EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, EXTENDING, REVIEW (CER) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Aldila, S., & Mukhaiyar, R. (2020). Efektivitas model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di kelas X SMK Negeri 1 Bukittinnggi. Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 51–57. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/233
Anderha, R. R., Maskar, S., & Indonesia, U. T. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/774
Asfar, A. I. T., Ahmad, M. A., & Gani, H. A. (2021). Model Pembelajaran Connecting, Extending, Review: Tiga Fase Efektif Optimalkan Kemampuan Penalaran. Media Sains Indonesia.
Benyamin, Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 05(02), 909–922.
Djawa, Y. L., Taunu, E. S. H., Wulandari, M. R., Nuhamara, Y. T. I., Bima, S. A., & Ndakularak, I. L. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Himpunan. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 116-122. https://doi.org/10.37478 /jpm.v3i1.1483
Fauzi, F. A., Ratnaningsih, N., & Nimah, K. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik ditinjau dari gaya berpikir gregorc. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(2), 96–107. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/1734
Friscillia, N., Prihatiningtyas, N. C., & Nurhayati, N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Conecting, Organizing, Reflecting, Extending (Core) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII. Journal of Educational Review and Research, 4(1), 63. https://doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2364
Hariananda, D. A., Zainuddin, & S, N. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Perbedaan Gender. JuMlahku: Jurnal Matematika Ilmiah, 8(1), 15–29.
Hasibuan, N. A. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team-Assisted Individualization) Terhadap kemampuan Komunikasi Matematika Siswa di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Mathematic Education Journal (MathEdu), 2(1), 33–41. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
Lestari, S. Z. D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 82–90. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/611
Maulidah, E., Syaf, A. H., Rachmawati, T. K., & Sugilar, H. (2020). Berpikir kritis matematis dengan kahoot. Jurnal Analisa, 6(1), 19–27. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8516
Muhammad, A. T. I., Muhammad, A. A., & Gani Abdul Hansu. (2021). Model Pembelajaran Conection, Extanding,Review Tiga Fase Efektif Optimalkan Kemampuan Penalaran (R. R. Rerung (ed.)). Media Sains indonesia.
Nasruddin, N., Mashuri, S. & Nafiah, U. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mattematika pada Materi Segitiga Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing SMP. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan : e-Saintika. 4 (2). 80-94.
Nursyam, A. (2021). Android-Based MyMath Learning Media Development on Two Variable Linear Equation System Materials SMP/MTsN. Alauddin Journal of Mathematics Education Journal Homepage, 3(2), 204–216. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ajme
Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327-338.
OECD. 2019. Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 Result: Combined Executive Summaries, Volume I, II & III, https://www.oecd.org/pisa/ Combined_Executive_ Summaries_PISA_2018.pdf. Diakses pada tanggal 29 Mei 2023.
Pratama, B. A., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapat model problem-based learning dan discovery learning. Jurnal Inovasi : PowerMathEdu, 01(01), 83–92. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php /powermathedu /article/view/08_pmev1n1
Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Viii Smp. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078
Purnaningsih, I., & Zulkarnaen, R. (2022). Identifikasi faktor penyebab kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa kelas viii. Teorema: Teori dan Riset Matematika,7(2), 291–302. DOI:http://dx.doi.org/10.25157/ teorema.v7i2.7185
Sari, A. (2023). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Regresi Linier Berdasarkan Tingkat Adversity Quotient. JTMT: Journal Tadris Matematika, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.47435 /jtmt.v4i1.1692
Setiana, D. S., Nuryadi, N., & Santosa, R. H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Aspek Overview. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 1. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6483
Umam, K., & Azhar, E. (2021). Bagaimana Bahan Ajar Berbasis Website Membantu Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa? AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1493. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3702
Wahyu Ariyani, O., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14014
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.