LINTASAN BELAJAR PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Sumarni Sumarni

Abstract


Kemampuan mengembangkan bahan ajar dan pengetahuan pedagogi serta konten matematika mahasiswa perlu ditingkatkan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan mendesain lintasan belajar pengembangan bahan ajar matematika melalui pembelajaran berbasis proyek yang dapat memfasilitasi berkembangkan kemampuan mengembangkan bahan ajar dan pengetahuan pedagogi serta konten matematika mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode design research (DR). Tahapan DR, yaitu desain pendahuluan, percobaan desain, dan analisis retrospektif. Oleh karena itu, tahap “desain pendahuluan” pada DR sesuai untuk mencapai tujuan penelitian. Subjek penelitian ini difokuskan untuk mendesian lintasan belajar pengembangan bahan ajar matematika. Dalam mendesain lintasan belajar dilakukan kajian literatur model pembelajaran berbasis proyek, pengetahuan pedagogi dan konten matematika. Hasilnya, rancangan awal desain hypothetical learning trajectory yang selanjutnya divalidasi pakar. sehingga teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data hasil validasi ahli berupa analisis data deskriptif. Hasil dari penelitian pada tahap design pendahuluan ini yaitu berupa Lintasan belajar pengembangan bahan ajar matematika melalui pembelajaran berbasis proyek terdiri atas enam tahapan aktivitas yaitu Project question, Investigasi project, Planning and Scheduling project, Design project, Asesment Project, Evatuation project.

Keywords


Design Research; Lintasan Belajar; Pembelajaran Berbasis Proyek; Pengembangan Bahan Ajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. S. (2017). Kesiapan mahasiswa LPTK swasta di Semarang menjadi guru matematika yang profesional. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 87. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14051

Akker, J. van den, Bannan, B., Kelly, A. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2013). Educational Design Research Part A: An introduction. (T. Plomp & N. Nieveen, Eds.) (First). Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO).

Akker, J. Van Den, Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (2006). Educational Design Research. (J. Van Den Akker, Ed.) (first). New York: Routledge.

Cooper, M. J. (2011). Classroom Teaching Skills. (M. J. Cooper, Ed.) (Ninth). USA: Wadsworth Cengage Learning.

Emre-Akdogan, E., & Yazgan-Sag, G. (2018). An Investigation on How Prospective Mathematics Teachers Design a Lesson Plan An Investigation on How Prospective Mathematics Teachers Design a Lesson Plan. OMU Journal of Education Faculty, 37(1), 81–96. https://doi.org/10.7822/omuefd.313310

Mulyana, E., Turmudi, & Juandi, D. (2014). Model pengembangan desian didaktis subject specific pedagogy bidang matematika melalui program pendidika profesi guru. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(2), 141–149.

Murtafiah, W., & Lukitasari, M. (2019). Developing Pedagogical Content Knowledge of Mathematics Pre-Service Teacher Through Microteaching Lesson Study. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 201–218. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.7663.201-218

Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Mengembangkan Lembar Kerja Eksploratif beserta Skenario Pembelajaran. In SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2016 PM (pp. 365–368).

Prahmana, R. C. I., & Kusumah, Y. S. (2016). The Hypothetical Learning Trajectory on Research in Mathematics Education Using Research-Based Learning. Pedagogy, 123(3), 42–54.

Rapi, M., & Ali, A. (2017). Hubungan Kemampuan Merancang Perangkat Pembelajaran Dengan Kinerja Praktik Mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 202–211. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i6

Sofyan, Y., Sumarni, & Riyadi, M. (2021). Pegembangan perangkat pembelajaran materi bangun ruang sisi datar berbasis model project based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 13(2), 129–142.

Sumardyono, Priatna, N., & Anggraena, Y. (2016). Guru Pembelajaran Modul Matematika SMP: Model Pembelajaran Matematika, Statistika dan Peluang. Yogyakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Sumarni, Adiastuty, N., & Riyadi, M. (2022). Kemampuan pemecahan masalah non rutin mahasiswa pada topik segiempat. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 563–576.

Sumarni, Darhim, & Fatimah, S. (2019). Profile of mathematical knowledge for teaching of prospective mathematics teachers in develop the lesson plan Profile of mathematical knowledge for teaching of prospective mathematics teachers in develop the lesson plan. In Journal of Physics: Conf. Series (pp. 1–6). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042107

Sumarni, Darhim, & Fatimah, S. (2020). Didactic trajectory of learning device development using project-based learning. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012065

Sumarni, Darhim, & Fatimah, S. (2021). Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru matematika sekolah menengah berdasarkan tahapan polya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1396–1411.

Sumarni, Darhim, Fatimah, S., Widodo, S., & Riyadi, M. (2019). Mathematics Content Knowledge Prospective Teachers Through Project-Based Learning Assisted By GeoGebra 5.0. In ICSTI 2018 (p. 2281289). https://doi.org/10.4108/eai.19-10-2018.2281289

Thomas, J. W. (2000). A Review of research on Project-Based Learning. Retrieved from http://www.bie.org/index.php/site/RE/pbl_research/29




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.11394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: