ANALISIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA SRI TAJUNG KECAMATAN RUPAT KABUPATEN BENGKALIS

Firna Dianti, Nahar Effendi

Abstract


Desa Sri Tanjung  merupakan bagian dari Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis yang melaksanakan roda-roda pemerintahan dan menggerakkan masyarakat dalam setiap program dari pemerintah, salah satunya yaitu: Pelaksanaan pemberdayaan Masyarakat pada Desa Sri Tanjung dalam membentuk individu dan masyarakat menjadi mandiri.Berdasarkan observasi yang dilakukan masih ditemukan beberapa gejala masalah yaitu: Masih belum maksimalnya pemberdayaan masyarakat yang ada pada Desa Sri Tanjung. Masih kurangnya pelatihan dan pembinaan terhadap kelompok-kelompok masyarakat yang ada di Desa Sri Tanjung.Berdasarkan gejala tersebut, maka penulis merumuskan masalah pokok dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana pemberdayaan Masyarakat pada Desa Sri Tanjung Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pemberdayaan Masyarakat pada Desa Sri Tanjung, dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat Pemberdayaan Masyarakat pada Desa Sri Tanjung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kulitatif, dimana prosedur penelitian ini menghasilkan data deskriptif kata-kata tertulis atau lisan. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara,dengan kepala desa termasuk masyarakt desa Sri Tanjung.Berdasarkan hasil analisis peneliti tentang pemberdayaan masyatrakat pada kantor desa Sri Tanjung, dapat disimpulkan bahwa ada Faktor pendukung terdapatnya Bina Usaha yang menjadi salah satu hal penting dalam memberikan dampak atau manfaat bagi perbaikan kesejahteraan perekonomian masyarakat dan terdapatnya Bina kelembagaan yang juga memberikan dampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat Masih kurangnya Bina Lingkungan yang bisa dilihat masih belum berjalannya kegiatan gotong royong serta kebersihan lingkungan secara rutin dan masih kurangnya Bina Manusia di mana masih belum tersedianya sumberdaya manusia yang berkualitas sehingga banyak peluang yang tidak bisa dimanfaatkan masyarakat karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan.


Keywords


Pemberdayaan masyarakat,Kantor desa Sri Tanjung.

Full Text:

PDF

References


Hady Sutjipto “Analisis Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung” jurnal Administrasi Negara, (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa), Nomor 1, Sept-Des 2014.

Ahmad Sururi “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak” jurnal Administrasi Negara,(Dosen Ilmu Administrasi Negara (Universitas Serang Raya) Nomor 2, Jan – April.

Sukarso1, Swastha Dharma2, Niken Paramarti Dasuki3 “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Reposisi Masyarakat Dalam Proses Perumusan Penganggaran Di Tingkat Desa (Studi Kasus Di Desa Kotayasa Dan Banjarsari Wetan, Kecamatan Sumbang, Kabupaten.

Banyumas)” jurnal Administrasi Negara, (Universitas Jendral Sudirman), Nomor 1 2019.

Agus Lukman Hakim “Strategi Pengembangan Kawasan Perdesaan (Studi di Kabupaten Pandeglang)“ jurnal Administrasi Negara, ( Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten), Nomor 1 2019.

Edi suharto,” membangun masyarakat memberdayakan rakyat” (Bandung: Refika Aditama, 2010)

Sugiono, metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013

Saifudin Azwar, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005)

Burhan Mungin, Metodologi Penelitian Sosial Dan Ekonomi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2013

Kesi Widjiayanti,” Model Pemberdayaan Masyarakat” Jurnal Ekonomi Pembangunan, (Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Semarang), No. 01/Juni 2015.

Soetomo, keswadayaan Masyarakat Menifestasi Kapasitas Masyarakat untuk Berkembang secara Mandiri, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012)




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v5i3.2706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik indexed by :

___________________________________________

Creative Commons License

Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 
View My Stats