ANALISIS PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI PERSAMAAN GARIS (GRADIEN) DENGAN MEMECAHKAN SOAL BERBENTUK TEKS DAN GAMBAR

Riza Natania Zulyatina, Allya Azizatul Fadhilah, Ibtisamah Laila, Hikmah Irmadika Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa kelas 8B di SMPN 12 Bandung dalam materi persamaan garis dengan gradien, dengan fokus pada metode pemecahan soal dalam bentuk teks dan gambar. Penelitian kualitatif ini melibatkan observasi langsung terhadap siswa selama proses pembelajaran matematika pada tanggal 1 November 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik (73-79%) mampu menjawab soal teks dan gambar dengan benar, namun terdapat variasi dalam tingkat keberhasilan antar siswa. Kelompok siswa P3 menunjukkan persentase keberhasilan yang lebih rendah (18-21%). Sebaliknya, sekitar 21-27% siswa mengalami kesulitan, terutama pada soal gambar, dengan kelompok P3 memiliki persentase kesalahan tertinggi (79-82%). Hasil pembahasan penelitian ini juga menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap konsep persamaan garis dengan gradien dalam soal teks cenderung positif. Namun, sejumlah siswa menghadapi kesulitan, hal ini  disebabkan oleh kesalahan membaca, kurangnya pemahaman konsep, atau kesulitan dalam transformasi informasi teks ke representasi matematika. Pada soal gambar, meskipun menghasilkan bukti bahwa siswa memahami materi tersebut dengan cukup baik, tetap menunjukkan tingkat kesalahan yang cukup signifikan. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa berhasil menjawab dengan benar, menunjukkan pemahaman yang baik terhadap konsep tersebut. Meskipun demikian, terdapat variasi dalam tingkat keberhasilan antar peserta didik, dengan beberapa siswa menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan soal, terutama pada soal berbentuk teks.

Keywords


Persamaan Garis; Gradien; Pemahaman Siswa; Pemecahan Soal; Teks dan Gambar

Full Text:

PDF

References


Afandi, S. K., & Purwanto, E. (2023). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MATERI GEOMETRI. SUBSET-Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan, 2(1), 1-14.

Arindiono, R. J., & Ramadhani, N. (2013). perancangan media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD. Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(1), F28-F32.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 35-44. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i1.1406

Laili, R. N., Utami, A. D., & Rohman, N. (2021). Pelevelan Model Mental Siswa Dalam Memahami Konsep Persamaan Garis Lurus Di Era Pandemi COVID-19. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 89-103. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.86

Malikhah, S. (2016). Eksperimentasi model pembelajaran think-talk-write dengan mind mapping pada materi persamaan garis lurus ditinjau dari kreativitas belajar matematika peserta didik kelas viii smp negeri di Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/51768/

Nolting, P. D. 2012. Math Study Skills Workbook: Your Guide to Reducing Text Anxiety and Improving Study Strategies. https://search.proquest.com/openview/f48abb756c066e396ff6d0df2677fc7f/1?pq-origsite=gscholar&cbl=41299

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. http://eprints.umsida.ac.id/296/1/

Nursyahida, S. (2013). Hukum Waris Adat Baduy: Mengungkap Kearifan Lokal Budaya Dan Matematika (Sebuah Kajian Ethnomathematics).” (Doctoral dissertation, Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). https://www.researchgate.net/profile/Salwa-Nursyahida/publication/

Putra, N. A. (2013). Analisis Tipe Kesalahan Siswa Menurut Klasifikasi Newman dalam Menyelesaikan Soal-Soal pada Materi Pokok Suku Banyak Kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW). https://repository.uksw.edu/handle/123456789/7499

Satiti, T. (2014). Analisis Dengan Prosedur Newman Terhadap Kesalahan Peserta Didik Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Solihat, Tifany Anggraeni Putri, Lessa Roesdiana, and Haerudin Haerudin. (2022). Dampak Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus Berbantuan Geogebra. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika 1(2):66–79. https://doi.org/10.56916/jp.v1i2.233

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung. http://sttbi.ac.id/journal/index.php/matheo/article/view/101

Sumarni, Yenti. (2018). Matematika Dalam Ilmu Manajemen. Education 1(1): 11–24. https://core.ac.uk/download/pdf/229577945.pdf

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16. Diakses dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/download/5057/3178

Vojkuvkova, I. (2012). The van Hiele model of geometric thinking. WDS’12 Proceedings of Contributed Papers, 1, 72-75.

Wihda, N. Z. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa dengan Menggunakan Newman’s Error (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/56556




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v15i2.13380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riza Natania Zulyatina, Allya Azizatul Fadhilah, Ibtisamah Laila, Hikmah Irmadika Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: