PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS WEBSITE DI SMP ISLAM KEPANJEN

Jimi Kurniawan, Timbul Yuwono, Yuniar Ika Putri Pranyata

Abstract


Siswa ketika belajar tentang konsep volume dari materi bangun ruang mengalami kesulitan membayangkan bangun ruang tersebut. Pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif dengan berbasis teknologi web dapat memfasilitasi pembelajaran bangun ruang sisi datar lebih luas dan fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis website yang valid, praktis dan efektif, terhadap hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas VIII A SMP Islam Kepanjen. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes. Hasil validasi penelitian pengembangan ini mendapatkan penilaian dari ahli media 3,50, ahli materi 3,53 dan ahli pembelajaran 3,66 dengan kategori “valid “. Hasil validasi kepraktisan media pembelajaran pada lapangan terbatas dengan rata-rata 3,69 dan ujicoba lapangan luas rata-rata 3,69 termasuk dalam kategori “praktis”. Hasil media pembelajaran berdasarkan hasil penilaian angket uji coba lapangan terbatas berdasarkan keefektifan diperoleh rata-rata ketuntasan sebesar 80% dan ujicoba lapangan luas diperoleh 81 % termasuk dalam kategori “efektif ”.

Keywords


Media pembelajaran, Website, Bangun Ruang Sisi Datar

References


Aristia, K., Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Celengan Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 16–25. https://edunesia.org/index.php/edu/article/view/33

Arman, A., Fajriah, N., & Wiranda, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VIII Dengan Model Problem Based Learning. Computer Science and Education Journal, 1(1). https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/csej/article/view/3721

Awwalin, A. A. (2021). Analisis kesulitan siswa smp kelas viii pada materi bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 225–230. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/4074

Billa, R. F. S., & Siregar, T. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 294–302. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/2803

Chintia, M., Amelia, R., & Fitriani, N. (2021). Analisis kesulitan siswa pada materi bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 579–586. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/7064

Fitriana, C. E., Murni, A., & Maimunah, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Pada Materi Spldv Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4),3071–3083. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/5668/pdf

Friansah, D., Adha, I., & Refianti, R. (2018). Pengembangkan Pocket Book Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(1), 1–11. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JUDIKA/article/view/243

Hartono, B. P., & Riyandiarto, B. B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PERMUTASI (Permainan Ular Tangga Berbasis Materi) Matematika SMP Kelas VIII. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 35–48. https://core.ac.uk/download/pdf/426737888.pdf

Hasmirati, H., Nursyamsi, S., Mustapa, M., Dermawan, H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Motivation And Interest: Does It Have An Influence On Pjok Learning Outcomes In Elementary School Children? Journal On Research And Review Of Educational Innovation, 1(2), 70–78. https://www.journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/JRREI/article/view/785

Hidayah, R., & Ningsih, S. C. (2021). Pengembangan Lkpd Dengan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Untuk Pembelajaran Online. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 441–453. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/transformasi/article/view/1036

Husna, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru Matematika Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 428–436. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/3333

Khotimah, D. E. K., Riyadi, S., & Murniasih, T. R. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis website pada materi bangun ruang sisi datar di SMP. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 119–125. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/63

Leuwol, F. S., Basiran, B., Solehuddin, M., Vanchapo, A. R., Sartipa, D., & Munisah, E. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 988–999. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/899

Muhasim, M. (2017). Pengaruh tehnologi digital terhadap motivasi belajar siswa. Palapa, 5(2), 53–77. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/view/46

Novianti, E. W., Arcana, I. N., & Taufiq, I. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis instagram pada pokok bahasan grafik fungsi untuk siswa SMA. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 333–343. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/8820

Permatasari, G. I., & Andayani, S. (2021). TEACHERS’CHALLENGES IN TEACHING GEOMETRY USING AUGMENTED REALITY LEARNING MEDIA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2159. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/3889/pdf

Rhomdani, R. W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Menggunakan Blogmath (Blogger & Mathjax). JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145–155. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1011

Santi, I., Hutapea, N. M., & Murni, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Jurusan Otomotif SMK pada Materi Matriks. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1584–1602. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1178

Septiara, D. P., & Saino, S. (2022). Pengembangan E-Modul berbasis Web pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI BDP I di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10689–10699. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4123

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi barisan dan deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/5964

Silmi, T. A., & Hamid, A. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 69–77. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/37347

Wahyuni, Y., Edrizon, E., & Fauziah, F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pemanfaatan Geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1120–1130. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1139

Wulandari, D., Arcana, I. N., & Kuncoro, K. S. (2022). Pengembangan Instagram reels pembelajaran pokok bahasan persamaan garis lurus untuk SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 1–14. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/12138




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Timbul Yuwono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.