PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMPN 1 TANJUNGSIANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Danuri, & Astari, B. F. (2023). Literasi Matematika Ditinjau dari Koneksi Matematis pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Inklusi 03 Brosot. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 16–23. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2953
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Penerbit Gava Media.
Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, Volume 01 No 02, 48-60.
Fatunnisa, S. H., & Fitri, H. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII.4 SMP N 12 X 11 Kayutanam. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 2 , 148-160.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Herawati, E. (2017). Pembelajaran Statistika Melalui Project Based Learning Dengan Bantuan Microsoft Excel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Viii D Smpn Unggulan Sindang Indramayu. MATHLINE Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol.2 No. 1, 29-44.
Hewi, L. & Shaleh, M. (2018). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi
Hulukati, E., Achmad, N., & Bau, M. A. (2021). Deskripsi Penggunaan Media E-Learning dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION, Vol. 2, No. 1, 21-27.
Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 9, Nomor 3, 499-510.
Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Numeracy, Vol.5, No.2, 226-235.
Kurniawati, I., & Mandasari, N. (2023). Penerapan Model CTL pada Mata Kuliah Konsep Dasar Geometri dan Pengukuran Dalam Meningkatkan Koneksi Matematika Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 60–67. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.1.60-67
Mandur, K., Sadra, I. W., & Suparta, I. N. (2013). Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, Dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Swasta Di Kabupaten Manggarai. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2 Tahun 2013.
Manurung, M. R., Herawaty, S., Sormin, B., Novita, L., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis VIII SMPN 1 Simanindo. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 444–453. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.871
Meltzer, D. E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215
Mokambu, F. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 4 Talaga Jaya. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 56–62. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1051
Mone, P. S., Nenohai, J. M. H., & Samo, D. D. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 12–24. https://doi.org/10.35508/fractal.v3i1.5602
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I: What Students Know And Can DO). OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Permatasari, R., & Nuraeni, R. (2021). Kesulitan Belajar Siswa SMP mengenai Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. , 1(1), 145–156. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1033
Purnomo, B. W., & Sari, A. F. (2021). Literasi Matematika Siswa IPS dalam Menyelesaikan Soal PISA Konteks Saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 10, Nomor 3.
Puspitasari, & Ratu, N. (2019). Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Konten Space and Shape. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 8, Nomor 1, 155-166.
Putri, H. E., Muqodas, I., Wahyudy, M. A., Abdulloh, A., Sasqia, A. S., & Afita, L. A. N. (2020). Kemampuan-Kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya (H. E. Putri, I. Muqodas, M. A. Wahyudy, A. Abdulloh, A. S. Sasqia, & L. A. N. Afita, Eds.). UPI Sumedang Press.
Saragih, S. A., Panjaitan, S. M., Sitepu, C. P. K., & Pangaribuan, L. R. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Literasi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipispis T.A 2022/2023. Journal of Social Science Research, 3(2), 8644–8660. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1423
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Tindakan. Alfabeta.
Tresnawati, L., & Aini, I. N. (2022). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.951-958
Ulfa, F. K. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis dan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Model Brain-Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 6(2), 106–116. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5537
Yuliani, R., Praja, E. S., & Noto, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Elemen, 4(2), 131. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.478
Yusuf, A. A., Bito, N., Nurwan, N., & Zakaria, P. (2022). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.11028
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.15025
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 M Nuur'aini Sholihat, Mimih Aminah, Deden Sukmana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.