PENGARUH PENERAPAN ICE BREAKING BERBASIS DIGITAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X
Abstract
Tujuan dari penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan ice breaking berbasis digital terhadap motivasi dan hasil belajar matematika kelas X. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan One group pre-post-test-design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X di SMKS Ibnu Cholil Bangkalan yang berjumlah 21. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket motivasi belajar dengan 20 pernyataan dan tes yang berisi 20 soal pilihan ganda. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t. Hasil analisis data uji t motivasi belajar mendapatkan nilai signifikat 0,000<0,05 tolak dan diterima yaitu ada pengaruh penerapan ice breaking berbasis digital terhadap motivasi belajar matematika kelas X. Dan dibuktikan juga dari hasil perhitungan uji t nilai pretest dan posttest hasil belajar matematika kelas X yang mendapatkan nilai signifikat 0,000<0,05 yang berarti bahwa ditolak dan diterima artinya ada pengaruh penerapan ice breaking berbasis digital terhadap hasil belajar matematika kelas X. Dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan ice breaking berbasis digital terhadap motivasi dan hasil belajar matematika kelas X.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Devi, D. A. P. P. S., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengaruh penerapan ice breaking terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Wira Harapan. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 240-247. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/2086
Oktavianta, H., & Istiyono, E. (2016). Pengembangan instrument penilaian berbasis Quizstar untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik SMA pada materi pokok Teori Kinetik Gas. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(7), 437-445.
In'Ratnasari, K., & Sholihah, M. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(01), 65-75.
Khoerunisa, T., & Amirudin, A. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 84. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.47
Kurniawan, R. Y. (2016). Identifikasi Permasalahan Pendidikan Di Indonesia Untuk. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun, May, 1415–1420.
Lubis, L. F., Muhammadiyah, U., Selatan, T., Agustini, R., Gaja, R. H., Lubis, J. N., Guru, P., Ibtidaiyah, M., & Islam, A. (2023). Penerapan Metode Ice Breaking Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sd Negeri 200505 Manegen. Jurnal Thiflun : Jurnal Pendidikan Dasar |, 29(1), 29–38.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Muslih, B. (2020). Urgensi komunikasi dalam menumbuhkan motivasi di era pandemi covid-19. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan : PENATARAN, 5(1), 57–65.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515
Pujiarti, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 30–35. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.113
Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh disiplin belajar, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341-361. https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/22885
Puspita, Y. P. (2023). Implementasi Ice Breaking untuk Menciptakan Kesiapan Belajar dan Pembelajaran yang Menyenangkan pada Anak Usia Dini. Journal on Education, 5(4), 11846–11854. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.1257
Rahmawati et al. (2020). Penerapan Metode Ice Breaking dalam Melatih Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Tematik Kelas 5 Sd NEGERI 1 Hadiluwih. Journal of Social Empowerment, 05(01), 64–70. https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jse/article/view/295/216
Ratih Yuana Sari, & Riris Nurkholidah Rambe. (2023). Dampak Penerapan Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD. Journal of Education Action Research, 7(4), 527–534. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.68961
Rosanah, R., & Waluyo, A. (2022). Virtual Ice Breaking Pada Pelatihan Online Metode Syncronous; Perspektif Psikologi Komunikasi. Conference on Innovation and Appplication of Science and Technology (CIASTECH), 5(Ciastech), 247–254. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/4304%0Ahttps://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/viewFile/4304/2324
Syelfia Dewimarni, Mishbah Ulhusna, & Laila Marhayati. (2022). Penerapan Aplikasi Kahoot Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Dikelas Vii Smp Negeri 38 Padang. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1935–1940. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.1024
Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran ipa mi/sd. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102-118.
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14616
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nikmah Nikmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.