PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMPN 1 TANJUNGSIANG

M Nuur'aini Sholihat, Mimih Aminah, Deden Sukmana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis khususnya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjungsiang. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis pada siswa yang memperoleh model PjBL dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan koneksi matematis dalam bentuk uraian. Populasi penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjungsiang yang seluruhnya terdiri dari 8 kelas, kemudian diambil dua kelas sampel yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh t_hitung yaitu 6,7627 dan t_tabel yaitu 1,9944. Hal ini menunjukan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis pada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model PjBL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Keywords


pembelajaran berbasis proyek; kemampuan koneksi matematis; PjBL

Full Text:

PDF

References


Danuri, & Astari, B. F. (2023). Literasi Matematika Ditinjau dari Koneksi Matematis pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Inklusi 03 Brosot. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 16–23. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2953

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Penerbit Gava Media.

Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, Volume 01 No 02, 48-60.

Fatunnisa, S. H., & Fitri, H. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII.4 SMP N 12 X 11 Kayutanam. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 2 , 148-160.

Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Herawati, E. (2017). Pembelajaran Statistika Melalui Project Based Learning Dengan Bantuan Microsoft Excel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Viii D Smpn Unggulan Sindang Indramayu. MATHLINE Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol.2 No. 1, 29-44.

Hewi, L. & Shaleh, M. (2018). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi

Hulukati, E., Achmad, N., & Bau, M. A. (2021). Deskripsi Penggunaan Media E-Learning dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION, Vol. 2, No. 1, 21-27.

Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 9, Nomor 3, 499-510.

Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Numeracy, Vol.5, No.2, 226-235.

Kurniawati, I., & Mandasari, N. (2023). Penerapan Model CTL pada Mata Kuliah Konsep Dasar Geometri dan Pengukuran Dalam Meningkatkan Koneksi Matematika Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 60–67. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.1.60-67

Mandur, K., Sadra, I. W., & Suparta, I. N. (2013). Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, Dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Swasta Di Kabupaten Manggarai. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2 Tahun 2013.

Manurung, M. R., Herawaty, S., Sormin, B., Novita, L., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis VIII SMPN 1 Simanindo. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 444–453. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.871

Meltzer, D. E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Mokambu, F. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 4 Talaga Jaya. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 56–62. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1051

Mone, P. S., Nenohai, J. M. H., & Samo, D. D. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 12–24. https://doi.org/10.35508/fractal.v3i1.5602

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I: What Students Know And Can DO). OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Permatasari, R., & Nuraeni, R. (2021). Kesulitan Belajar Siswa SMP mengenai Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. , 1(1), 145–156. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1033

Purnomo, B. W., & Sari, A. F. (2021). Literasi Matematika Siswa IPS dalam Menyelesaikan Soal PISA Konteks Saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 10, Nomor 3.

Puspitasari, & Ratu, N. (2019). Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Konten Space and Shape. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 8, Nomor 1, 155-166.

Putri, H. E., Muqodas, I., Wahyudy, M. A., Abdulloh, A., Sasqia, A. S., & Afita, L. A. N. (2020). Kemampuan-Kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya (H. E. Putri, I. Muqodas, M. A. Wahyudy, A. Abdulloh, A. S. Sasqia, & L. A. N. Afita, Eds.). UPI Sumedang Press.

Saragih, S. A., Panjaitan, S. M., Sitepu, C. P. K., & Pangaribuan, L. R. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Literasi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipispis T.A 2022/2023. Journal of Social Science Research, 3(2), 8644–8660. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1423

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Tindakan. Alfabeta.

Tresnawati, L., & Aini, I. N. (2022). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.951-958

Ulfa, F. K. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis dan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Model Brain-Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 6(2), 106–116. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5537

Yuliani, R., Praja, E. S., & Noto, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Elemen, 4(2), 131. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.478

Yusuf, A. A., Bito, N., Nurwan, N., & Zakaria, P. (2022). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.11028




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.15025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 M Nuur'aini Sholihat, Mimih Aminah, Deden Sukmana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.