PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Adhyan, A.R., & Sutirna. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(2), 451-462. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10289
Ananda, R., & Amry, Z. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Stabat. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 3(1), 366-384. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v3i1.2543
Arbie, A., dkk. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning-Problem Solving Berbantuan Whatsapp dan Zoom Meeting pada Pembelajaran Daring. Orbita, 7(2), 394-399.
Azzahra, T. S., dkk. (2023). Analisis Perkembangan Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Matematika. Wilangan, 4(1), 27-33. http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i1.13430
Fahmidani, Y., Andayani,Y., Srikandijana, J., & Purwoko, A.A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Media Lembar Kerja Terhadap Hasil Belajar Peserta didik SMA. Jurnalfkip.unram, 2(1), 1-5. https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1120
Guswinda, Yuanita, P., & Hutapea, N.M. (2019). Improvement of Mathematical Problem Solving and Disposition Ability of MTs Students through StrategiesThink Talk Write in Cooperative Learning in Kuantan Singingi Regency. Journal of Educational Sciences 3(3), 77–89. http://dx.doi.org/10.31258/jes.3.3.p.377-389
Hidayat, A., Sa’dijah, C., & Sulandra, I. M. (2019). Proses Berpikir Siswa Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 923-937. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12634
Layali, N. K., & Masri. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia, 6(2), 137-144. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11448
Junitasari, Roza, Y., & Yuanita, P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Core Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 44–58. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.415
Novianti, E., Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1) 65-73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12
Nuraini, Maimunah & Roza, Y. (2020). Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 799-808. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2957
Ruslan & Anwar, Z. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. e-journal Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(2), 92–104. https://doi.org/10.33506/jq.v8i2.770
Rusman. (2021). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sahid & Bernard. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terbuka dalam Pembelajaran Kalkulus. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika and Pendidikan Matematika, 7(2), 680-686.
Sari, K., Goretty, M., Ariyanto, L., & Purwati, H. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra. Jurnal Eksponen.13(1), 25-36.
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335-344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1830
Syahril, R.F., Maimunah, & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 78-90. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.15320
Ulandari, L., Amry, Z., & Saragih, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Efikasi Diri Siswa. Jurnal Elektronik Internasional Pendidikan Matematika, 14(2), 375-383.
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.16388
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.