INDEKS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Wahdania Wahdania, Djuliati Saleh, Fatmawati Fatmawati

Abstract


The research aims to gain an overview of Community Satisfaction Index (HPI) to service the Regional General Hospital (Hospital) at Polewali Mandar. The research method is descriptive quantitative. The data collection had been using a questionnaire by selecting respondents with accidental sampling technique. The Data collected from a questionnaire distributed to respondents and then analyzed using community satisfaction index (HPI), which is information about the level of community satisfaction obtained from the quantitative data measurement. The result showed that the Community Satisfaction Index for each service element Regional General Hospital (Hospital) at Polewali Mandar was 68.93. If the value is included in the table IKM conversion interval value, then the result of the assessment is "B" (Good). So that the level of public satisfaction in service at the Regional General Hospital (Hospital) Polewali Mandar assessed through HPI was Good.


Keywords: public satisfaction index

 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Polewali Mandar. Tipe penelitian ini adalah deksriptif kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan cara memilih responden dengan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan dari hasil angket yang dibagikan kepada responden dan selanjutnya dianalisis menggunakan Indeks kepuasan Masyarakat (IKM) yang merupakan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran data secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap setiap unsur pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Polewali Mandar  hasilnya adalah  68,93. Apabila nilai tersebut dimasukkan dalam tabel nilai interval konversi IKM, maka hasil penilaiannya adalah “B” (Baik). Sehingga tingkat kepuasan masyarakat dalam  pelayanan yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Polewali Mandar yang dinilai lewat IKM adalah Baik.

 

Kata kunci: indeks kepuasan masyarakat


Full Text:

PDF

References


Azwar, A.. 1996. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih.. 2006. Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model, Konseptual, Penerapan Citizen`s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Supranto, J. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rhineka Cipta.

Tandjung, Jenu Wijaya. 2004. Marketing Management: Pendekatan Pada Nilai-nilai Pelanggan. Malang: Bayumedia Pub.

Tjiptono, Fandy.. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: ANDI.

Republik Indonesia. Kepmen PAN No. 25/M.PAN/2/2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit pelayanan Instansi Pemerintah.

Republik Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Pelayanan Kesehatan.




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v1i1.688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 KOLABORASI : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK



 

 

______________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats
 
Flag Counter