PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN KUIS INTERAKTIF GOOGLE FORM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Barikatun Nabilah, Denni Ismunandar, Wiwit Damayanti Lestari

Abstract


Berdasarkan pengalaman peneliti selama kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Lohbener, kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan belum optimal terutama ketika diberikan permasalahan kontekstual. Hal ini berdampak hasil belajar siswa menjadi rendah. Selain itu, penyampaian materi masih menggunakan metode ceramah belum mengkombinasikan dengan model pembelajaran kooperatif dan evaluasi pembelajaran belum mengkombinasikan dengan media kuis interaktif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah penerapan model TGT berbantuan kuis interaktif Google Form. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan efektivitas perlakuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA NEGERI 1 Lohbener. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X-C yang berjumlah 36 siswa. Data utama yang dikumpulkan adalah data variabel kemampuan pemecahan masalah matematis. Untuk mengumpulkan data tersebut, peneliti menggunakan instrumen berupa tes. Berdasarkan hasil analisis data pada uji one sample test, didapatkan nilai signifikansi bahwa nilai sig = 0,909 > 0,05 maka H0 diterima. Dengan demikian penggunaan model TGT berbantuan kuis interaktif google form tidak efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

Keywords


Team Games Tournament (TGT); Kuis Interaktif Google Form; Kemampuan Pemecahan Masalah

References


Adelia, A., Miftahurrahmah, M., Nurpathonah, N., Zaindanu, Y., & Ihsan, M. T. (2021). Peran google form sebagai plat penilaian pada ELT : Tinjauan kritis terhadap sastra. ETDC : Jurnal Penelitian Dan Tinjauan Pendidikan Indonesia, 1(1), 58–66. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/ijrer.v1i1.49

Anggraini, V., Delyana, H., & Sari, I. K. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari minat belajar siswa. 11(2), 1231–1240.

https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5034

Charolina, Y., & Honny, H. (2021). Pemamfaatan Aplikasi Googleform Dalam Pembelajaran Bagi Guru Pada Masa Pandemi. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 23(1), 17–24. https://doi.org/10.31294/p.v23i1.10092

Darwin, M., Sylvia, M. R., Alparis, M. S., Nurhayati, S. Y., Tambunan, H., Sylvia, D., Adnyanag, I. M. D. M., Prasetiyo, B., Vianitati, P., & Adolf, A. G. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif (T. S. Tambunan (ed.); Issue june). Media Sains Indonesia.

Kemendikbudristek, K. (2023). PISA 2022 DAN PEMULIHAN PEMBELAJARAN DI INDONESIA. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Lan, X., Zhou, Y., Wijaya, T. T., Wu, X., & Purnama, A. (2021). The effect of dynamic mathematics software on mathematical problem solving ability. Journal of Physics: Conference Series, 1, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012059

Luo, Y. J., Lin, M. L., Hsu, C. H., Liao, C. C., & Kao, C. C. (2020). The effects of team-game-tournaments application towards learning motivation and motor skills in college physical education. Sustainability (Switzerland), 12(15), 1–12.

https://doi.org/10.3390/su12156147

Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 553–564. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1445

Olivares, D., Lupiáñez, J. L., & Segovia, I. (2020). Roles and characteristics of problem solving in the mathematics curriculum: a review. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 52(7), 1–19. https://doi.org/10.1080/0020739X.2020.1738579

Özkubat, U., Karabulut, A., & Özmen, E. R. (2020). Mathematical problem-solving processes of students with special needs: A cognitive strategy instruction model “solve it!” International Electronic Journal of Elementary Education, 12(5), 405–416. https://doi.org/10.26822/iejee.2020562131

Patil, Y. S., Suryawanshi, A. T., Kumbhar, S. G., & Mane, S. S. (2022). Implementation of a Team Game Tournament a Collaborative Learning Method and Study of its Impact on Learners’ Development. Journal of Engineering Education Transformations, 36(Special Issue 2), 303–307. https://doi.org/10.16920/jeet/2023/v36is2/23044

Qodriani, R. N. L., & Rusman, A. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Kuis Interaktif Berbasis Mentimeter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 326–339. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).9689

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 09(2), 175–187. https://www.academia.edu/download/87073879/3881.pdf

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 19–30. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.279

Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9638

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Teedja, K. E. M. (2019). Implementing NHT and TGT to Enhance Students’ Knowledge of Passive and Active Voice Construction: Comparative Study. Journal of English Language Pedagogy, Literature and Culture, 4(2), 1–24. https://eric.ed.gov/?id=EJ1305784

Wulandari, D., Syafi’i, M., & Suwardana, O. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Media Penilaian Berbasis Online Menggunakan Aplikasi Quizizz dan Google Form pada Materi Matriks. Jurnal Stkip Kusuma Negara, 114–126.

https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/478

Yang, Q. F., Lin, C. J., & Hwang, G. J. (2019). Research focuses and findings of flipping mathematics classes: a review of journal publications based on the technology-enhanced learning model. Interactive Learning Environments, 29(6), 905–938. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1637351




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Barikatun Nabilah, Denni Ismunandar, Wiwit Damayanti Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.