EVALUASI EFEKTIVITAS PROGRAM PENDIDIKAN MATEMATIKA INKLUSI DENGAN ALAT PERAGA BAGI SISWA TUNANETRA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program-program yang telah diterapkan pada pendidikan matematika inklusi khususnya pada siswa tuna netra, meliputi penilaian terhadap pencapaian pembelajaran matematika, tingkat keterlibatan siswa, dan dampak positif program terhadap pemahaman dan kemandirian siswa tunanetra. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode tinjau literatur yang mengkaji beberapa artikel ilmiah yang bersumber dari google cendekia dengan konsep yang digunakan adalah konsep Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA). Penelitian ini mengkaji sepuluh artikel ilmiah terakreditasi yang diterbitkan antara tahun 2019 dan 2024. Analisis artikel ilmiah dari Google Scholar menunjukkan bahwa program inklusi membutuhkan media pembelajaran yang efektif, seperti BARUSIDA, Mantera, dan Hicah, untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematika yang abstrak. Tantangan implementasi termasuk ketersediaan sumber daya, pelatihan guru, dan penyesuaian alat peraga sesuai kurikulum. Evaluasi menunjukkan bahwa alat peraga ini meningkatkan keaktifan, motivasi, dan hasil belajar siswa. Rekomendasi termasuk penggunaan alat peraga dalam pembelajaran sehari-hari, inovasi media taktil, dan pengembangan alat peraga teknologi seperti Arduino dan 3D printing. Pendidikan inklusi yang efektif memerlukan dukungan berkelanjutan dalam sumber daya, pelatihan, dan inovasi media pembelajaran untuk memastikan pencapaian akademis yang setara bagi semua siswa.
Keywords
References
Afrita Yeni, S. H. (2020). Studi Literatur: Stimulasi Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Permainan Menguraikan Kataditamankanak-Kanak Alwidjarpadang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 608–616.
Arfandi, M., Sulasminah, D., & Syamsuddin, S. (2023). Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hija’iyyah Braille pada Siswa Tunanetra di SLB-A Yapti Makassar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 735–759. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1621
Arianti, A., Alpian, B., Al Fharezi, M. G., Putra, M. A. T., Priti, P., & Hermawan, R. (2023). Pemanfaatan Objek 3D Printing Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Arduino Untuk Siswa Penyandang Tunanetra. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 549–566. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-11
Babai, R., & Lahav, O. (2020). Interference in geometry among people who are blind. Research in Developmental Disabilities, 96, 103517. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2019.103517
Balkist, P. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Tunanetra di Kelas Inklusif pada Materi Trigonometri. Universal Journal of Mathematics and Education Studies (UJMES), 5(1), 1–10.
Citradevi, C. P. (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 270–275. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.525
Dewi, A. S., Isnani, I., & Ahmadi, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Stad Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Sikap Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JIPMat, 4(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3509
Fadhlina Harisnur, & Suriana. (2022). Pendekatan, Strategi, Metode dan teknik Dalam Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 20–31. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.440
HN, W., Al-Usrah, M., & Dewa, Y. I. (2023). Development of HICAH Learning Media (Count Fractions) for Blind Students in Makassar. Journal of ICSAR, 7(1), 10. https://doi.org/10.17977/um005v7i12023p10
Ilmi, S. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Tunanetra pada Pelajaran Ekonomi di SMA Kertajaya Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(2), 72–76. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n2.p72-76
Jagom, Y. O., Uskono, I. V, & Fernandez, A. J. (2020). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Sebagai Media Pembelajaran Di SD Oebola Di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Abdidas, 1(5), 339–344. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i5.73
Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 210. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457
Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 8(1), 11. https://doi.org/10.30872/jbssb.v8i1.14072
Nashiruddin, M., Triyanto, T., & Nurhasanah, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Adaptif (BARUSIDA) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Tunanetra di Sekolah Inklusi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(3), 17–35. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i3.39328
Ni Wayan Sutamin. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Small Group Work (Sgw) Dengan Media Audio Visual Untukmeningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2615–6091.
Permatasari, D. (2022). Learning Assistance For Blind Students to Improve Mathematical Ability. The Spirit Of Society Journal, 6(1), 32–38. https://doi.org/10.29138/scj.v6i1.1881
Putri, S. (2021, July). PEDOMAN PRAKTIS PENYUSUNAN NASKAH ILMIAH DENGAN METODE SYSTEMATIC REVIEW. Diambil kembali dari https://www.researchgate.net/publication/352981861_PEDOMAN_PRAKTIS_PENYUSUNAN_NASKAH_ILMIAH_DENGAN_METODE_SYSTEMATIC_REVIEW?enrichId=rgreq-d9c839dc50d72dd1c2ab0fbe98fa2f41-XXX&enrichSource=Y292ZXJQYWdlOzM1Mjk4MTg2MTtBUzoxMDQxODgyMTk3MDA4Mzg1QDE2MjU0MTU0OD.
Safitri, Y. W. (2018). Metode Direct Learning Berbantuan Kotak Sortasi Terhadap Kemampuan Mengenal Bangun Ruang Pada Anak Tunanetra. Jurnal Pendidikan Khusus , 10(2).
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735–1742. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.992
Susanta, A., Susanto, E., & Rusdi, R. (2021). Pelatihan pembuatan alat peraga matematika kreatif berbahan kertas bekas untuk Guru MI Humairah Kota Bengkulu. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/dr.v19i1.13089
Vania, E. P., & Rizal, Moh. A. S. (2024). Inovasi Pendidikan: Menerapkan Konsep Inklusi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mewujudkan Kemandirian dan Keberagaman Siswa. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.29407/jbsp.v8i1.21511
Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalawman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Semarang: Tiram Media.
Yamomaha Telaumbanua. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga pada Pembelajaran Matematika pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. Jurnal Dharmawangsa, 14(4), 709–722.
Yanto, A. , Yuliati, Y. , & Anjani, T. (2019). Urgensi Pendekatan Matematika Realistik Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 236–248.
Zuhairia, A., Mirza, A., Rustam, R., Suratman, D., & Fitriawan, D. (2023). Pengenalan Konsep Bangun Ruang Pada Peserta Didik Tunanetra Di Slb. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 39–49. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2717
Zulfiati, H. M., Djufri, E., & Ardhian, T. (2021). Pengembangan E-Learning Schoology Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Pgsd Fkip Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(1), 579–592. https://doi.org/10.30738/tc.v5i1.9130
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.15022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.