PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI-5 SMA NEGERI 1 SEWON

Erika Yudhi Rengganis, Dwi Astuti, Tiwi Yulistryarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan kemandirian belajar peserta didik kelas XI-5 SMA Negeri 1 Sewon dengan menerapkan model problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI-5 SMA Negeri 1 Sewon yang berjumlah 30 peserta didik. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan satu pertemuan disetiap siklusnya dan dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Maret tahun 2024. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dengan kriteria keberhasilan lebih dari 70% peserta didik mempunyai kemampuan numerasi dan kemandirian belajar minimal pada kategori tinggi berdasarkan hasil tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan numerasi dan kemandirian belajar peserta didik kelas XI-5 SMA Negeri 1 Sewon. Peningkatan kemampuan numerasi peserta didik terlihat dari hasil tes yang menunjukkan 26,67% peserta didik memiliki kemampuan numerasi minimal tinggi pada pra tindakan, kemudian menjadi 83,33% peserta didik memiliki kemampuan numerasi minimal tinggi pada siklus ke-3. Sedangkan peningkatan kemandirian belajar peserta didik terlihat dari hasil angket yang menunjukkan 56,67% peserta didik memiliki kemandirian belajar minimal tinggi pada pra tindakan, menjadi 76,67% peserta didik memiliki kemandirian belajar minimal tinggi pada siklus ke-3. Berdasarkan peningkatan tersebut, kemampuan numerasi dan kemandirian belajar peserta didik pada siklus ke-3 telah memenuhi kriteria berhasil penelitian yaitu lebih dari 70% peserta didik mempunyai kemampuan numerasi dan kemandirian belajar minimal pada kategori tinggi


Keywords


Problem Based Learning Model; Numeracy Ability; Learning Independence

References


Ahmad, K. d. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk PISA. PGRI Semarang, 8(2).

Amir, M. T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Azizah, A., & dkk. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Auladuna.

Candra, E., & dkk. (2019). Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Model Problem Based Learning (PBL). LOGIKA: Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Ciebon, 23(1).

Gunur, B., & dkk. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Numerik Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Pedesaan. MaPan, 6(2), 148-160.

Hendriani, H., & dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7.

Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres.

Kusumawati, D. &. (2021). Merdeka Belajar dalam Konteks Kemandirian Belajar Siswa; Respon Terhadap Regulasi Baru Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jurnal Lensa Pendas, 6(1), 11-17.

Marhayati. (2022). Problem Based Learning untuk Mengembangkan Literasi Numerasi Peserta Didik dan Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Prosiding MAHASENDIKA. Denpasar: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mahasaraswati.

Mawarsari, N., & Wardani, K. W. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Numerasi pada Kurikulum Merdeka Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(12).

Muhammad, H. N., & Setiawan, E. (2022). Model Pembelajaran: Karakteristik, Kelemahan Dan Bagaimana Dampak. Jurnal MensSana, 7.

Nisa, A. C. (2023). Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Quizizz. Jurnal Educatio, 9(1), 310-317.

Nurcahyono, N. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran. HEXAGON JIPM: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 1(1).

Panggabean, R. F., & Tamba, K. P. (2020). Kesulitan Belajar Matematika: Analisis Pengetahuan Awal (Difficulty in Learning Mathematics: Prior Knowledge Analysis). JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 4(1), 17.

Ratnasari, J. R. (2022). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Segiempat dan Trapesium. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2533-2544.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Setianingsih, W., & dkk. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKSIOMA, 11(4).

Sholihah, N. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Efficacy Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Bantul. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Sugianto. (2020). Efektivitas Model Pebelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159-170.

Tari, I. S., & dkk. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Geogebra. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika.

Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional. Guepedia.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Widyoko. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winata, A., & dkk. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2).

Wulandari, A. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Learning Innovation (JMLI), 1(2), 151-162.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 399-408.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ERIKA YUDHI RENGGANIS, DWI ASTUTI, TIWI YULISTYARINI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.