A., & Hamdan, A. (2023). DAMPAK PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP HASIL NILAI LITERASI DAN NUMERASI SEKOLAH SERTA BUDAYA LITERASI SISWA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 2 (3), 267-280. https://doi.org/10.1234/jpmi.v2i3.174

Purwati, & Faiz, A. (2023). Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sumber Daya Manusia yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol 5, No (5), 1032-1041. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13022

Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Farhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. JURNAL BASICEDU, 7 (5), 3309-3321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.503o

Rachmawati, R. D., & Watini, S. (2024). Implementasi Model ATI dalam Meningkatkan Kemampuan CALISTUNG pada Pelajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Jakarta Barat. Journal Of Education Research, 4 (3), 1334–1340. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.376

Ramadani, A.,& Fitriani, E. (2022). Pembelajaran berbasis aktivitas untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 14 (1), 45-54.

Rasdiyanti, Y., Wangge, M. C. T., Wewe, M., Bela, M. E., & Bhoke, W. (2023). Profil Kemampuan Literasi Numerasi, Digital dan Budaya Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri Rio Minsi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9 (1), 557-565. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4699

Rizki, A. S. C., & Bakhtiar, A. M. (2023). PROBLEMATIKA MEMBACA MENULIS DAN BERHITUNG (CALISTUNG) PADA PESERTA DIDIK KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 13 (2)., 110-128.

Safitri, L.,Susanti, R.,& Ardiansyah, Y. (2020). Peningkatan literasi siswa melalui strategi pembelajaran membaca terarah. Jurnal Literasi Pendidikan, 7 (3), 67-75.

Sinaga, N. PT., Verentia, C. L., Sitanggang, B. A., Siahaan, I. N., & Manurung, A. A. (2024). Digital Dharma : Transformasi Digitalisasi Pendidikan di SMA Swasta Dharma Karya Beringin Deli Serdang Melalui Peningkatan Pembelajaran Digital dan Pengembangan Non-Akademik Siswa. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN), 5 (2). https://doi.org/10.35870/jpni.v5i2.740

Susanti, N.,& Pratama, H. (2021). Efektivitas pembelajaran berbasis literasi dan numerasi dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Literasi dan Numerasi, 3 (1), 24-33.

Wewe, M., Ngao, P., & Goan, B. (2024). PROFIL KOMPETENSI NUMERASI PADA SISWA SMP NEGERI 5 GOLEWA. Jurnal Ilmiah Mandalika Education (MADU), 2(1), 352-359. https://doi.org/10.36312/madu.v2i1.146

Wewe, M., Owa, Y. K., & Una, Y. (2024). Profil Kemampuan Numerasi pada Siswa Kelas IV di SDN Watu Wula. PUBMED Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (4), 1-6. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.839

Yulianto, R., & Andriyati, R. (2022). PERMASALAHAN PENDIDIKAN DAN KEPRIBADIAN BANGSA, PEMBENTUKAN KARAKTER RANAH KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTOR. Social and Philosophical Foundations of Education, 1-12. https://doi.org/10.31219/osf.io/9s8p3

Yuniati, I., Suyuthi, H., & Gunawan, H. (2024). PEMBELAJARAN ‘CALISTUNG’ (MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH 2 PENDAKIAN KOTA BENGKULU. Jurnal AL-MAUN Pengabdian Kepada Masyarakat, 3 (1), 130-140.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.