RESPON SISWA TERHADAP BAHAN AJAR ETNOMATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14580Keywords:
respon siswa, bahan ajar etnomatematika, pendekatan kontekstual, kemampuan komunikasi matematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengengetahui respon siswa terhadap bahan ajar etnomatematika dengan pendekatan kontekstual unuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus.Subjek dalam penelitian ini adalah 29 siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan diantaranya 1) lembar angket angket repon siswa untuk melihat kepraktisan bahan ajar. Dilakukan uji coba produk dengan melihat respon penggunaan produk dan hasil tes siswa berdasarkan kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kepraktisan bahan ajar dilihat dari hasil angket respon siswa denganmemperoleh rata-rata persentase 89,38% dengan kategori “Sangat Praktis” dan hasil persentase angket respon siswa menunjukkan bahwa mendapatkan respon positif sebanyak 86,2% yang artinya bahan ajar etnomatematika berhasil digunakan dengan baik karena telah memperoleh hasil lebih dari atau sama dengan 80%.
References
Ahid, R., Waluya, S. B., & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita. 2017.
Ardiansyah, A. S., Anwar, M., Prasetya, B. D., Wardani, R. K., & Ratnawati, N. (2023). Inovasi Bahan Ajar Etnomatematika Melalui Permainan Engklek Dengan Game Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(2), 1344–1357. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.375
Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., Saptono, S., & Alimah, S. (2019). Respon Siswa Dan Guru Terhadap Modul Ethno-Edutainment Di Sekolah Islam Terpadu. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 1. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i2.3693
Babe, A., Sudane, I. W., & Lajiba, S. B. S. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. NUMERIC:Jurnal Penelitrian dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 90–99. https://doi.org/10.53090/numeric.vxix.xxx
Dewi, R.P. & Hidayah, S.N. (2019). Resume ”Studi Kasus” Metode Penelitian Kualitatif. Repository. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong.
Elindra, R. (2023). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemampuan. 6(2), 105–109.
Harahap, E. H. (2021). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 829–835. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.434
Harahap, M. S., & Fauzi, R. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 4(5), 13. https://doi.org/10.37081/ed.v4i5.153
Khairiyah, E. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika pada Materi Segiempat dan Segitiga Kelas Vii Smp/Mts. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61562%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/61562/1/11170170000016
Nuraini, L., & Setyowati, F. (2023). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(2), 133–144. https://doi.org/10.35878/guru.v3i2.886
Nurhasanah,R.A. (2019) Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405
Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 176. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3649
Siregar, N., Mariani, S., & Asikin, M. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Bermuatan Etnomatematika Melalui Model PBL Berbantuan Geogebra Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 203–209.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.