PERBEDAAN KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Aulia, L & Budiarti, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Journal Of Elementary School Education. 2(1), 105- 109. https://doi.org/10.52657/jouese.v2i1.1628
Darwanto. (2019). Hard Skills Matematis Siswa (Pengertian Dan Indikatornya). Jurnal Eksponen. 991), 21-27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.129
Firdaus, A. A., et al.(2021). Kemampuan Berpikir Kreatif pada Model Learning Cycle 5E Ditinjau dari Metakognisi Siswa. Jurnal matematika dan pendidikan matematika. 12(3), 382- 398. https://doi.org/10.26877/aks.v12i3.8462
Giriansyah, F. E., et al (2022). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. 7(1), 751- 765.
Hermawan, V., et al (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Pembelajaran Student Achievemen Divisons (Stad). Journal Of Research In Mathematic Learning And Education. 6(1), 71-81. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515
Khoerunnisa, P., & Aqwal, M.S. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1), 1-27. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Kurniawan, D & Sabaruddin. (2023). Analisis Perbandingan Penerapan Model PjBL (Project based learning) dengan PBL (Problem based learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. Journal of Education Sciences and Teacher Training. 12(1), 1-12 http://dx.doi.org/10.22373/ji.v12i2.22029
Nata, I.G & Sujana. (2020). Efektivitas Model Project based learning Berbasis Tri Kaya Parisudha dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS. Thinking Skills and Creativity Journal. 3(2), 91-98. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.27418
Nurhakim, et al. (2020). Perbandingan Model Project based learning Dan Problem based learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mata Pelajaran Geografi Di Sma N 4 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Sosial. 7(1), 121- 129.
https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1573
Rahayu, et al. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berbantuan Media Schoology. Jurnal Derivat. 7(1), 39-45. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i1.863
Sawaludin, et al. (2022). Metode Dan Model Pembelajaran. Yayasan Hamjah Diha.
Suprijono, A.(2020). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Sutrisna, G. B., et al. (2020). Model Project based learning Berlandaskan Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Jurnal Adat Dan Budaya. 1(2), 84- 93. 10.23887/jabi.v2i2.28898
Syarifah, L.L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman mAatematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 10(2), 57-71. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031
Widiawati, Y., et al. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning Berbantuan Edugame Interaktif Nearpod Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JURRIMIPA. 1(2), 12-25. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.354
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.16398
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.