RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) UNTUK MEMPERINDAH KOTA GARUT

Rostiena Pasciana, Pupung Pundenswari, Gina Sadrina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebijakan program relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) di Garut Kota. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada terbentuknya kebijakan mengenai program relokasi PKL di Garut Kota sebagai upaya untuk menertibkan PKL, menciptakan tata kehidupan Garut yang aman, nyaman dan indah. Dalam prakteknya, PKL yang sudah direlokasi ke Gedung PKL kembali lagi ke pusat kota dan jumlah PKL semakin bertambah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di zona merah dan Gedung relokasi PKL. Data diperoleh dengan menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan berupa observasi non-partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode penarikan sample yaitu purposive sampling yang dikuatkan dengan teknik snowball. Perpanjangan pengamatan dijadikan sebagai pengujian keabsahan data kemudian data-data tersebut direduksi, disajikan lalu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan evaluasi kebijakan program relokasi PKL di Garut Kota belum mencapai hasil yang optimal. Banyaknya PKL yang kembali ke zona merah dan tidak ingin direlokasi membuat gedung PKL menjadi terbengkalai. Bardasarkan hasil penelitian maka Pemerintah Kabupaten Garut diharapkan melakukan pembinaan dan pemberdayaan secara rutin, mengadakan forum diskusi antara PKL dan Pemerintah Kabupaten Garut untuk mencari solusi bersama, dan hendaknya gedung relokasi segera diambil alih oleh Bupati agar dapat dimanfaatkan dan dikelola lebih baik lagi.


Keywords


evaluasi kebijakan, kebijakan publik; pedagang kaki lima

Full Text:

PDF

References


Agustino, L. (2017). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Ali, F., & Alam, A. S. (2016). Studi Kebijakan Pemerintah. Bandung: PT Refika Aditama.

Batlajeri, T. G., & Sukaesih, P. (2016). Evaluasi Kebijakan Penataan Dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima (PKL) Di Kota Bandung.

Bukhari. (2017). Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Jaringan Sosial: Suatu Analisis Sosiologi . Jurnal Sosiologi USK. 83.

Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Fermana, S. (2009). Kebijakan Publik: Sebuah Tinjauan Filosofis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ihsan, A. M. (2017, Agustus 30). Bangunan Miliaran Dibiarkan Kosong. Dipetik Mei 11, 2018, dari Pikiran Rakyat: http://www.pikiran-rakyat.com/surat-pembaca/2017/08/30/bangunan-miliaran-dibiarkan-kosong-408347

Keputusan Bupati Garut Nomor 511.23/Kep.790-Admrek/2014 tentang Pembentukan Tim Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Di Kabupaten Garut

Keputusan Bupati Garut Nomor 511.3/Kep.201-Satpol PP/2015 tentang Pembentukan Tim Pengamanan Penertiban Pedagang Kaki Lima Di Wilayah Kabupaten Garut.

Moleong, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pasolong, Harbani. (2017). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta

Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kabupaten Garut

Peraturan Daerah Kabupaten Garut Nomor 12 Tahun 2015 tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan

Puspitasari, D. E. (2010). Penataan Pedagang Kaki Lima Kuliner untuk Mewujudkan Fungsi Tata Ruang Kota di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Mimbar Hukum, 588.

Ramdhan, K. M., Sumaryana, A., & Ismanto, S. U. (2007). Pemantauan Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima Di Kecamatan Garut Kota Oleh Tim Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Kabupaten Garut. Jurnal Administrasi Negara, 29-30.

Santosa, P. (2012). Administrasi Publik Teori dan Aplikasi Good Governance. Bandung: Refika Aditama.

Subarsono, A. (2013). Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surat Keputusan Bupati Garut Nomor 028/Kep.700.DPPKA/2016 tentang Penetapan Status Penggunaan Barang Milik Daerah Untuk Dioperasikan Oleh Lembaga Pedagang Kaki Lima Garut

Suripto, R. (2017). Resistensi Pedagang Kaki Lima Dalam Implementasi Kebijakan Di Kecamatan Wiyun. Jurnal Politik Muda, Vol. 6, No. 3, 195.

Sutarjo. (2016). Street Vendors Exterbalities Vol 1. Jurnal AdBispreneur, 1-8.

Sutopo. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Utomo, F. R. (2014). Studi Deskriptif Tentang Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Program Relokasi PKL di Area Stadion Tambaksari Surabaya . Kebijakan dan Manajemen Publik, Volume 2, Nomor 1.

Widodo, A. S., Idayanti, S., Permanasari, D. I., & Sahri, A. (2016). Kebijakan Relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kawasan Kota Tegal. Jurnal Ilmu Pemerintahan : Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah , 185.

Winarno, B. (2007). Kebijakan Publik Teori dan Proses. Yogyakarta. Media Presindo




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v5i3.2649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik indexed by :

___________________________________________

Creative Commons License

Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 
View My Stats