PROTOTYPE E-MODUL: MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERNUANSA ISLAMI DAN LINGKUNGAN PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS

Sri Purwanti Nasution, Trilisa Alda, Siska Andriani, Arini Alhaq, Ana Risqa JL

Abstract


Pelaksanaan penelitian ditujukan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk modul elektronik berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang bernuansa islami dan lingkungan pada materi koordinat kartesius. Pengembangan e-modul dilaksanakan untuk mengetahui kelayakan produk, kemenarikan produk, dan keefektifan produk yang dirancang sebagai media pembelajaran untuk peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R & D) dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan peserta didik kelas VIII MTs yang dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu kelompok kecil sebanyak 26 peserta didik dan kelompok besar sebanyak 56 peserta didik. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan nilai sebesar 3,56, selanjutnya hasil validasi ahli media mendapatkan nilai sebesar 3,50. Hasil validasi ahli agama pada e-modul ini mendapatkan nilai sebesar 3,50, adapun hasil implementasi pada kelompok kecil mendapatkan hasil sebesar 3,46 sementara pada kelompok besar mendapatkan hasil sebesar 3,27. Uji efektivitas menggunakan effect size mendapatkan hasil sebesar 0,67 dengan kategori “sedang”.

Keywords


E-Modul, Realistic Mathematics Education, Islami, Lingkungan, Koordinat Kartesius

References


Benitha, A., & Novaliyosi, N. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Pada Materi Aljabar Untuk Siswa Kelas Vii Smp/Mts. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(2), 279–286. https://doi.org/10.46306/lb.v3i2.121

Cahyani, N. P. M., Dantes, N., & Ratih, N. W. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 362–370.

Diah Pramesti, S. L., & Oktalia, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i1.3922

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).

Ilyas, M. (2015). Metodologi Pendidikan Matematika. In Pustaka Ramadhan. Pustaka Ramadhan.

Lestari, Y. N., Swistoro, E., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Problem Solving Fisika Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 121–128.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817

Makki, I., & Aflahah. (2019). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran. Duta Media.

Mukhalis. (2014). Penerapan Pendekatan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik SMP Di Makasar. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 170–181.

Nurhamdiah, Maimunah, & Roza, Y. (2020). Praktikalitas Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Nilai Islam Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Pengembangan Karakter Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Nurhasanah, F., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Pengembangan E-Modul Materi Barisan Dan Deret Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 104–117. https://doi.org/10.26618/sigma.v14i2.9320

Rahmawati, H., Karim, & Hidayanto, T. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Budaya Banjar Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP/MTS. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 2(3), 20–30.

Sabila, S., Putri, V. R. S., & Arrsyi, E. N. (2022). Penilaian E-Modul Interaktif Berbasis Sigil Software Pada Materi Pola Draping Rok. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana Dan Boga, 10(2).

Sari, Y. M., Khaidir, C., & Maris, I. M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Yang Berintegrasi Nilai-Nilai Islam Untuk Peserta didik Kelas VIII SMP N 5 Batipuh. Proceeding IAIN Batusangkar, 3(2).

Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Materi IPA Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1516–1525.

Untarti, R., & Sayidan, A. F. (2022). Koneksi Matematis Dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Math - UMD.EDU, 9(3).

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147–156.

Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sri Purwanti Nasution, Trilisa Alda, Siska Andriani, Arini Alhaq, Ana Risqa JL

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.