ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DITINJAU DARI SELF EFFICACY

Sari Ayu Sibarani, Kms Muhammad Amin Fauzi, Pardomuan Sitompul, Hasratuddin Hasratuddin, Waminton Rajagukguk

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematik siswa ditinjau dari self efficacy. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek penelitian dialakukan dengan memberikan angket self efficacy kepada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Siborong-borong, selanjutnya pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan komunikasi matematik materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) ini diberikan kepada 6 subjek serta tes wawancaraKomunikasi matematik sangat penting dalam menyelesaikan masalah dalam matematika. Namun, pencapaian komunikasi matematik pada siswa masih tergolong rendah. Hal ini berkaitan dengan self efficacy pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian kemampuan komunikasi matematik siswa ditinjau dari self efficacy yaitu subjek menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil analisis hasil tes secara lisan dan tulisan dari 4 indikator kemampuan komunikasi matematis , ada subjek dengan self efficacy tinggi yaitu SET1 dapat memenuhi 4 indikator dari 4 indikator kemampuan komunikasi matematis, sedangkan subjek SET2 hanya mampu memenuhi 2 indikator, selanjutnya subjek sedang yaitu Subjek SES1 mampu memenuhi 3 indikator dan subjek SES2 hanya mampu memenuhi 2 indikator, serta subjek dengan self efficacy rendah yaitu SER1 dan SER2 tidak mampu memenuhi indikator apapun dari 4 indikator kemampuan komunikasi matematik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat self efficacy tidak selamanya berbanding lurus dengan kemampuan komunikasi matematika, tetapi self efficacy yang tinggi terhadap matematika akan mempengaruhi meningkatnya kemampuan komunikasi matematik siswa karena dapat membuat siswa memiliki sikap positif terhadap matematika dalam menyelesaikan permasalahan matematika.


Keywords


Kemampuan Komunikasi Matematik; Self Efficacy; SPLDV

References


A, B. (1997). “Sellf Elfficacy in Changing Socieltiels.” (Nelw York:Cambelrg Ulnivelrsity Prelss, 1997), hal. 73.

Anggia, L. (2015). Analisis Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis Belrdasarkan Telori Brulnelr pada Pelmbellajaran Matelmatika Siswa Aultis di Selkolah Ulnggull Sakti. Selminar Nasional Matelmatika Dan Pelndidikan Matelmatika UlNY, hlm. 6.

Belrliana, D. P., & Sholihah, Ul. (2022). Kelmampulan komulnikasi matelmatis Siswa dalam melnyellelsaikan masalah Opeln-Elndeld ditinjaul dari sellf-elfficacy. Plulsminuls: Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 2(2), 243–254. https://doi.org/10.31980/plulsminuls.v2i2.1791

Chalim, M. N., Mariani, S., & Wijayanti, K. (2019). Kelmampulan komulnikasi matelmatis siswa SMK ditinjaul dari sellf elfficacy pada seltting pelmbellajaran Projelct Baseld Lelarning telrintelgrasi STElM. In PRISMA, Prosiding Selminar Nasional Matelmatika (Vol. 2, pp. 540-550).

Delwi, M. W. K., & Nulraelni, R. (2022). Kelmampulan komulnikasi matelmatis siswa SMP ditinjaul dari sellf- elfficacy pada matelri Pelrbandingan di delsa Karangpawitan. Plulsminuls: Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 2(1), 151–164. https://doi.org/10.31980/plulsminuls.v2i1.1586

Dikri Maullana Rapsanjani, T. S. (2021). Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis Ditinjaul dari Sellf Elfficacy Siswa. Pluls Minuls Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 10.

Delwi, Martha Wida Kulsulma, Nulraelni, R. (2021). Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis Siswa SMP ditinjaul dari Sellf-Elfficacy pada Matelri Pelrbandingan di Delsa Karangpawitan. Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 14

FALAH, S. A. N. (2017). Pelningkatan Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis Dan Sellf-Elfficacy Siswa Sma Mellaluli Modell Pelmbellajaran Problelm Baseld Lelarning (Pbl) Delngan Pelndelkatan Konstrulktivismel. Institultion Relpositoris and Scielntific Joulrnal. http://relpository.ulnpas.ac.id/30204/

Helndriana, H. (2019). Sellf-Elfficacy dan Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis Siswa SMP. JNPM (Julrnal Nasional Pelndidikan Matelmatika). doi:10.33603/jnpm.v3i1.2033

Helnny Nulrdiana, Elmi Puljiastulti, S. S. (2018). Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis Ditinjaul dari Sellf-Elfficacy Melnggulnakan Modell Discovelry Lelarning Telrintelgrasi Pelmbelrian Motivasi. PRISMA, Prosiding Selminar Nasional Matelmatika. https://joulrnal.ulnnels.ac.id/sjul/indelx.php/prisma/articlel/vielw/19594

Helris Helndriana, Ultari Sulmarmo, El. El. R. (2013). Kelmampulan Komulnikasi Matelmatik Selrtakelmampulan Dan Disposisi Belrpikir Kritis Matelmatik. Dellta-Pi: Julrnal Matelmatika Dan Pelndidikan Matelmatika, vol 2. doi: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v2i1.97

Helryan, Ul. (2018). Melningkatkan Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis Siswa Sma Mellaluli Pelndelkatan Pelmbellajaran Matelmatika Relalistik Belrbasis Eltnomatelmatika. Julrnal Pelndidikan Matelmatika Raflelsia, Vol. 3, No. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.6290

Rahmawati, F. (2013). Pelngarulh Pelndelkatan Pelndidikan Relalistik Matelmatika dalam Melningkatkan Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis Siswa Selkolah Dasar. Julrnal Fmipa Ulnila, Vol 1, No. https://julrnal.fmipa.ulnila.ac.id/selmirata/articlel/vielw/882

Rapsanjani, D. M., & Sritrelsna, T. (2021). Kelmampulan komulnikasi matelmatis ditinjaul dari sellf-elfficacy siswa. Plulsminuls: Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 1(3), 481–492. https://doi.org/10.31980/plulsminuls.v1i3.1453

Sadirman. (2007). Pelndelkatan Pelmbellajaran Matelmatika delngan Komulnikasi Matelmatika. Bandulng : CV meldia Ultama.

Sulgandi, A. I., & Akbar, P. (2020). Elfelktivitas modell Stuldelnt Facilitator and Elxplaining telrhadap kelmampulan komulnikasi matelmatis siswa SMP ditinnjaul dari sellf-elfficacy. Julrnal Celndelkia : Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 4(2), 737–745. https://doi.org/10.31004/celndelkia.v4i2.295

Wiharso, T. A., & Sulsilawati, H. (2020). Melningkatkan kelmampulan konelksi matelmatik dan sellf elfficacy mahasiswa mellaluli modell COREl. Mosharafa: Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 9(3), 429–438. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.573

Yulniarti, Y. (2016). “Pelngelmbangan Kelmampulan Komulnikasi Matelmatis dalam Pelmbellajaran Matelmatika di Selkolah Dasar,.” Julrnal Pelndidikan Dasar Kampuls Cibirul 6, No. 2 (28 Delselmbelr 2016), hal. 111. https://doi.org/10.17509/elh.v6i2.4575




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 sari ayu sibarani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.