PENGEMBANGAN APLIKASI LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IX MATERI PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR

Abd Rozid, Rufi'i Rufi'i, Ujang Rohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media cetak lembar kerja peserta didik menjadi media yang interaktif berupa elektronik lembar kerja peserta didik (E-LKPD) berbantuan aplikasi web Liveworksheets pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengam model ADDIE yang teridiri dari beberapa tahap: (1) Analisis (analyze), (2) Perencanaan (design), (3) Pengembangan (development), (4) Penerapan (implementation), (5) Penilaian (evaluation). Hasil analisis dari ahli media memperoleh persentase Hasil analisis data dari validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 91,07% dengan kriteria sangat valid dan hasil analisis data dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 92,08% dengan kriteria sangat valid. Hasil analisis data angket respon siswa memperoleh skor rata-rata dari tiga aspek meliputi; (1) aspek isi materi sajian memperoleh 91%, (2) aspek kemudana 92%, (3) aspek kejelasan pesan yang disampaikan 91%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media E-LKPD berbasis aplikasi liveworksheets yang dikembangkan memperoleh kategori “sangat menarik”. Dengan demikian media E-LKPD yang dikembangkan melalui aplikasi liveworksheets sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


Liveworksheets; E-LKPD; Perpangkatan; Hasil Belajar

References


Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241

Arisandi, S. N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Liveworksheets Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Konsep Mol. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(3), 306-316. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i3.1361

Asnawi, H. A., Maharani, S., & Setyansah, R. K. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheets Pada Materi Bilangan Berpangkat Untuk Kelas IX SMP/MTS di Kabupaten Madiun. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 5661-5671. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12009

Charda Eben Haezer, O., & Danu Rusmawati, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis E-Lkpd Interaktif Menggunakan Software Liveworksheets Pada Materi Matriks Di Kelas Xi Sman 1 Purwosari. Media Bina Ilmiah, 18(5), 1237-1248. https://doi.org/10.33758/mbi.v18i5.534

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468-468.

Efliana, R., & Azhar, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terstruktur Kelas XI SMA. Edukimia, 1(2), 53-60

Fatkhur, R. E., & Candra, H. R. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet untuk Memfasilitasi Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Peluang Kelas VIII SMP. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 4(2), 2024. https://doi.org/10.55868/jeid.v4i2.346

Hariyati D.P., & Rachmadyanti P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 10(7), 1473-1483.

Kurnia, A. W., & Azhar, M. (2023). Pengembangan LKPD Materi Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terstruktur Pada Liveworksheet Untuk Fase F SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16582-16588. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9004

Nianti, R. E., Haryati, S., & Herdini, H. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Berbantuan Liveworksheets Pada Pokok Bahasan Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 7(1), 34-41. https://doi.org/10.33578/jpk-unri.v7i1.7813

Praherdhiono, H,. Setyosari, P., & Degeng., I. N. S., (2019), Teori Dan Implementasi Teknologi Pendidikan (Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0), Malang, CV. Seribu Bintang.

Rahmawati, E., Kaspul, K., & Zaini, M. (2022). Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis Liveworksheet Konsep Sistem Sirkulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis SMA. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i1.6

Ramdani, R., Muslimin, N. A., & Husein, H. (2022). Pengaruh Liveworksheets Dalam Model PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Barru: Studi Pada Materi Pokok Larutan Penyangga. Edutech: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(3), 243-251. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i3.1471

Renostini, H. A. (2023). Pengembangan Lembar Peserta Didik Ipa Berbasis Inkuiri Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Nias, 1(1). https://ojs.unias.ac.id/index.php/gb

Santoso, G., Yulia, P., & Rusliah, N. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Geometri Dan Pengukuran. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 165-172. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i2.2674

Sugiyono, (2019), Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Yulia, P., & Navia, Y. (2017). Hubungan Disiplin Belajar Dan Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pythagoras, 6(2), 100–105. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.905




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.