EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA BATIK MLATIHARJAN DEMAK TERHADAP KONSEP MATEMATIKA GEOMETRI BANGUN DATAR SEKOLAH DASAR

Ida Nur Aini, Sri Wulandari, Eka Zuliana

Abstract


Mathematics with cultural nuances is often found in batik. Batik Mlatiharjan is a center for making Demak typical batik which is located in the village of Mlatiharjo, Gajah District, Demak Regency. There are two types of Mlatiharjan batik, namely written batik and stamped batik. Mlatiharjan batik has become part of Demak culture. Researchers can relate the Mlatiharjan batik with the geometric concept of a flat shape. This study used an exploratory qualitative descriptive ethnographic methodology. The ethnomathematics elements in the various motifs of Mlatiharjan batik are the objects of this research. Mrs. Kusmidarmini, the owner of a batik center, is a cultural expert as the subject of this study. Exploration, observation, interviews, and documentation are part of the data collection method. The aim of the Mlatiharjan batik research is to determine the mathematical and philosophical values of the Mlatiharjan batik motifs. The results of this study indicate that each motif has a philosophical meaning and a geometric geometric concept. The motifs include the Guava Flower Motif, Sidomukti Mosque Bledeg, Champa Plate, Demak Great Mosque, Red Guava, Guava Tree, Belimbing Guava, Fish Coral, Demak Crown, and Sidomukti Jambu Bulus Motif. Mathematical concepts that have been found in the variety of batik motifs from Demak, namely geometric shapes such as circles, squares, rectangles, triangles, rhombuses, and trapezoids. In addition, the Mlatiharjan Batik motifs also contain philosophical values related to the life of the Demak people.

Matematika yang bernuansa budaya sering ditemukan pada batik. Batik Mlatiharjan merupakan sentra pembuatan batik khas Demak terletak di Desa Mlatiharjo, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak. Terdapat dua jenis batik Mlatiharjan, yaitu batik tulis dan batik cap. Batik mlatiharjan sudah menjadi bagian dari budaya Demak. Peneliti dapat mengaitkan batik Mlatiharjan dengan konsep geometri bangun datar. Penelitian ini menggunakan metodologi etnografi deskriptif kualitatif bersifat eksplorasi. Unsur-unsur etnomatematika dalam ragam motif batik mlatiharjan adalah objek penelitian ini. Ibu Kusmidarmini, pemilik sentra batik, adalah subjek penelitian ini. Ekplorasi, observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan bagian dari metode pengumpulan data. Tujuan studi batik mlatiharjan untuk mengetahui nilai matematis dan filosofis pada motif batik mlatiharjan. Hasilnya menunjukkan bahwa setiap motif memiliki makna filosofis dan konsep matematis geometri bangun datar. Motif-motif seperti Motif Bunga Jambu, Bledeg Masjid Sidomukti, Piring Champa, Masjid Agung Demak, Jambu Merah, Pohon Jambu, Jambu Belimbing, Karang Ikan, Mahkota Demak, dan Motif Sidomukti Jambu Bulus. Geometri termasuk konsep struktur datar seperti lingkaran, persegi panjang, segitiga, belah ketupat, dan trapesium dalam berbagai macam motif batik dari mlatiharjan demak.


Keywords


etnomatematika, geometri, batik, batik mlatiharjan, bangun datar

Full Text:

PDF

References


Aini, F. N., Maharani, Y. A. N., & Zuliana, E. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Rokok Kretek Sebagai Budaya Masyarakat Kudus. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 84–97. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i1.2872

Amaliyah, A., Uyun, N., Deka Fitri, R., & Rahmawati, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 659–654. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v2i7.377

Arwanto, A. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Dan Konsep Matematis. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 40–49. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1493

Cahyani, V. R. (2022). Pengaruh Pesisir Utara Jawa terhadap Aktivitas. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 5(2), 101–110. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bihari/article/view/5774

Defita Negeri, Y. S. (2018). Peningkatan Penguasaan Konsep Luas Persegi Dan Persegi Panjang Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Pmri Di Kelas Iii Sdn 33 Batipuh. JMP Online, 2(4), 430–445.

Desria, Yesi, Manzis, Ilham, & Aulia Ulva, D. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI DI SDN 34/I MUARA BULIAN. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol 4 No2, 346–359.

Fatqurhohman, F. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.847

Fauzi, A., & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep Geometri pada Kerajinan Tradisional Sasak dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 118–128. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4690

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707

Irawan, A., Lestari, M., & Rahayu, W. (2022). Konsep Etnomatematika Batik Tradisional Jawa Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 39–45. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p39-45

Kartini Parmono. (2016). NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM BATIK TRADISIONAL KAWUNG Kartini Parmono. Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 1(1).

Mulyani, E. (2020). Eksplorasi Etnomatematik Batik Sukapura Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 9, 131–142.

Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar. Jurnal Dikma, 4(2), 250–258. http://repository.unimal.ac.id/2482/1/Artikel Mursalin Pada Dikma Vol 4 No 2 Oktober 2016.pdf

Ngationo, A. (2018). Peranan Raden Patah Dalam Mengembangkan Kerajaan Demak Pada Tahun 1478-1518. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 4(1), 17–28. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i1.2445

Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Bangun Ruang Dan Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sdn Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 204. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854

Salma, Rafida, Fevironika, Dona Oktaviani, dan E. Z. (2022). Ethnomathematical Study of Jepara Troso Ikat Weaving Motifs in Two Dimensional Geometry Mhatematics. Jurnal Penelitian DIdaktik Matematika, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Syahdan, M., Arfinanti, N., & Azka, R. (2021). Etnomatematika Pada Budaya Lokal Batik Kawung. 3(2), Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 83–91. https://doi.org/10.37729/jipm.v3i2

Ulum, B. (2018). Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri Untuk Sekolah Dasar Pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 686. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p686-696

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Eksplorasi Etnomatematika, 2 No.2(2011).

Zulkifli, A., & Ika, R. (2020). Eksplorasi Rumah Adat Joglo Pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Jpgsd, 08(3), 591–600.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v15i2.11835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ida Nur Aini, Sri Wulandari, Eka Zuliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: