SISTEM PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN PUBLIC TRUST DI KABUPATEN GOWA

Arwinda Nelsyah, Anwar Parawangi, Syukri Syukri

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pelayanan publik dalam meningkatkan Public Trust di Desa Kanjilo Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Adapun jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pelayanan publik yang diterapkan di Kantor Desa Kanjilo Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa dilihat dari aspek seperti integritas, niat, kemampuan, dan hasil di Kantor Desa Kanjilo. 1.) Integritas, Integritas pemerintah desa dan aparat desa dalam memberikan pelayanan publik, dimana kejujuran yang diperlihatkan oleh aparat desa terhadap pelayanan yang diberikan sudah baik. 2.) Niat, Niat pemerintah desa dan aparatur desa dalam memberikan pelayanan publik yaitu Keramahan dan kesopanan dalam pelayanan yang diberikan kepada masyarakat menunjukkan bahwa niat aparat desa dalam memberikan pelayanan publik menunjukkan niat yang baik. 3.) Kemampuan, Kemampuan pemerintah desa dan aparatur desa dalam memberikan pelayanan publik tersebut berdasarkan pelayanan yang diberikan aparat desa dalam melayani kebutuhan masyarakat menunjukkan bahwa kemampuan aparat desa cukup tapi kemampuan yang dimiliki terbatas. 4.) Hasil-hasil, Hasil-hasil kegiatan pemerintah desa dan aparatur desa dalam memberikan pelayanan publik, dimana masyarakat merasa puas dengan sistem pelayanan yang diberikan di Kantor Desa Kanjilo.

Keywords


Sistem, Pelayanan Publik, Public Trust

Full Text:

PDF

References


Alemina, A. (2018). Peranan Etika Dalam Pelayanan Publik Dari Lembaga Birokrasi Pemerintah di Indonesia. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 9(1), 770–775. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/1148

Fasochah. (2013). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Konsumen sebagai variabel Mediasi (Studi Pada RS Darul Istiqomah Kaliwungu Kendal), Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, No. 13, h. 1-22.

Hodge, B.J, William P. Anthony, Lawrence M. Gales. (2003). Organization Theory: A Strategic Approach. New Jersey: Prentice Hall.6-9.

Ika Yunia Fauzia (2013). “Etika Bisnis dalam Islam” (Jakarta: Kencana Prenada Media Group), 19.

Lexy J. Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Made Yoga Putra, N. & H. (2015). Kualitas pelayanan publik. Ekp, 13(3), 1576–1580.

Maryam, S., & Neneng. (2017). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Jurnal Iimu Politik Dan Komunikasi Unikom, 6.

Mokhamad Arwani. (2011)“Peran Karakteristik Individu Sebagai Moderator Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas (Studi pada Nasabah Bank Syariah di Kabupaten Kudus)”, Jurnal Sosial dan Budaya, Vol. 4 Nomor 2.

Mustafadidjaya, AR (2003) Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jakarta: (SANKRI), LAN.

Raco, Jozef. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Jakarta: Pt.Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ridho Saputra (2018), Pengembangan Sistem Rental Kamera Online, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu computer, 2(6), 2221-2226.

Setiawan,b & Refly. (2016). Peranan etika aparatur sipil negara dalam pelayanan publik pada dinas kependudukan dan catatan sipil (disdukcapil) kota bandar lampung. Jurnal Kebijakan & Pelayanan Publik, 2(1).

Stephen M.R. (2011). Covey, The Speed Of Trust, (Tangerang: KARISMA Publishing Group), 34.

Suandi. (2019). Analisis kepuasan masyrakat terhadap pelayanan publik berdasarkan indeks kepuasaan masyarakat di kantor kecamatan belitang kabupaten oku timur. Jurnal Ilmu Admnistrasi Dan Studi Kebijakan (JIASK), 1.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya1, A. A., Irawan2, B., & Aprian, F. (2019). Survei etika pelayanan publik pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota samarinda. EJournal Administrasi Negara, 7(1).

Yamit. (2017). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.

Yusriadi. (2018). Reformasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik, (Yogyakarta: Deepublish, 89.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

  Flag Counter

_____

Menara Iqra Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Makassar

Jalan Sultan Alauddin Nomor 259 

Kota Makassar - Sulawesi Selatan