PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP
Abstract
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Ailulia Rizki, A. V. E. P. H. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Plotagon Fan Math Terhadap. 2022, November, 53–64.
Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829
Amelia, N. P., & Ma’arif, S. (2022). Pengaruh Pengguna Media Sosial Tiktok Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika Siswa Kelas Iv Di Sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1201–1207. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2885
Awami, F., Yuhana, Y., & Nindiasari, H. (2022). Meningkatkkan Kemampuan Literasi Numerasi Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Self Confidence Siswa SMK. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 231–243. https://doi.org/10.30653/003.202282.236
Baiduri. (2019). Strategi Literasi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Era Indisutri 4.0. 4(1), 77–94.
Boangmanalu, A. M., Irvan, & Nasution, M. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi. MAJU:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 10–16.
Efendi, R., Jambak, I., & Manajemen Informatika Fasilkom Unsri, J. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Di Sma Negeri 4 Palembang.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Hasanah, M., & Hakim, T. F. L. (2021). Analisis Kebijakan Pemerintah Pada Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional (UN). Irsyaduna: Jurnal Studi …, 1(3), 252–260. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/344%0Ahttps://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/download/344/216
Kemdikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi.
Kemdikbud. (2023). Rapor-Pendidikan-Indonesia-2023.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. https://siducat.org/index.php/ghaitsa
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903.
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma pembelajaran matematika berbasis NCTM. Malang: CV Irdh.
Nindiasari, H., Fatah, A., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). K r e a n o. 13(2), 339–353.
Niswah, N., Nugroho, V. A., & Fauziah, S. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Video Animasi dengan Karakter Loomie pada Peserta Didik Kelas IV SDN 3 Karangrandu. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4, November, 151–165.
P, F. L. R. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT ( PISA ). 10(1), 11–20.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683
Salsabilah, A. P., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari Efikasi Diri pada Peserta Didik SMP. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(02), 138–149. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i02.18429
sari, C. W. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DAPAT MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI BERBASIS AKM DI KELAS IV SD NEGERI 54 BANDA ACEH.
Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 1–11.
Suharta, I. G. P., & Suarjana, I. M. (2018). A case study on mathematical literacy of prospective elementary school teachers. International Journal of Instruction, 11(2), 413–424. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11228a
Wahyuni, S. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 151–165.
Wibowo, A. I., Muhtarom, M., & Harun, L. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Vii Smp Islam Sultan Agung 1 Semarang. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(6), 539–548. https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i6.13018
Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345
Yatipai, K., Tappi, Y., & Butu, A. (2023). DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI BILANGAN DI SMA PKMB EL-ZHADAI NABIRE. Volume:3, 22–31.
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14575
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 inayatul amal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.