PERSEPSI GURU TERHADAP PENGGUNAAN ASESMEN FORMATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SPLDV DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Linda Ramadhanty Januar, Sahrul Muzekki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi guru terhadap penggunaan asesmen formatif dalam pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Asesmen formatif dianggap sebagai alat penting yang memungkinkan guru memantau kemajuan belajar siswa, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan menyesuaikan strategi pengajaran sesuai kebutuhan siswa. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan dari wawancara semi terstruktur dengan tiga guru matematika dari tiga SMP di Sampang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pemahaman yang baik mengenai konsep asesmen formatif dan menggunakan berbagai metode untuk implementasinya, meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu dan beban kerja yang tinggi. Para guru melaporkan bahwa asesmen formatif memiliki pengaruh positif terhadap partisipasi dan pemahaman siswa. Penelitian ini menggarisbawahi perlunya dukungan tambahan dan pelatihan bagi guru untuk meningkatkan efektivitas asesmen formatif dalam pembelajaran matematika, dengan tujuan akhir meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


asesmen formatif; pembelajaran matematika; persepsi guru Sekolah Menengah Pertama; umpan balik

References


Alotabi, K. A. (2014). Student Assessment Strategies in Saudi Arabia: A Case Study of Pre and Post Classroom Practices. Literacy Information and Computer Education Journal, Special 3(1), 1758–1763. https://doi.org/10.20533/licej.2040.2589.2014.0234

Alsubaiai, H. S. M. (2021). Teachers’ Perception towards Formative Assessment in Saudi Universities’ Context: A Review of Literature. English Language Teaching, 14(7), 107. https://doi.org/10.5539/elt.v14n7p107

Asare, E. (2020). Basic teachers’ perceptions and practices of formative assessment in the cape coast metropolis of ghana. Jaepr, 5(1), 177–187.

Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and classroom learning. In International Journal of Phytoremediation (Vol. 21, Issue 1). https://doi.org/10.1080/0969595980050102

Black, & William. (2004). Assessment for Learning in the Classroom.

Brookhart, S. M. (2008). How to give effective feedback to your students. Alexandria, VA: ASCD.

Carless, D. (2007). Learning-oriented assessment: Conceptual bases and practical implications. Innovations in Education and Teaching International, 44(1), 57–66. https://doi.org/10.1080/14703290601081332

Frankel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). HOW TO DESIGN AND EVALUATE RESEARCH IN EDUCATION.

Heritage, M. (2010). Formative assessment: Making it happen in the classroom. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Huinker, D., & Freckmann, J. (2009). Linking principles of formative assessment to classroom practice. Wisconsin Teacher of Mathematicvs, 60, 6–11. papers3://publication/uuid/570E9425-CD25-4EB4-A2E1-DA50856694AB

Karim, B. H. H. (2015). International Journal of Humanities Social Sciences and Education ( IJHSSE ) The Impact of Teachers ’ Beliefs and Perceptions about Formative Assessment in the University ESL Class. International Journal of Humanities Social Sciences and Evaluation (IJHSSE), 2(3), 108–115.

Laila M.K, P. Z. (2014). Peran Penilaian Formatif terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa, Sebuah Tinjauan Pustaka. Syifa’ MEDIKA: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 5(1), 56. https://doi.org/10.32502/sm.v5i1.1424

McNeill, H., & Polly, D. (2023). Exploring Primary Grades Teachers’ Perceptions of Their Students’ Mathematics Self-Efficacy and How They Differentiate Instruction. Early Childhood Education Journal, 51(1), 79–88. https://doi.org/10.1007/s10643-021-01281-3

McTighe, J., Wiggins, G., Warso, A. W. D. D., Zahroh, S. H., Parno, Mufti, N., & Anggraena, Y. (2017). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 123.

Morris, J. G. (2022). Uses of Educational Technology for Formative Evaluation. Journal of Educational Television, 1(2), 26–27. https://doi.org/10.1080/1358165750010212

Sach, E. (2012). Teachers and testing: An investigation into teachers’ perceptions of formative assessment. Educational Studies, 38(3), 261–276. https://doi.org/10.1080/03055698.2011.598684

Wiliam, D. (2011). Embedded formative assessment. Bloomington, IN: Solution Tree Press.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.