ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR

Cicilia Apriani, Marhadi Saputro

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1)untuk mendeskripsikan kesulitan belajar pada materi bangun datar, (2)mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada materi bangun datar, (3) mengetahui kemampuan siswa dalam menerapkan materi bangun datar dalam kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan sumber data yang diambil adalah  peserta didik kelas VII SMP Negeri 16 Pontianak. Penentuan subjek menggunakan cara puposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VII SMP Negeri Pontianak yaitu kesulitan memahami konsep, prinsip dan bahasa matematika (2) faktor penyebab kesullitan belajar yaitu  faktor internal yaitu sikap siswa, motivasi belajar dan kemampuan penginderaan, sedangkan faktor eksternal yaitu media pembelajaran dan lingkungan keluarga.

Kata kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Bangun Datar


Keywords


Kesulitan Belajar; Matematika; Bangun Datar

Full Text:

PDF

References


Aina Mulyana, (2018). Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kemendikbud

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35.

Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Haryono Simbolon, dkk. ( 2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar SD Negeri 7 Langsa. Jurnal Of Basic Education Studies, Vol: 2(1)

Hasibuan, Khairani E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP NEGERI 12 Bandung. AXIOM 7(1): 18-30.

Herman, Tatang. (2014). Trend s in International Mathematics and Science Study. Bandung: Universitas Pendidikan Indoneisa

Hidajat, Djatmiko, Pratiwi, Arum Diah, Afghohani, & Afif. (2018). Analisis Kesulitan Dalam Penyelesaian Permasalahan Ruang Dimensi Dua. Jurnal Pendidikan Matematika 1(1): 1- 16.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nur Faddillah, (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Pada Siswa Kelas Iv SDN No 138 Basokoeng Kabupaten Bulukumba. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Septiana Revayani Eka Safitri, dkk. Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Banyuajuh 6 Tahun Ajaran 2019/2020.

Suprihatiningsih. (2016). Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan. Yogyakarta: Deepublish.

Sri Ayu, dkk. (2021) Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan matematika. Vol: 10(3), 1611-1622

Ulfaul Husna, (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN 1 Batu Mekar tahun Ajaran 2021/2022. Mataram: Universitas Islam Negeri Mataram.

Yuyono. (2014). Strategi Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.11330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.