IMPLEMENTASI PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT DI KECAMATAN ALLA KABUPATEN ENREKANG

Hardiyanti Hardiyanti, Abd Kadir Adys, Sudarmi Sudarmi

Abstract


This study aimed to determine the Implementation of the People’s Business Credit Program. People’s Business Credit aims to  improve people’s welfare and living standards through the development of UMKM. This study used  qualitative descriptive. It meant the researcher intended to provide an overview of the Implementation Of the People’s Business Credit Program in Alla District of Enekang Regency with 9 informants, data sources were primary data and secondary data. The results of this study showed that the people’s business credit program worked well with evidence that community satisfaction was achieved in the people’s business credit program in Alla Bistrict of Enrekang Regency and the service quality had gone well as the procedure had been applied even though there was a little need to be addressed so that the services provided to the community was satisfied with the people’s Business Credit Program.

 

Keywords : Implementation fo the Business Credit Program.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Program Kredit Usaha Rakyat. Kredit Usaha Rakyat bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat melalui pengembangan UMKM. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Dasar penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu peneliti bermaksud untuk memberikan gambaran mengenai Implementasi Program kredit Usaha Rakyat Di Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang dengan informan 9 orang, sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program kredit usaha rakyat  berhasil berjalan dengan baik dengan bukti bahwa adanya kepuasan masyarakat yang tercapai dalam program kredit usaha rakyat di Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang dan pada kulalitas pelayanan sudah berjalan dengan baik sebagaimana prosedur yang sudah berlaku walaupun ada sedikit yang perlu dibenahi agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat bisa lebih maksimal, namun terlepas dari itu masyarakat sudah merasa puas dengan adanya program Kredit Usaha Rakyat.

Kata Kunci: Implementasi Program Kredit Usaha Rakyat.


Keywords


Implementation fo the Business Credit Program

Full Text:

PDF

References


Agus, Dwiyanto. 2003. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan publik. Yogyakarta: UGM Press.

Nugroho, Rian. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahardjo Adisasmita, 2011. Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wanggi, V. Velix. 2012. Pembangunan Untuk Semua. Jakarta: Bina Graha.

Wardhana, Aditya dan Iba, Zainuddin. Analisis Kinerja Implementasi Progrsm Kinerja Usaha Rakyat (KUR) Tingkat Propinsi Di Indonesia.// Jurnal Ekonomika Universitas Almuslim Bireuen Aceh. Vol. IV No 8. September 2013.

Winarno,Budi. 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Instruksi Presiden (Inpres) No. 6 Tahun 2007, Tentang Kebijakan Percepatan Pengembangan Sektor Riil dan Pemberdayaan Usaha

Mikro, Kecil, dan Menengah Reformasi Sektor Keuangan.

Permenko No. 11 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v5i2.2311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

______________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats
 
Flag Counter