PROTOTYPE E-MODUL: MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERNUANSA ISLAMI DAN LINGKUNGAN PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Benitha, A., & Novaliyosi, N. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Pada Materi Aljabar Untuk Siswa Kelas Vii Smp/Mts. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(2), 279–286. https://doi.org/10.46306/lb.v3i2.121
Cahyani, N. P. M., Dantes, N., & Ratih, N. W. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 362–370.
Diah Pramesti, S. L., & Oktalia, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i1.3922
Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).
Ilyas, M. (2015). Metodologi Pendidikan Matematika. In Pustaka Ramadhan. Pustaka Ramadhan.
Lestari, Y. N., Swistoro, E., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Problem Solving Fisika Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 121–128.
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817
Makki, I., & Aflahah. (2019). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran. Duta Media.
Mukhalis. (2014). Penerapan Pendekatan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik SMP Di Makasar. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 170–181.
Nurhamdiah, Maimunah, & Roza, Y. (2020). Praktikalitas Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Nilai Islam Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Pengembangan Karakter Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Nurhasanah, F., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Pengembangan E-Modul Materi Barisan Dan Deret Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 104–117. https://doi.org/10.26618/sigma.v14i2.9320
Rahmawati, H., Karim, & Hidayanto, T. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Budaya Banjar Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP/MTS. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 2(3), 20–30.
Sabila, S., Putri, V. R. S., & Arrsyi, E. N. (2022). Penilaian E-Modul Interaktif Berbasis Sigil Software Pada Materi Pola Draping Rok. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana Dan Boga, 10(2).
Sari, Y. M., Khaidir, C., & Maris, I. M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Yang Berintegrasi Nilai-Nilai Islam Untuk Peserta didik Kelas VIII SMP N 5 Batipuh. Proceeding IAIN Batusangkar, 3(2).
Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Materi IPA Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1516–1525.
Untarti, R., & Sayidan, A. F. (2022). Koneksi Matematis Dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Math - UMD.EDU, 9(3).
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147–156.
Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14979
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sri Purwanti Nasution, Trilisa Alda, Siska Andriani, Arini Alhaq, Ana Risqa JL
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.