SCAFFOLDING: UPAYA MENGATASI KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL
Abstract
The existence of this research is aimed at explaining the kinds of mistakes that students often make when working on social arithmetic problems, as well as the application of the scaffolding method as an effort to overcome these errors. This study applies a research method in the form of a literature study, by collecting data, analyzing data, and drawing conclusions. The data used was taken from related articles about various types of errors in solving social arithmetic problems and about the scaffolding method published from 2015 to 2023. There were 10 articles that would be reviewed, all of which were indexed by Google Scholar, and 8 of them sinta accredited. The results of this study indicate that errors when solving social arithmetic problems consist of errors at the stages of reading the questions, understanding the questions, transforming the questions, processing skills, and writing the final results. The type of scaffolding that can be used to overcome errors at the stages of reading questions, transforming questions, processing skills, and writing the final results is level 2 scaffolding, namely explaining and reviewing. While the type of scaffolding that can be used to overcome errors at the stage of understanding the questions is level 2 scaffolding, namely explaining, reviewing, and restructuring.
Adanya penelitian ini ditujukan untuk memaparkan macam-macam kesalahan yang kerap dilakukan peserta didik ketika mengerjakan soal aritmatika sosial, serta penerapan metode scaffolding sebagai upaya mengatasi kesalahan tersebut. Penelitian ini menerapkan metode penelitian berupa studi kepustakaan, dengan langkah mengumpulkan data, menganalisis data, dan kemudian menarik kesimpulan. Data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari artikel yang berkaitan tentang macam-macam kesalahan dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial dan tentang metode scaffolding yang diterbitkan dari tahun 2015 sampai tahun 2023. Diperoleh 10 artikel yang akan dikaji, dimana semua artikel tersebut sudah terindeks Google Scholar, dan 8 diantaranya sudah terakreditasi Sinta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan ketika menyelesaikan soal aritmatika sosial terdiri dari kesalahan pada tahap membaca soal, memahami soal, mentransformasikan soal, keterampilan proses, serta menuliskan hasil akhir. Jenis scaffolding yang dapat digunakan untuk mengatasi kesalahan pada tahap membaca soal, mentransformasikan soal, keterampilan proses, dan menuliskan hasil akhir adalah scaffolding tingkat 2, yaitu explaining dan reviewing. Sedangkan jenis scaffolding yang dapat digunakan untuk mengatasi kesalahan pada tahap memahami soal adalah scaffolding tingkat 2, yaitu explaining, reviewing, dan restructuring.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, M. S., Kartono, & Dewi, N. R. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 754-758.
Amini, S., & Yunianta, T. H. (2018). Analisis Kesalahan Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial dan Scaffoldingnya Bagi Kelas VII SMP. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-17.
Azmidar, A., & Malasari, P. N. (2022). Using the concrete-representational-abstract approach to enhance students’ interest in mathematics refers to the primer mathematical skills. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(3), 894-903.
Chairani, Z. (2015). Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 39-44. https://doi.org/10.33654/math.v1i1.93
Fauzia, M., & Sugandi, A. I. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1523-1531. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.p%25p
Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53-64. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3550
Hasanah, N. (2016). Upaya Guru Dalam Mengatasi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika di Kelas IV SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Jurnal PTK & Pendidikan, 2(2), 27-34.
Hidajat, D., Pratiwi, D. A., & Afghohani, A. (2018). Analisis Kesulitan dalam Penyelesaian Permasalahan Ruang Dimensi Dua. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-16. https://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4452
Hidayat, M. A., & Rahmi, S. (2022). Teknik Belajar Matematika yang Menyenangkan Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pema Tarbiyah, 1(1), 20-25.
Laamena, C. M. (2019). Strategi Scaffolding Berdasarkan Gaya Belajar Dan Argumentasi Siswa: Studi Kasus Pada Pembelajaran Pola Bilangan. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 13(2), 85-92. https://doi.org/10.30598/barekengvol13iss2pp085-092ar809
Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2020). Inquiry Co-operation model: An effort to enhance students’ mathematical literacy proficiency. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 4(1), 87-96.
Nuroniah, S. A., & Hajron, K. H. (2022). Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1725-1735.
Paramitha, N., & Yunianta, T. H. (2017). Analisis Proses Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Aritmatika Sosial Siswa SMP Berkemampuan Tinggi. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 1(10), 983-994.
Purwasih, S. M., & Rahmadhani, E. (2021). Penerapan Scaffolding Sebagai Solusi Meminimalisir Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(2), 91-98. https://doi.org/10.24853/fbc.7.2.91-98
Puspaningrum, R. I., Rohaeti, E. E., & Maya, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Analisa, 6(1), 47-55. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8391
Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema Journal, 1(1), 24-30.
Rahayu, P., Warli, & Cintamulya, I. (2020). Scaffolding dalam Pembelajaran Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 25-35. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.4838
Retnodari, W., Elbas, W. F., & Loviana, S. (2020). Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Linear: Journal of Mathematics Education, 1(1), 19-27. https://doi.org/10.32332/linear.v1i1.2166
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Wahyuni, F. T., & Lestari, M. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika. Sukabumi: Farha Pustaka.
Wiranti, Meiliasari, & Haeruman, L. D. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Newman’s Error Analysis (NEA) Kelas VII SMP Negeri 187 Jakarta. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 7(1), 73-86. https://doi.org/10.21009/jrpms.071.08
Yamin, M. (2018). Deskripsi Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tellusiattinge Kabupaten Bone. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Makassar).
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-10.
Zakiyah, M., & Malasari, P. N. (2021). Etnomatematika: Identifikasi Batik Bakaran Berdasarkan Konsep Geometri Transformasi. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 287-294.
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v15i2.11571
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Hanik Setyawati, Putri Nur Malasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.