PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.
Ariyani, O. W., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160.
Dewi, I. (2015). Komunikasi Matematis Sebagai Alat untuk Menyuarakan Pemikiran Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Terapan, 1(1), 140–146.
Faiqotul, S. (2019). Upaya Pengembangan untuk Capaian Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 589–596.
Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY (Pp. 597-602)., 597–602.
Hartati, E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Pada Konsep Tekanan. EDUCATOR, 2(1), 47–55.
Hartini, S., & Ratnaningsih, N. (2014). Implementasi Model Problem Based Learning Pengaruhnya Terhadap Kecemasan Peserta Didik , Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematik. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 161–169.
Hayati, M., Nurmawanti, I., & Makki, M. (2023). Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan. EDUCATIO, 9(4), 2036–2042. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5795
Hidayanti, R., & Syahri, A. A. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER PADA SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 2 LABAKKANG. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 71–80.
Lisdiawati, E. (2021). UPAYA PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENDIDIKAN NASIONAL DIMASA PANDEMI COVID-19. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 22–33.
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., & Lestariningsih, N. D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Insight Mediatama. Insight Mediatama.
Nababan, S. A. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Jurnal Genta Mulia, XI(1), 6–12.
Nurdalilah. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Aljabar dengan Pendekatan Brain Based Teaching. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 84–88.
Psacharopoulos, G., & Patrinos, H. A. (2018). Returns to investment in education: a decennial review of the global literature. Education Economics, 26(5), 445–458.
Purnasari, P. ., & Sadewo, Y. . (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM MENINGKATKAN KELAS X ( Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Bengkayang ). Sebatik, 23(2), 489–497.
Rhamayanti, Y., & Nurdalilah. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika dan Sikap Siswa melalui Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended pada Siswa Kelas VIII-2 SMPN 7 Padangsidimpuan. 2(November).
Rismen, S., Mardiyah, A., & Puspita, E. M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 9, 263–274.
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Argareta, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. 6(1), 29–42.
Winarso, W. (2014). Mengatasi Stres Akademik Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penguatan Self Esteem Peserta Didik. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14930
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Elsadday Br Manalu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.