EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, EXTENDING, REVIEW (CER) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Harisma Junaede, Naimah Paronda, Andi Muhammad Irfan Taufan Asfar, Aisyah Aisyah, Aisyah Nursyam

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran Connecting, Extending, Review (CER) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode yang digunakan adalah quasi experiment desain nonequivalent control group desaign dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIPA MA As’adiyah Mattirowalie Kabupaten Bone dan sampel terdiri dari kelas XI MIPA 1 dan kelas  XI MIPA 2 ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan yaitu tes soal kemampuan berpikir kritis, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktifitas siswa dan angket respons siswa. Tes kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan tahap pre-test dan post-test, baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata untuk hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 40,68 dan 82,95. Sedangkan nilai rata-rata untuk hasil pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 40,91 dan 72,50. Pengolahan data dianalisis menggunakan alat bantu SPSS dengan uji Mann-Whitney pada α (0,05) diperoleh nilai Asymp.sig (2-tailed) post-test < 0,05 yaitu sebesar 0,000 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Connecting, Extending. Review (CER) efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Selanjutnya diperoleh hasil uji effect size sebesar 1,12 yang artinya termasuk dalam kategori besar, rata-rata hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95,98% (Kategori Sangat Baik) dan rata-rata hasil analisis aktivitas siswa sebesar 96,02% (Kategori Sangat Baik), serta persentase respons siswa terhadap model pembelajaran CER diperoleh hasil sebesar 82,09% (Kategori Sangat Efektif). Berdasakan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Connecting, Extending. Review (CER) efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI MIPA MA As’adiyah Mattirowalie Kabupaten Bone.

Keywords


Effectiveness; learning model; mathematical critical thinking; CER

References


Aldila, S., & Mukhaiyar, R. (2020). Efektivitas model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di kelas X SMK Negeri 1 Bukittinnggi. Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 51–57. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/233

Anderha, R. R., Maskar, S., & Indonesia, U. T. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/774

Asfar, A. I. T., Ahmad, M. A., & Gani, H. A. (2021). Model Pembelajaran Connecting, Extending, Review: Tiga Fase Efektif Optimalkan Kemampuan Penalaran. Media Sains Indonesia.

Benyamin, Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 05(02), 909–922.

Djawa, Y. L., Taunu, E. S. H., Wulandari, M. R., Nuhamara, Y. T. I., Bima, S. A., & Ndakularak, I. L. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Himpunan. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 116-122. https://doi.org/10.37478 /jpm.v3i1.1483

Fauzi, F. A., Ratnaningsih, N., & Nimah, K. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik ditinjau dari gaya berpikir gregorc. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(2), 96–107. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/1734

Friscillia, N., Prihatiningtyas, N. C., & Nurhayati, N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Conecting, Organizing, Reflecting, Extending (Core) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII. Journal of Educational Review and Research, 4(1), 63. https://doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2364

Hariananda, D. A., Zainuddin, & S, N. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Perbedaan Gender. JuMlahku: Jurnal Matematika Ilmiah, 8(1), 15–29.

Hasibuan, N. A. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team-Assisted Individualization) Terhadap kemampuan Komunikasi Matematika Siswa di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Mathematic Education Journal (MathEdu), 2(1), 33–41. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu

Lestari, S. Z. D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 82–90. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/611

Maulidah, E., Syaf, A. H., Rachmawati, T. K., & Sugilar, H. (2020). Berpikir kritis matematis dengan kahoot. Jurnal Analisa, 6(1), 19–27. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8516

Muhammad, A. T. I., Muhammad, A. A., & Gani Abdul Hansu. (2021). Model Pembelajaran Conection, Extanding,Review Tiga Fase Efektif Optimalkan Kemampuan Penalaran (R. R. Rerung (ed.)). Media Sains indonesia.

Nasruddin, N., Mashuri, S. & Nafiah, U. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mattematika pada Materi Segitiga Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing SMP. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan : e-Saintika. 4 (2). 80-94.

Nursyam, A. (2021). Android-Based MyMath Learning Media Development on Two Variable Linear Equation System Materials SMP/MTsN. Alauddin Journal of Mathematics Education Journal Homepage, 3(2), 204–216. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ajme

Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327-338.

OECD. 2019. Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 Result: Combined Executive Summaries, Volume I, II & III, https://www.oecd.org/pisa/ Combined_Executive_ Summaries_PISA_2018.pdf. Diakses pada tanggal 29 Mei 2023.

Pratama, B. A., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapat model problem-based learning dan discovery learning. Jurnal Inovasi : PowerMathEdu, 01(01), 83–92. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php /powermathedu /article/view/08_pmev1n1

Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Viii Smp. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078

Purnaningsih, I., & Zulkarnaen, R. (2022). Identifikasi faktor penyebab kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa kelas viii. Teorema: Teori dan Riset Matematika,7(2), 291–302. DOI:http://dx.doi.org/10.25157/ teorema.v7i2.7185

Sari, A. (2023). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Regresi Linier Berdasarkan Tingkat Adversity Quotient. JTMT: Journal Tadris Matematika, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.47435 /jtmt.v4i1.1692

Setiana, D. S., Nuryadi, N., & Santosa, R. H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Aspek Overview. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 1. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6483

Umam, K., & Azhar, E. (2021). Bagaimana Bahan Ajar Berbasis Website Membantu Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa? AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1493. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3702

Wahyu Ariyani, O., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 HARISMA JUNAEDE, NAIMAH PARONDA, ANDI MUHAMMAD IRFAN TAUFAN ASFAR, AISYAH AISYAH, AISYAH NURSYAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: