EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA BUDAYA LOKAL INDONESIA PADA RUMAH ADAT JOGLO DI DESA DASRI KABUPATEN BANYUWANGI

Auliana Wahyu Safitri

Abstract


Indonesia is known as a plural country because it has a diversity of ethnicities, cultures, religions, languages and customs. Culture and education are two things that cannot be separated from everyday life. This is because culture and education have a very close relationship. One of them is the relationship between culture and mathematics. Mathematics is a field of study that requires a high mentality in the learning process, because mathematics is an abstract concept that has been arranged systematically in a structure based on logical reasoning. Mathematics related to culture is usually called ethnomathematics. Ethnomatematics is a science that examines the culture of society related to mathematics. The purpose of this study is to explore ethnomathematics in the Joglo traditional house in Dasri village and relate it to mathematics. This research is a qualitative research with an ethnographic approach. Methods of data collection using observation and interviews. The instrument used in this research is an interview guide. The results of the study show that the geometric mathematical concepts contained in the joglo house include triangles, trapezoids, squares, rectangles, circles, rectangular shapes, congruence, and reflection

Indonesia dikenal dengan negara majemuk karena memiliki keberagaman suku bangsa, budaya, agama, bahasa, dan adat istiadat. Budaya dan pendidikan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan budaya dan pendidikan memiliki kaitan yang sangat erat. Salah satunya adalah keterkaitan antara budaya dan juga matematika. Matematika adalah suatu bidang studi yang memerlukan mental yang tinggi dalam proses belajarnya, karena matematika merupakan konsep abstrak yang telah tertata secara sistematis dalam suatu struktur berdasarkan penalaran logis. Matematika yang berkaitan dengan budaya biasa disebut dengan etnomatematika. Etnomatematika adalah ilmu yang mengkaji kebudayaan masyarakat yang terkait dengan matematika.  Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplor etnomatematika pada rumah adat Joglo di desa Dasri serta mengaitkannya dengan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan konsep matematika geometri yang terdapat dalam rumah joglo diantara bangun datar segitiga, trapesium, persegi, persegi panjang, lingkaran, bangun ruang balok, kekongruenan, dan refleksi.


Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi & Johan S. (2018). Metodologi Penelitian Kulitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Indiarti, Wiwin. (2016). Masa Lalu Masa Kini Banyuwangi: Identitas Kota Dalam Geliat Hibriditas dan Komodikasi Budaya di Perbatasan Timur Jawa. Artikel Prosing UNS International Conference.

Loviana, S., Anang M. I., Arlina D., Muhammad K. M., & Pika M. (2020). Etnomatematika pada Kain Tapis dan Rumah Adat Lampung. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah

Mania, S., & Alam, S. (2021). Teachers' Perception toward the Use of Ethnomathematics Approach in Teaching Math. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(2), 282-298.

Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis melalui budaya dan matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 35-41.

Prahmana, R. C. I., & D'Ambrosio, U. (2020). Learning Geometry and Values from Patterns: Ethnomathematics on the Batik Patterns of Yogyakarta, Indonesia. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439-456.

Richardo, R. (2017). Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118-125.

Rosita, S. M. (2019). Etnomatematika Pada Rumah Adat Osing Banyuwangi Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika (Doctoral dissertation, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN).

Sari, E. F. P., Somakim, S., & Hartono, Y. (2018). Etnomatematika pada kebudayaan rumah adat ogan komering ulu sumatera selatan. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 137-144.

Sandhi, N. S. A., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. (2018). ETNOMATEMATIKA POLA TARIAN JEJER JARAN DAWUK BANYUWANGI SEBAGAI INSPIRASI PENGEMBANGAN PAKET TES GEOMETRI. Kadikma, 9(3), 160-170.

Salwa, H. Y., Putri, B. W. D., Islamiyah, P., Syakina, S., & Ibrahim, M. (2022). GUI MATLAB LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG SISI LENGKUNG: SEBUAH ALAT HITUNG SEDERHANA. In Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 2, No. 1, pp. 139-145).

Sulistyani, A. P., Windasari, V., Rodiyah, I. W., & Muliawati, N. E. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 22-28.

Supiyati, S., & Hanum, F. (2019). Ethnomathematics in Sasaknese Architecture. Journal on Mathematics Education, 10(1), 47-58.

Wahyudin. 2018. Etnomatematika dan Pendidikan Matematika Multikultural. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia: ISBN: 978-602-6258-07-6.

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013, November). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY (Vol. 1, No. 1, pp. 114-118).

Yuningsih, N., Nursuprianah, I., & Manfaat, B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Rancang Bangun Rumah Adat Lengkong. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1), 1-13.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v15i2.11769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Auliana Wahyu Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.