PERBEDAAN KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Ruti Faeri Telaumbanua, Amin Otoni Harefa, Yakin Niat Telaumbanua, Ratna Natalia Mendrofa

Abstract


Abstrak Matematika merupakan mata pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa di sekolah. Namun kenyataannya siswa SMK Negeri 3 Gunungsitoli mengalami kendala dalam pembelajaran karena kemampuan pemahaman matematis siswa masih tergolong rendah. Sehingga siswa kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan masalah kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan model pembelajaran project based learning dengan problem based learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode eksperimen semu (quasi experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Gunungsitoli dan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang diambil secara nonprabability sampling, yaitu siswa kelas XI-TKJ 2 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI-MP 2 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen penelitian ini berbentuk essay test kemampuan pemahaman matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji hipotesis satu pihak, diperoleh nilai thitung = 4,021 dan ttabel = 1,682. Karena thitung = 4,021 > ttabel = 1,682 maka Ho ditolak dan Ha  diterima yang berarti : ada perbedaan keefektifan model pembelajaran  project based   learning dengan problem based learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.

Keywords


model pembelajaran project based learning; problem based learning; kemampuan pemahaman matematis

References


Aulia, L & Budiarti, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Journal Of Elementary School Education. 2(1), 105- 109. https://doi.org/10.52657/jouese.v2i1.1628

Darwanto. (2019). Hard Skills Matematis Siswa (Pengertian Dan Indikatornya). Jurnal Eksponen. 991), 21-27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.129

Firdaus, A. A., et al.(2021). Kemampuan Berpikir Kreatif pada Model Learning Cycle 5E Ditinjau dari Metakognisi Siswa. Jurnal matematika dan pendidikan matematika. 12(3), 382- 398. https://doi.org/10.26877/aks.v12i3.8462

Giriansyah, F. E., et al (2022). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. 7(1), 751- 765.

Hermawan, V., et al (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Pembelajaran Student Achievemen Divisons (Stad). Journal Of Research In Mathematic Learning And Education. 6(1), 71-81. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515

Khoerunnisa, P., & Aqwal, M.S. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1), 1-27. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Kurniawan, D & Sabaruddin. (2023). Analisis Perbandingan Penerapan Model PjBL (Project based learning) dengan PBL (Problem based learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. Journal of Education Sciences and Teacher Training. 12(1), 1-12 http://dx.doi.org/10.22373/ji.v12i2.22029

Nata, I.G & Sujana. (2020). Efektivitas Model Project based learning Berbasis Tri Kaya Parisudha dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS. Thinking Skills and Creativity Journal. 3(2), 91-98. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.27418

Nurhakim, et al. (2020). Perbandingan Model Project based learning Dan Problem based learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mata Pelajaran Geografi Di Sma N 4 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Sosial. 7(1), 121- 129.

https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1573

Rahayu, et al. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berbantuan Media Schoology. Jurnal Derivat. 7(1), 39-45. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i1.863

Sawaludin, et al. (2022). Metode Dan Model Pembelajaran. Yayasan Hamjah Diha.

Suprijono, A.(2020). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Sutrisna, G. B., et al. (2020). Model Project based learning Berlandaskan Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Jurnal Adat Dan Budaya. 1(2), 84- 93. 10.23887/jabi.v2i2.28898

Syarifah, L.L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman mAatematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 10(2), 57-71. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031

Widiawati, Y., et al. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning Berbantuan Edugame Interaktif Nearpod Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JURRIMIPA. 1(2), 12-25. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.354




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.16398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.