PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Nurul Huda Hafizah, Susda Heleni, Rini Dian Anggraini

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) peserta didik rendah, sedangkan KPMM penting dikuasai peserta didik dalam belajar matematika. Maka sebab itu, tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah  menghasilkan perangkat pembelajaran pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk memfasilitasi KPMM peserta didik kelas VIII SMP. Dalam uji coba penelitian melibatkan subjek dengan total 9 orang peserta didik SMPN 1 Gunung Sahilan kelas VIII A. Dalam pengumpulan data, instrumen yang dibutuhkan terbagi atas instrumen kevalidan dan instrumen kepraktisan dengan memanfaatkan teknik wawancara, observasi, uji kevalidan perangkat pembelajaran dan uji coba LKPD. Hasil penelitian ditemukan bahwa perangkat pembelajaran tergolong sangat valid dengan rataan silabus yaitu 3,91; rataan RPP yaitu 3,89; dan rataan LKPD 3,70. Sementara itu, LKPD juga tergolong sangat praktis dalam uji coba kelompok kecil dengan rataan 3,84 dan dalam uji coba kelompok besar dengan rataan 3,73. Dengan demikian, LKPD yang dihasilkan sudah mencapai persyaratan valid dan praktis.

Keywords


Problem Based Learning; Perangkat Pembelajaran; Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

References


Adhyan, A.R., & Sutirna. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(2), 451-462. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10289

Ananda, R., & Amry, Z. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Stabat. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 3(1), 366-384. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v3i1.2543

Arbie, A., dkk. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning-Problem Solving Berbantuan Whatsapp dan Zoom Meeting pada Pembelajaran Daring. Orbita, 7(2), 394-399.

Azzahra, T. S., dkk. (2023). Analisis Perkembangan Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Matematika. Wilangan, 4(1), 27-33. http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i1.13430

Fahmidani, Y., Andayani,Y., Srikandijana, J., & Purwoko, A.A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Media Lembar Kerja Terhadap Hasil Belajar Peserta didik SMA. Jurnalfkip.unram, 2(1), 1-5. https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1120

Guswinda, Yuanita, P., & Hutapea, N.M. (2019). Improvement of Mathematical Problem Solving and Disposition Ability of MTs Students through StrategiesThink Talk Write in Cooperative Learning in Kuantan Singingi Regency. Journal of Educational Sciences 3(3), 77–89. http://dx.doi.org/10.31258/jes.3.3.p.377-389

Hidayat, A., Sa’dijah, C., & Sulandra, I. M. (2019). Proses Berpikir Siswa Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 923-937. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12634

Layali, N. K., & Masri. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia, 6(2), 137-144. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11448

Junitasari, Roza, Y., & Yuanita, P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Core Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 44–58. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.415

Novianti, E., Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1) 65-73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12

Nuraini, Maimunah & Roza, Y. (2020). Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 799-808. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2957

Ruslan & Anwar, Z. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. e-journal Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(2), 92–104. https://doi.org/10.33506/jq.v8i2.770

Rusman. (2021). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sahid & Bernard. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terbuka dalam Pembelajaran Kalkulus. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika and Pendidikan Matematika, 7(2), 680-686.

Sari, K., Goretty, M., Ariyanto, L., & Purwati, H. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra. Jurnal Eksponen.13(1), 25-36.

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335-344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1830

Syahril, R.F., Maimunah, & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 78-90. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.15320

Ulandari, L., Amry, Z., & Saragih, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Efikasi Diri Siswa. Jurnal Elektronik Internasional Pendidikan Matematika, 14(2), 375-383.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.16388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.