PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS NILAI KEISLAMAN DAN SITUATION BASED LEARNING

Rizki Wahyu Yunian Putra, Nazwa Nuzul Nur Azmi, Riyama Ambarwati, Nurhasanah Leni, Abi Fadila, Novian Riskiana Dewi

Abstract


Teknologi digital telah membawa perubahan pada dunia pendidikan, e-modul merupakan salah satu jenis teknologi yang digunakan dalam pendidikan. Tujuan penelitian ini ialah guna mengatasi masalah pemahaman peserta didik pada pelajaran matematika dengan membuat e-modul matematika berbasis nilai keislaman dan situation based learning pada materi koordinat kartesius. Subjek penelitian pengembang adalalah peserta didik kelas VIII MTs Al Hikmah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development, model ADDIE ialah model pengembangan yang diterapkan. Metode yang diterapkan untuk mendapatkan data ialah wawancara, tes, angket validasi, dan angket kemenarikan. Hasil uji kelayakan validator ahli materi senilai 3,62, ahli media senilai 3,48, dan ahli agama senilai 3,58. Pada tes kelompok kecil respon peserta didik senilai 3,53 dan pada tes kelompok besar senilai 3,44 dengan kriteria sangat menarik. Hasil uji efektivitas memperoleh skor effect size senilai 0,67 dengan kategori sedang. Maka dapat dinyatakan e-modul matematika berbasis nilai keislaman dan situation based learning layak, sangat menarik, dan cukup efektif diterapkan ketika pembelajaran.


Keywords


E-Modul; ADDIE; situation based learning

References


Afifah, U., Masykur, R., Putra, R. W. Y., & Ambarwati, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bernuansa Islam Dilengkapi Rumus Cepat Materi Aritmatika Sosial. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 59–70. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11330

Apriliyani, R. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Etnomatematika Motif Kain Jarik Khas Jawa Pada Materi Bangun Datar. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 1–10. https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.9591

Ariski, E. T., Putra, R. W. Y., & Alhaq, A. (2023). Pengembangan Modul Matematika Bernuansa Islam dan Lingkungan pada Materi Bilangan Bulat. Journal on Education, 06(1), 5366. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3717

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Damayanti, E., Putra, R. W. Y., Farida, & Ambarwati, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Profesional CS6 Berbasis RME Bernuansa Islami Pada Materi Lingkaran SMP [UIN Raden Intan]. http://repository.radenintan.ac.id/15820/

Dewanti, S. C., & Sholiha, U. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Wordwal ldalam Pembelajaran Matematika pada Materi Koordinat Kartesius di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(3), 65–75. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i3.22260

Feriyanti, N., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019). Pengembangan E-MODUL Matematika Untuk Siswa SD. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research, 6(1), 1–12. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7406/5139

Hikmah, N., & Haqiqi, A. K. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Bentuk Aljabar. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 125–140. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3438

Irma. (2022). Fasilitasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengelolaan Kelas Di Mts Pesantren Daarul Hikmah Sei Alim Hasak Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan. Riyadhah Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 47. https://jurnal.staini.ac.id/index.php/riyadhah/article/view/4

Larawati, I., Isrok’atun, & Gusrayani, D. (2016). Penerapan Model Situation-Based Learning Pada Materi Sifatsifat Dan Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana Di Kelas IV SDN Paseh 1 Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 71–80.

Rahmawati, A., & Rizki, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Nilai-Nilai Islam Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Aksioma Pendidikan Matematika, 6(1), 81–88.

Ramdan, M., Hanifah, N., & Isrokatun, I. (2019). Situation-based Learning Model Implementation through Thematic Learning as an Effort to Improve the Primary School Students’ CPS Ability. Mimbar Sekolah Dasar, 6(3), 304–316. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i3.19075

Roikha, A., Khikmiyah, F., & Zawawi, I. (2023). Pengembangan Learning Management System Berbasis Moodle Model Pembelajaran Icare Pada Materi Aritmetika Sosial. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 116–126. https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.11072

Sugiharni, G. A. D. (2018). Pengembangan Modul Matematika Diskrit Berbentuk Digital Dengan Pola Pendistribusian Asynchronous Menggunakan Teknologi Open Source. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(1), 58–72. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12667

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Turnip, R. F., Rufi’i, & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(2), 486–498. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/11057

Wakka, A. (2020). Petunjuk Al-Qur’an Tentang Belajar Dan Pembelajaran. Education and Learning Journal, 1(1), 82–92. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.43

Yerizon, Y., & Marinda, D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis SBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 5(1), 64–79. https://doi.org/10.30659/kontinu.5.1.64-79




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nazwa Nuzul Nur Azmi, Riyama Ambarwati, Nurhasanah Leni, Abi Fadila, Novian Riskiana Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.