ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN E-LKPD MATEMATIKA BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK

Moh. Alwi Andiansyah Saputra, Nurul Husnah Mustika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) matematika bernuansa etnomatematika berorientasi pada motivasi belajar siwa pada jenjang pendidikan kejuruan. Studi ini didasarkan pada banyaknya manfaat bahan ajar digital daripada LKPD konvensional. Subjek pada penelitian ini adalah 19 siswa kelas XI SMK Gondang Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2023/2024 dan dua guru yang mengajar matematika di sekolah tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk memperoleh tanggapan siswa mengenai kebutuhan E-LKPD dan wawancara dengan salah satu guru sebagai data pendukung deskriptif untuk memverifikasi kesesuaian penilaian bahan ajar terhadap respons siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa memberikan respons positif terhadap pengembangan E-LKPD. Siswa menunjukkan antusiasme yang besar terhadap konsep etnomatematika, yang mengaitkan materi matematika dengan budaya lokal, yang dianggap lebih menarik dan relevan. Para guru juga mendukung pengembangan E-LKPD yang berfokus pada etnomatematika, karena pendekatan ini dapat menghubungkan teori dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, format elektronik E-LKPD memberikan interaktivitas yang lebih baik dan mendukung proses pembelajaran yang lebih dinamis, menjadikan pembelajaran matematika lebih menyenangkan dan mudah dipahami.


Keywords


Pengembangan Bahan Ajar; E-LKPD; Etnomatematika; Motivasi Belajar

References


Amalia, D., Zaini, M., & Halang, B. (2022). Kualitas E-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik) Konsep Plantae Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Jenjang SMA. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v2i1.4768

Aprilia, D., & Mustika, J. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis etnomatematika di smp negeri 1 sukadana. Jurnal Pendidikan Matematikaikan Dan Matematika, 5(2), 10–16. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/8375

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-Lkpd dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Jurnal Sinasis: Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

Asrori, A., & Suparman, S. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD Sesuai Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosiding Sendika, 5(1).

Caesavitri, A., Marsitin, R., & Yuwono, T. (2023). Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-Lkpd) Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(1), 58–70. https://doi.org/10.33503/prismatika.v6i1.3700

Fatmawati, I., & Umi Hanik. (2024). Penerapan Modul Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kearifan Lokal Tradisi Nyadran Sidoarjo. Jurnal Basicedu, 8(1), 806–814. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7189

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbantuan Liveworksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Conference of Elementary Studies, 140–149.

Hafsah, N. R., Rohendi, D., & Purnawan, P. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Modul Elektronik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 106. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3200

Juliantini, L. S., Jampel, I. N., & Sujendra Diputra, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD. Thinking Skills and Creativity Journal. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24304

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Khotimah, S. K., Yasa, A. D., & ... (2020). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kelas V SD. Prosiding Seminar …, 4, 401–408. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/500%0Ahttps://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/download/500/402

Kiranasari, S. P., & Suparni. (2023). Etnomatematika: Jajanan Pasar Daerah Purworejo Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 541–550. https://doi.org/10.59098/mega.v4i1.825

Muyassaroh, I., & Dewi, P. (2021). Etnomatematika: Strategi Melahirkan Generasi Literat Matematika Melalui Budaya Lokal Yogyakarta. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(01), 1–12. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v2i01.810

Muzakkir, M. (2021). Pendekatan Etnopedagogi Sebagai Media Pelestarian Kearifan Lokal. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(2), 28–39. https://doi.org/10.56806/jh.v2i2.16

Nalim, Wardono, Waluya, B., Fahmi, A. F. R., Shinta, D., Albab, U., & Ramadhina, M. Z. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Arsitektur Masjid Agung Nurul Kalam Pemalang. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 587–595. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/3008/2472

Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.604

Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327–338. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.905

Paputungan, D., Ondeng, S., & Arif, M. (2024). Konsep, Prinsip, Tujuan, Dan Manfaat Pengembangan Bahan Ajar PAI. Journal of Islamic Education Manajemet Research, 3(1), 35–44. http://nafimubarokdawam.blogspot.com/2013/04/pengembangan-bahan-ajar-pai-disekolah.html?m=1

Putra, K. D. P., Wibawa, K. A., & Noviantari, P. S. (2024). Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change And Relationship Kadek. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 105–114. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i2.7864

Raihan, S., Haryono, & Ahmadi, F. (2018). Development of Scientific Learning E-Book Using 3D Pageflip Professional Program. Innovative Journal Of Curriculum and Educational Technology, 7(1), 7–14.

Safitri, A. W. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Budaya Lokal Indonesia Pada Rumah Adat Joglo Di Desa Dasri Kabupaten Banyuwangi. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 169–183. https://doi.org/10.26618/sigma.v15i2.11769

Shabira, N., & Andhany, E. (2023). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Euclid, 10(1), 147–165. https://doi.org/10.33603/e.v10i1.8532

Siregar, T., Hilda, L., Suparni, A. N. R., & Siregar, Y. P. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia 2, 3, 4UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia 5Universitas Aufa Royhan Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.

Solihin, A., & Rahmawati, I. (2024). Kartu Eksplorasi Etnomatematika-QR Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(1), 64–79. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p64-79

Sukhoiri, M. S. S., Munthe, N. A. B., SK, L. A. W. R. J. S. J. T., Sinaga, E. A. L. J. A. B., & Herman, A. R. S. I. S. N. F. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif. PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Surya Ibrahim, S., Napfiah, S., & Budi Utomo, I. (2023). Studi Etnomatematika: Bangun Datar Pada Motif Seni Rumah Budaya Sumba. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 102–111.

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233

Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Topik: Analisis Data Dan Pengecekan Keabsahan Data. INA-Rxiv, 1–22. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/3w6qs

Syafruddin, I. S., Khaerunnisa, E., & Rafianti, I. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3214–3227. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1727

Utami, D. N., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Istana Kerajaan Rokan IV Koto. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 919–936. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2214




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.