ANALISIS VARIASI GAYA MENGAJAR GURU PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana variasi gaya mengajar guru, menganalisis kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan variasi gaya mengajar dan usaha-usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan variasi gaya mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas VIII SMPN 16 Pontianak yaitu G1 dan G2. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi . Langkah-langkah penelitian dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian hasil, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu menerapkan variasi gaya mengajar guru, Ibu Ayu dan Ibu Fitri menerapkan variasi gaya mengajar guru yang berdasarkan 6 indikator yaitu, variasi suara, memusatkan perhatian siswa, mengadakan diam sejenak, kontak pandang, gerakan anggota badan, dan pindah posisi. Kendala yang dihadapi Ibu Ayu dikelas VIII suara guru yang kecil ketika mengajar, kemudian ketika membawa anak dalam pembelajaran serius tapi santai, anak menjadi terbawa suasana santai, dan pembahasan anak terkadang diluar dari pembahasan pada materi yang dipelajari saat itu. Sedangkan kendala yang dihadapi Ibu Fitri dikelas VIII untuk menciptakan kelas yang kondusif guru kesulitan mengendalikan tingkah laku siswa karena pasti ada beberapa siswa didalam kelas yang tidak benar-benar dalam belajar, membuat kelas menjadi berisik. Sehingga membuat guru menaikkan intonasi suara menjadi tinggi. Usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala di kelas Ibu ayu yaitu menggunakan mic, melakukan ice breaking, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Sedangkan usaha-usaha yang dilakukan Ibu Fitri yang menerapkan variasi gaya mengajar yang baik dengan berdasarkan 6 indikator tersebut.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Andriana, R. T., & Rejeki, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Garis Lurus Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jatiroto (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Anwar, A., Daud, M., Abubakar, A., Zainuddin, Z., & Fonna, F. (2020). Analisis Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Serambi Ilmu, 21(1), 64-85.
Djamarah, S. B., & Zein, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar, vol. 5. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriani, A. (2016). Implementasi Variasi Mengajar Guru Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 3 Bantul. Basic Education, 5(33), 3-094.
La'ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematik siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463-474.
Manurung, A. P. T. (2022). Keterampilan Guru Sekolah Dasar dalam Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Maryati, I., Suzana, Y., Harefa, D., & Maulana, I. T. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. Prisma, 11(1), 210-220.
Novianti, N. (2021). Analisis Kemampuan Menggunakan Variasi Mengajar Guru PPKn Pada UPT. Satuan Pendidikan SMA Negeri 6 Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Putri, R. D., Suhandi, A., & Alirmansyah, A. (2023). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Melakukan Variasi Gaya Mengajar pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Indo Green Journal, 1(1), 18-25.
Parawansa, D. I., Kresnadi, H., & Halidjah, S. (2023). Deskripsi Variasi Dalam Gaya Mengajar Guru Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas III SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2860-2876.
Rahmat, H., & Jannatin, M. (2018). Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. El Midad, 10(2), 98-111.
Risma Sari, V. (2020). Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Mengajar Pada Pembelajaran Matematika kelas IV di SD Negeri Gebangsari 03 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).
Rahmiati, D., & Nuraulia, P. (2021). Analisis Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah. Proceeding Umsurabaya.
Setiyaningsih, S. (2020). Hubungan Variasi Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika. Joyful Learning Journal, 9(2), 66-71.
Ziliwu, S. H., Sarumaha, R., & Harefa, D. (2022). Analisis kemampuan koneksi matematika pada materi transformasi siswa kelas xi smk negeri 1 lahusa tahun pembelajaran 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15-25.
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16404
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.