PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Elsadday Br Manalu Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nurdalilah Nurdalilah Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Hizmi Wardani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Wilda Hasanah Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Grace Stela Lely Hasugian Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14930

Keywords:

Peserta didik, Kemampuan Penalaran Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik menggunakan model pendekatan problem based learning. Subjek  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AKL 1  SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 36 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, yaitu siklus pertama terdiri dari dua pertemuan, siklus kedua terdiri dari dua pertemuan, dan siklus ketiga terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, tes siklus, angket respon siswa, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir matematis siswa kelas X AKL 1  SMK Negri 7 Medan meningkat dibandingkan pada Siklus I, Siklus II dan Siklus III. Hal ini ditunjukkan oleh 32 siswa atau 89% mengalami peningkatan kemampuan berpikir matematis berdasarkan total skor setiap dimensi kemampuan berpikir matematis. Rata-rata persentase hasil tes meningkat dari 45,95% pada Siklus I menjadi 73,41% pada Siklus II dan  89,52% pada  kategori tinggi pada Siklus III. Berdasarkan observasi, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model PBL sudah baik dan sesuai dengan karakteristik PBL. Hal ini tercermin dari peningkatan  rata-rata tingkat keterlaksanaan dari 71,43% pada Siklus I menjadi 85,71% pada Siklus II dan  100% pada Siklus III. Berdasarkan data wawancara dan angket, respon siswa terhadap pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan berpikir matematis tercatat mengalami peningkatan dari Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Model PBL menunjukkan respon positif pembelajaran matematika pada siswa sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan penalaran matematis.

Author Biographies

  • Elsadday Br Manalu, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
    Pendidikan Matematika
  • Nurdalilah Nurdalilah, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
    Pendidikan Matematika
  • Hizmi Wardani, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
    Pendidikan Matematika
  • Wilda Hasanah, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
    Pendidikan Matematika

References

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Ariyani, O. W., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160.

Dewi, I. (2015). Komunikasi Matematis Sebagai Alat untuk Menyuarakan Pemikiran Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Terapan, 1(1), 140–146.

Faiqotul, S. (2019). Upaya Pengembangan untuk Capaian Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 589–596.

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY (Pp. 597-602)., 597–602.

Hartati, E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Pada Konsep Tekanan. EDUCATOR, 2(1), 47–55.

Hartini, S., & Ratnaningsih, N. (2014). Implementasi Model Problem Based Learning Pengaruhnya Terhadap Kecemasan Peserta Didik , Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematik. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 161–169.

Hayati, M., Nurmawanti, I., & Makki, M. (2023). Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan. EDUCATIO, 9(4), 2036–2042. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5795

Hidayanti, R., & Syahri, A. A. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER PADA SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 2 LABAKKANG. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 71–80.

Lisdiawati, E. (2021). UPAYA PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENDIDIKAN NASIONAL DIMASA PANDEMI COVID-19. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 22–33.

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., & Lestariningsih, N. D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Insight Mediatama. Insight Mediatama.

Nababan, S. A. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Jurnal Genta Mulia, XI(1), 6–12.

Nurdalilah. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Aljabar dengan Pendekatan Brain Based Teaching. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 84–88.

Psacharopoulos, G., & Patrinos, H. A. (2018). Returns to investment in education: a decennial review of the global literature. Education Economics, 26(5), 445–458.

Purnasari, P. ., & Sadewo, Y. . (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM MENINGKATKAN KELAS X ( Studi Kasus Pada SMA Negeri 1 Bengkayang ). Sebatik, 23(2), 489–497.

Rhamayanti, Y., & Nurdalilah. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika dan Sikap Siswa melalui Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended pada Siswa Kelas VIII-2 SMPN 7 Padangsidimpuan. 2(November).

Rismen, S., Mardiyah, A., & Puspita, E. M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 9, 263–274.

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Argareta, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. 6(1), 29–42.

Winarso, W. (2014). Mengatasi Stres Akademik Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penguatan Self Esteem Peserta Didik. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1).

Published

2024-06-08

Issue

Section

Articles