PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMKN 5 Kota Serang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu pada desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang ada didapatkan dengan teknik cluster random sampling, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes serta non tes. Instrumen tes berupa pretes-postes untuk mengukur hasil belajar aspek kognitif dan instrumen non tes berupa angket untuk mengukur aspek afektif. Teknik analisis data deksriptif hasil penelitian memperlihatkan, nilai rata-rata instumen tes hasil belajar ranah kognitif postes adalah 79,69 serta nilai rata-rata instumen non-tes hasil belajar ranah afektif angket 74,58. Stastistik Inferensial memakai uji one sample t-test didapatkan untuk instrumen tes hasil belajar ranah kognitif nilai sig- serta untuk instrumen non-tes hasil belajar ranah afektif nilai sig- yang mempunyai arti ditolak serta diterima. Jadi dapat disimpulkan terkait model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Afnia, Selvia Nur, and Fariz Setyawan. (2021). “Analysis of Critical Thinking Ability in Solving Mathematical Problems in Terms of Student Learning Style.” 4(2), 103–116.
Deas, Ogi, Rachmat Sahputra, and Rody Putra Sartika. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Al-Madani Pontianak.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 8(11).
Dwirahayu, G., D. Kustiawati, and I. Bidari. (2017). “Corresponding Habits of Mind and Mathematical Ability.” Journal of Physics: Conference Series 895(1). doi: 10.1088/1742-6596/895/1/012013.
Effendi, Moh Mahmud. (2017). “Reposisi Pembelajaran Matematika Di SMK.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2017 Di Universitas Muhammadiyah Malang 1–12.
Hamimah, and Ade Andriani. 2023. “Analisis Tingkat Kecemasan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas X Di MAS YMPI Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2022 / 2023.” Student Sciebtific Creativity Journal (SSCJ) 1(3):28–47.
Hanifah, Riska, and Pengaruh Adopsi. 2016. “Penggunaan Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran Heni Jusuf Perangkingan Usability Website Menggunakan Metode Multiple Criteria Decision Analisys Sekretariat Redaksi : Program Pascasarjana Universitas Budi Luhur Jl . Raya Ciledug , Petukangan Utara , Jakar.” Journal Ticom 5(1).
Hasanah, Zuriatun, and Ahmad Shofiyul Himami. 2021. “Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa.” Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan 1(1):1–13. doi: 10.54437/irsyaduna.v1i1.236.
Heni, Jusuf. (2016). Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICOM Vol.5 No.1.
Irawan, Agus. 2017. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa.” JURNAL E-DuMath 3(2):164–70. doi: 10.26638/je.461.2064.
Kurniawan, Bayu. 2019. “Pengaruh Model TGT Berbantu Media Pinball Terhadap Hasil Belajar Siswa.” International Journal of Elementary Education 3(1):23. doi: 10.23887/ijee.v3i1.17280.
Lubis, Anggianna Putri, and Ishaq Nuriadin. 2022. “Efektivitas Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4):6884–92. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3400.
Nafiati, Dewi Amaliah. 2021. “Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.” Humanika 21(2):151–72. doi: 10.21831/hum.v21i2.29252.
Nasution, Fauziah, Miftahul Nizah Dalimunthe, and Afifah Umli. 2022. “Teori Vygotsky Dan Interdepedensi Sosial Sebagai Landasan Teori Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Di Sekolah Dasar.” 3(2):171–79.
Nurbaiti, Meriyati, and Fredi Ganda Putra. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Konsep Gamifikasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.” Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1):1–13.
Rahmawati, Sherli, Ainil Mardiyah, and Zulfitri Aima. 2023. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar.” Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika 15:20–28.
Razak, Firda. 2016. “The Effect of Cooperative Learning on Mathematics Learning Outcomes Viewed from Students’ Learning Motivation.” JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education) 1(1):49–55. doi: 10.23917/jramathedu.v1i1.1785.
Setiawan, Adi Sutijo. 2016. “Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.” Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Pendidikan Sains 6(August):1–10.
Simamora, Tohol, Edi Harapan, and Nila Kesumawati. (2020). “Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 5(2):191. doi: 10.31851/jmksp.v5i2.3770.
Solihah, Ai. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Tenis Meja.” Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science 3(2):243–50. doi: 10.52188/ijpess.v3i2.465.
Suryatmojo, Deby Luriawati. 2018. “Penggunaan Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bermuatan Pendidikan Karakter Profetik Untuk Mengukur Keberhasilan Hasil Belajar Mahasiswa.” Proceeding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia 40 601:601–20.
Tasya, Nabillah, and Agus Prasetyo Abadi. 2019. “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.” Sesiomedika 660–62.
Taufieq, Muh. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” 1(2):66–71.
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14557
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Choirunisa Fitri Fadilah, Anwar Mutaqin, Yani Setiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.